• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 7 Makanan yang Baik untuk Menurunkan Tekanan Darah

7 Makanan yang Baik untuk Menurunkan Tekanan Darah

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
undefined

Halodoc, Jakarta - Coba tebak, kira-kira berapa banyak jumlah pengidap darah tinggi atau hipertensi secara global? Menurut data dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), diperkirakan sekitar 1,13 miliar orang di seluruh dunia mengidap hipertensi. Pada tahun 2015 lalu, 1 dari 4 pria dan 1 dari 5 wanita di dunia mengidap kondisi ini.

Masih menurut WHO, hipertensi adalah penyebab utama kematian dini di seluruh dunia. Tuh, cukup mengkhawatirkan bukan?

Oleh sebab itu, kamu harus senantiasa menjaga agar tekanan darah tetap stabil. Bagaimana dengan mereka yang telah mengidap prahipertensi atau bahkan hipertensi? Mau tak mau mereka perlu melakukan perubahan gaya hidup sehat untuk mengelola atau menurunkan tekanan darah.

Bagaimana caranya? Ada berbagai upaya yang bisa dicoba, misalnya dengan rutin berolahraga, konsumsi obat-obatan yang diresepkan oleh dokter, hingga mengonsumsi makanan untuk membantu menurunkan tekanan darah. 

Mau tahu apa saja makanan-makanan tersebut? Yuk, simak ulasannya di bawah ini. 

Baca juga: Tekanan Darah Tinggi Membahayakan Kesehatan, Ini Buktinya 

1. Buah Beri

Buah beri adalah salah satu makanan yang dapat menurunkan tekanan darah dengan efektif. Buah beri terutama blueberry banyak mengandung senyawa alami yang disebut flavonoid. Menurut sebuah studi bahwa mengonsumsi senyawa ini dapat mencegah hipertensi dan membantu menurunkan tekanan darah.

2. Ikan dengan Omega-3

Makanan yang dapat menurunkan tekanan darah lainnya adalah ikan yang kaya omega-3 seperti salmon atau mackerel. Ikan berlemak seperti mackerel dan salmon mengandung asam lemak omega-3 yang tinggi, yang dapat menurunkan tekanan darah, mengurangi peradangan, dan menurunkan trigliserida. 

3. Mentimun

Ingat, tekanan darah tinggi terjadi akibat banyaknya asupan garam (natrium) dan terlalu sedikit kalium dalam makanan yang dikonsumsi. Hati-hati, kadar garam yang berlebihan bisa mengikat banyak air. Kondisi ini yang membuat volume darah meningkat. 

Nah, di dalam mentimun banyak terkandung kalium. Kalium ini merupakan elektrolit yang membantu mengatur jumlah natrium (kandungan dalam garam) yang ditahan oleh ginjal. Dengan kata lain, kalium bertanggung jawab atas terkontrolnya tekanan darah seseorang. 

Mentimun juga kaya vitamin C, kalium, dan antioksidan seperti karotenoid dan tokoferol. Nutrisi-nutrisi ini dibutuhkan tubuh untuk mengontrol atau menurunkan tekanan darah. 

Baca juga: Ini Penyebab Tekanan Darah Bisa Naik Drastis

4. Buah Bit

Selain tiga makanan di atas, buah bit masuk ke dalam makanan yang dapat menurunkan tekanan darah. Buah ini mengandung nitric oxide, yang membantu membuka pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah. Menurut para ahli, nitrat dalam jus bit bisa menurunkan tekanan darah seseorang hanya dalam 24 jam.

5. Sayuran Hijau

Sayuran hijau kaya kalium yang bisa membantu ginjal untuk menyingkirkan natrium melalui urine. Nah, hal ini yang bisa membantu menurunkan tekanan darah. Terdapat beragam sayuran hijau yang bisa dicoba, mulai dari bayam, lobak hijau, kubis, selada romaine, hingga bit hijau. Hindari sayuran kemasan karena biasanya sering ditambahkan natrium.

6. Susu Skim dan Yoghurt

Susu skim adalah sumber kalsium yang sangat baik dan rendah lemak. Keduanya merupakan elemen penting dari diet sehat untuk menurunkan tekanan darah. Bila tak menyukai susu, kamu bisa menggantinya dengan yoghurt.

Menurut American Heart Association, wanita yang mengonsumsi lima porsi atau lebih yoghurt dalam seminggu, mengalami pengurangan 20 persen risiko terkena tekanan darah tinggi.

Baca juga: 6 Cara Menjaga Tekanan Darah Selama Kehamilan

7. Pisang

Pisang adalah salah satu makanan yang baik untuk menjaga tekanan darah tetap stabil. Menurut beberapa penelitian, pisang bisa mengatur denyut jantung, tekanan darah, dan menjaga kesehatan jantung. 

Mau tahu lebih jauh mengenai makanan yang dapat menurunkan tekanan darah? Atau memiliki keluhan kesehatan lainnya? Kamu bisa bertanya langsung pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Tidak perlu keluar rumah, kamu bisa menghubungi dokter ahli kapan saja dan di mana saja. Praktis, kan? 



Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. 7 Benefits of Cucumber Water: Stay Hydrated and Healthy
Healthline. Diakses pada 2020. 13 foods that help lower blood pressure
Everyday Health. Diakses pada 2020. 11 Banana Health Benefits You Might Not Know About.
WHO. Diakses pada 2020. Hypertension - Key facts