• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 7 Cara Meningkatkan Nafsu Makan pada Lansia
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 7 Cara Meningkatkan Nafsu Makan pada Lansia

7 Cara Meningkatkan Nafsu Makan pada Lansia

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 08 September 2022

“Ada banyak cara meningkatkan nafsu makan lansia. Termasuk menjadwalkan waktu makan dan camilan yang teratur.”

7 Cara Meningkatkan Nafsu Makan pada Lansia7 Cara Meningkatkan Nafsu Makan pada Lansia

Halodoc, Jakarta – Bagi seorang caregiver, penting untuk mengetahui cara meningkatkan nafsu makan lansia. Sebab, lansia sering mengalami kehilangan nafsu makan, karena berbagai alasan. 

Ingat, lansia tetap harus makan untuk mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan agar tetap sehat dan aktif. Mau tahu apa saja tipsnya? Yuk simak pembahasan berikut ini!

Berbagai Cara Meningkatkan Nafsu Makan Lansia

Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk mengembalikan nafsu makan lansia yang hilang, yaitu:

1. Cari Tahu Penyebabnya

Hal pertama yang perlu dilakukan ketika lansia tidak nafsu makan adalah mencari tahu apa penyebabnya. Misalnya, apakah ada penyakit atau kondisi tertentu yang menjadi penyebab.

Beberapa obat yang diminum mungkin saja membuat lansia tidak nafsu makan. Periksa juga apakah ada masalah mulut yang terjadi, seperti gigi palsu yang tidak pas, sehingga sulit untuk mengunyah makanan. Jika ada hal yang jadi penyebab, cobalah atasi terlebih dahulu.

2. Miliki Jadwal Makan dan Camilan yang Teratur

Menetapkan waktu makan yang teratur setiap hari bisa jadi cara meningkatkan nafsu makan lansia yang efektif. Sebab, ini akan membantu tubuh mereka siap untuk makan selama waktu tersebut. 

Lansia seringkali sulit untuk merasa lapar sehingga penting untuk memiliki jadwal camilan tetap sebelum waktu makan. Hal ini agar ia tidak makan camilan berlebihan pada waktu yang tidak tepat dan memengaruhi nafsu makan.

3. Sajikan Makanan dalam Porsi Kecil tapi Sering

Beberapa lansia mungkin kewalahan oleh makanan dalam jumlah besar. Alih-alih menyajikan sepiring besar makanan, cobalah beri makanan dalam porsi kecil, tapi sering. 

Untuk meningkatkan asupan kalori yang dibutuhkan, kamu bisa menambahkan pilihan sehat seperti alpukat, minyak zaitun, daging cincang, telur, selai kacang, atau keju lunak.

4. Kurangi Kebutuhan Peralatan

Rasa frustrasi karena tidak bisa menggunakan peralatan makan dengan benar bisa membuat mereka tidak ingin makan. Cobalah untuk mengurangi kebutuhan peralatan makan, misalnya dengan menyajikan makanan yang bisa dimakan tanpa perlu peralatan makan. 

Hal ini bisa jadi cara meningkatkan nafsu makan lansia yang efektif. Beberapa contoh makanan yang bisa diberikan adalah chicken nugget, stik ikan, sayuran kukus seperti brokoli, wortel, paprika, atau mentimun.

5. Siapkan Camilan yang Mudah Dimakan

Beberapa orang lebih suka makan camilan sepanjang hari, dibanding makan porsi besar. Jika lansia lebih suka ngemil, kamu bisa siapkan camilan sehat yang mudah untuk dimakan. Misalnya stik keju, buah potong, yoghurt, susu, keju cottage, atau keripik buah.

6. Membuat Milkshake atau Smoothie

Cara meningkatkan nafsu makan lansia yang juga bisa dicoba adalah membuat milkshake atau smoothie. Terkadang, mengunyah atau menelan dapat melelahkan dan sulit bagi lansia. 

Jadi, cobalah untuk menghaluskan buah dan sayur bersama yoghurt atau susu, menjadi milkshake atau smootie. Pilihan lainnya adalah cokelat panas atau susu penuh lemak, untuk memberi nutrisi tambahan.

7. Dorong Sosialisasi saat Makan

Terkadang, makan bersama teman atau orang yang disayang akan terasa lebih enak dibanding makan sendirian. Mengubah waktu makan menjadi waktu sosial adalah cara yang bagus untuk meningkatkan nafsu makan pada lansia.

Hal-hal seperti tawa, percakapan bersama, dan lingkungan yang santai, akan menciptakan suasana menyenangkan yang membuat lansia semangat untuk makan. Jika sulit mengatur janji dengan teman lansia, kamu bisa coba makan bersama lansia, sambil mengobrol santai dan bersenda gurau. 

Itulah beberapa cara meningkatkan nafsu makan lansia yang bisa kamu coba. Jika cara-cara tersebut tak membuahkan hasil, download Halodoc saja untuk membuat janji medis dengan dokter. Lalu, ajak lansia untuk memeriksakan diri dan berkonsultasi dengan dokter.

Referensi:
Senior Services of America. Diakses pada 2022. How to Boost Appetite in the Elderly.
Discovery Village. Diakses pada 2022. Ways To Increase Appetite In The Elderly.
Daily Caring. Diakses pada 2022. 6 Ways To Get Seniors With No Appetite To Eat.