7 Jenis Olahraga dengan Tangan dan Manfaatnya Bagi Tubuh

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   12 November 2020
7 Jenis Olahraga dengan Tangan dan Manfaatnya Bagi Tubuh7 Jenis Olahraga dengan Tangan dan Manfaatnya Bagi Tubuh

Halodoc, Jakarta – Tentunya manfaat olahraga sudah tidak diragukan lagi bagi tubuh. Berbagai jenis olahraga bisa kamu lakukan sesuai dengan kebutuhan dan keinginan. Tidak hanya menggunakan kekuatan kaki dan tubuh saja, nyatanya ada beberapa jenis olahraga yang memerlukan kekuatan tangan agar hasilnya optimal. 

Baca juga: Heboh Asian Games, Coba 4 Olahraga Tangan Ini

Tidak ada salahnya ketahui tujuh jenis olahraga yang bisa kamu lakukan dengan tangan dan manfaatnya bagi tubuh.

1.Angkat Beban

Olahraga angkat beban menjadi salah satu olahraga tangan. Tidak hanya itu, olahraga ini juga membutuhkan kekuatan tangan yang optimal agar dapat berjalan dengan baik. 

Banyak manfaat yang bisa kamu rasakan dengan melakukan angkat beban, seperti menurunkan berat badan, meningkatkan kekuatan tulang menjadi lebih optimal, dan juga mengencangkan tubuh dan otot. Kamu juga bisa melakukan angkat beban dengan dumbel di rumah. Dengan begitu otot punggung, bisep, dan trisep menjadi lebih kuat.

2.Lompat Tali

Olahraga jenis ini bisa dilakukan oleh siapa saja. Dengan berlatih lompat tali atau skipping secara rutin, kamu bisa meningkatkan keseimbangan dan koordinasi tubuh, membakar kalori, meningkatkan kesehatan jantung, hingga memperbaiki kepadatan tulang. Selain manfaat yang beragam, olahraga ini juga terbilang bisa kamu lakukan kapan saja. Kamu hanya perlu menyiapkan jump rope untuk berlatih lompat tali.

3.Bulu Tangkis

Siapa yang tidak menyukai olahraga ini? Bulu tangkis menjadi salah satu olahraga yang sangat favorit bagi sebagian masyarakat. Olahraga bulu tangkis dapat membantu kamu membakar kalori sebanyak 450 kalori selama satu jam. Tidak hanya itu, olahraga ini juga dapat meningkatkan koordinasi tubuh dan melatih keseimbangan. Bulu tangkis juga dapat membantu kamu untuk mengencangkan otot pada tubuh, termasuk pada kaki maupun tangan.

Baca juga: Bukan Sekadar Lifestyle, Bowling Bisa Latih Otot Lengan

4.Push Up

Olahraga ini merupakan olahraga yang membutuhkan kekuatan tangan. Olahraga ini dapat membantu kamu untuk meningkatkan kekuatan otot tangan hingga punggung bawah. Mulailah dengan posisi tubuh plank, kemudian perlahan turunkan tubuh dan tekuk siku hingga dada menyentuh lantai. 

5.Tenis

Tenis menjadi salah satu olahraga menyenangkan yang bisa kamu lakukan bersama keluarga maupun teman. Ada berbagai manfaat dari olahraga tenis, seperti meningkatkan fungsi metabolisme tubuh, kekuatan tulang, membakar kelebihan kalori tubuh, kekuatan otot, menurunkan risiko tekanan darah dan gangguan jantung, serta menjaga kefleksibilitasan otot.

6.Voli

Olahraga voli menjadi salah satu jenis olahraga yang mampu meningkatkan koordinasi tubuh. Voli juga dinilai cukup efektif untuk menjaga kekuatan dan kesehatan tulang. Tidak hanya itu, voli dapat membantu peredaran darah menjadi lebih lancar sehingga tubuh akan mendapatkan oksigen dan darah dengan cukup. Dengan begitu, tubuh dapat menjalankan fungsinya dengan baik.

7.Basket

Olahraga basket menjadi salah satu olahraga yang memerlukan koordinasi tubuh dan kekuatan tangan yang cukup optimal. Tidak hanya itu, basket dapat membantu kamu meningkatkan kekuatan tulang dan kesehatan jantung. Basket juga memiliki manfaat bagi kesehatan mental, loh. Berlatih basket dapat meningkatkan rasa percaya diri dan membangun hubungan sosial menjadi lebih baik.

Baca juga: Dukung Asian Games, Ini Manfaat Bulu Tangkis untuk Kesehatan

Itulah beberapa olahraga dengan tangan dan manfaatnya untuk tubuh. Tidak hanya pada tubuh, berbagai jenis olahraga juga dapat bermanfaat untuk membantu kamu menurunkan tingkat stres. Untuk itu, tidak ada salahnya memulai rutin berolahraga setiap harinya agar kesehatan mental dan fisik tetap terjaga.

Kamu bisa bertanya langsung pada dokter melalui aplikasi Halodoc untuk bertanya jenis olahraga yang cocok dengan kondisi kesehatan jika memiliki riwayat penyakit. Yuk, download Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. 10 Physical and Mental Benefits of Basketball.
Live Strong. Diakses pada 2020. What Are the Health Benefits of Volleyball?
Better Health. Diakses pada 2020. Tennis.
Health Fitness Revolution. Diakses pada 2020. Top 10 Health Benefits of Badminton.
Healthline. Diakses pada 2020. What Are the Benefits and Risks of Doing Daily Pushups?
Live Strong. Diakses pada 2020. 12 Benefits of Strength Training That Will Convince You to Lift Weights.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan