• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 7 Alternatif Makanan Penutup yang Baik untuk Kesehatan

7 Alternatif Makanan Penutup yang Baik untuk Kesehatan

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
undefined

Halodoc, Jakarta – Makanan penutup identik dengan makanan manis yang sering ditambahi krim, susu kental manis maupun saus cokelat yang banyak, sehingga jauh dari kata sehat. Itulah mengapa makanan penutup sering dianggap sebagai makanan enak yang selalu menyebabkan rasa bersalah atau guilty pleasure.

Namun, makanan penutup tidak selalu harus berkalori dan berlemak tinggi. Bahkan kamu yang sedang diet pun bisa menikmati makanan penutup tanpa rasa bersalah. Kuncinya adalah buatlah pilihan dan alternatif yang cerdas.

Keri Gans, ahli diet terdaftar dan penulis The Small Change Diet menyarankan untuk memilih makanan yang memiliki rasa manis alami dan sudah enak tanpa perlu tambahan apa pun. Alih-alih makan makanan penutup dengan bahan-bahan berlemak, seperti whipped cream atau mentega, pilihlah buah segar dan makanan rendah lemak lainnya.

Berikut ini makanan penutup yang tidak hanya lezat tapi juga baik untuk kesehatan:

1.Buah Panggang

Cobalah taruh irisan nanas, pisang, apel atau pir ke atas panggangan. Tidak ada makanan penutup yang lebih sehat daripada buah-buahan segar, dan mengolahnya dengan cara dipanggang membuat buah-buahan menjadi lebih manis. Memanggang dapat memusatkan rasa buah dengan mengurangi kadar air, sekaligus mengkaramelisasi gula alami buah. Satu porsi nanas panggang biasanya menyediakan sekitar 80 kalori.

2.Cokelat Hitam

Dawn Jackson Blatner, ahli diet terdaftar dan penulis The Flexitarian Diet juga memberi tips untuk membuat makanan penutup yang sehat, yaitu lelehkan coklat hitam, lalu taburkan bahan-bahan sehat, seperti ceri asam atau biji bunga matahari, dan dinginkan selama lima menit sebelum memecahnya menjadi potongan-potongan kecil.

Menurut Jackson Blatner, coklat hitam adalah pilihan yang lebih sehat daripada cokelat susu, karena mengandung gula yang lebih sedikit. 

Baca juga: Ketahui Manfaat Coklat Hitam yang Luar Biasa

3.Campuran Keju Ricotta dan Beri

Bila kamu sedang ingin makan es krim, Gans menyarankan campuran keju ricotta dan beri bisa menjadi alternatif makanan penutup yang lebih sehat. Makanan penutup ini bertekstur, lembut, manis, dan rendah kalori. Satu poris hanya memberikan 150 dan 200 kalori. Cara membuatnya, haluskan 1 cangkir buah beri, lalu campurkan dengan ¼ cangkir keju ricotta rendah lemak.

Baca juga: Cara Nyemil Sehat, Perlu Tahu Sehat dengan Keju

4.“Pai” Apel yang Sehat

Panggang apel yang sudah dipotong menjadi dua sampai empuk. Lalu, tambahkan 2 sendok makan yoghurt rendah lemak, sedikit kayu manis dan remah-remah dari satu biskuit yang dihancurkan. Makanan penutup ini memberikan sekitar 150 kalori.

5.Biscotti

Biskuit berbentuk lonjong asal Italia ini tidak hanya memiliki rasa yang enak, tapi juga rendah kalori, sehingga bisa menjadi pilihan makanan penutup yang sehat. 

6.Brûlée Yoghurt dan Beri

Masukkan yoghurt tanpa lemak ke dalam semangkuk kecil buah beri yang segar, lalu taburkan satu sendok teh gula, dan gunakan torch untuk membakar gula selama 1-2 menit sampai berwarna keemasan.

Makanan penutup ini tidak hanya enak, tapi yoghurt juga dikemas dengan protein dan vitamin C yang tinggi, serta kalsium.

Baca juga: Ini Kandungan Vitamin dari Jenis Buah Beri

7.“Es Krim” Pisang dengan Taburan Cinnamon dan Kacang Kenari

Haluskan potongan pisang beku dengan sedikit susu almond untuk menghasilkan tekstur yang lembut seperti es krim, lalu taburkan kacang kenari dan serpihan cinnamon atau kayu manis di atasnya. Tahukah kamu, kayu manis dipercaya memiliki sifat antiinflamasi dan membantu pengidap diabetes mengelola kadar gula darah mereka.

Menurut Jackson Blatner, ‘es krim’ pisang dengan cinnamon dan kacang kenari ini adalah alternatif makanan penutup yang sempurna untuk es krim. Makanan penutup ini memiliki lebih sedikit kalori, tanpa lemak, tanpa tambahan gula, dan dilengkapi dengan serat dan kalium dari pisang.

Nah, itulah alternatif makanan penutup yang sehat yang bisa kamu coba. Kamu juga bisa berdiskusi seputar diet dan nutrisi pada ahlinya melalui aplikasi Halodoc. Jadi, jangan lupa download aplikasi Halodoc ya sebagai teman penolong untuk membantu kamu menjaga kesehatan sehari-hari.

Referensi:
U.S. News. Diakses pada 2020. 10 Healthy Desserts—and They're Tasty, Too