• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 7 Pengobatan Herbal Jika Alami Penyakit Kuku
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 7 Pengobatan Herbal Jika Alami Penyakit Kuku

7 Pengobatan Herbal Jika Alami Penyakit Kuku

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 16 Desember 2022

“Penyakit kuku, terutama yang disebabkan oleh jamur, dapat menyebabkan infeksi jika tidak segera diatasi. Nah, ada beberapa pengobatan herbal yang efektif mengatasinya, termasuk penggunaan minyak teh.”

7 Pengobatan Herbal Jika Alami Penyakit Kuku7 Pengobatan Herbal Jika Alami Penyakit Kuku

Halodoc, Jakarta – Kuku adalah bagian tubuh yang berisiko terserang penyakit disebabkan oleh jamur. Jika dibiarkan, masalah ini dapat menimbulkan masalah yang besar, sehingga penanganan dini diperlukan. Tak melulu harus ke dokter, pengobatan herbal juga mampu mengatasi penyakit kuku.

Cara Atasi Penyakit Kuku dengan Metode Herbal

1. Minyak Teh

Minyak dari pohon teh adalah salah satu obat antijamur alami yang memang sering dimanfaatkan, termasuk untuk mengatasi penyakit kuku. Cairan ini memiliki sifat antimikroba, antijamur, antivirus, hingga anti-inflamasi. Manfaat ini bisa didapatkan saat minyaknya digunakan selama enam bulan.

2. Hidrogen Peroksida

Kamu juga bisa menggunakan hidrogen peroksida untuk membunuh jamur yang menjadi penyebab penyakit kuku. Seka cairan kimia ini pada jari yang terinfeksi dengan kain bersih atau kapas. Alternatif lainnya adalah dengan merendam kaki dengan air yang dicampur hidrogen peroksida.

3. Teh Hitam

Jika penyakit kuku terjadi pada kaki, kamu bisa lho merendamnya dengan air dengan campuran teh hitam. Teh ini mengandung asam tanat yang dapat menutup bakteri dan membantu dalam menutup pori-pori kaki agar tidak banyak berkeringat. Cobalah secara rutin merendam kaki agar mendapatkan manfaatnya.

4. Cuka Sari Apel

Penyakit kuku akibat jamur juga bisa diatasi dengan penggunaan cuka sari apel. Nah, cuka memiliki sifat antijamur yang dapat dicampurkan dengan air untuk membuat rendaman kaki. Kandungan asam asetatnya dapat menghentikan penyebaran infeksi ke jari lainnya.

5. Soda Kue

Soda kue juga bisa, lho, digunakan untuk mengatasi penyakit kuku. Kamu bisa membuat rendaman kaki dengan bahan ini atau mengoleskannya langsung pada area yang terserang dengan pasta soda kue.

Untuk penggunaan pasta soda kue, biarkan olesan tersebut menempel selama 10 sampai 20 menit. Setelah itu, bilas dengan air hangat dan keringkan secara menyeluruh.

6. Ekstrak Daun Zaitun

Cairan ini mengandung oleuropein, zat yang memiliki sifat antijamur dan antimikroba alami. Kamu bisa mengoleskannya langsung ke kuku yang terserang penyakit untuk mengurangi infeksinya.

Pada jenis kapsul, kamu bisa mengonsumsinya secara oral untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh dan mengobati jamur kuku dari dalam. Untuk jenis kapsul, sebaiknya berdiskusi terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsinya.

7. Ekstrak Snakeroot

Snakeroot merupakan tumbuhan yang termasuk dalam keluarga bunga matahari. Tumbuhan ini ampuh dalam mengatasi penyakit kuku dengan sifat antijamurnya. Kamu bisa mengoleskannya langsung pada area yang mengalami penyakit. Terapkan dua hingga tiga kali seminggu untuk mendapatkan manfaatnya.

Itulah beberapa pengobatan herbal yang bisa dilakukan untuk mengatasi penyakit kuku. Cobalah untuk memilih salah satu cara agar yang dirasa paling cocok dan efektif. Namun, jika masalah ini tidak kunjung mereda setelah dilakukan pengobatan alami, sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter.

Nah, untuk pemeriksaan dari penyakit kuku, fitur janji medis dari aplikasi Halodoc bisa digunakan untuk memastikan kondisi yang terjadi dengan ahlinya. Cukup dengan download aplikasi Halodoc, segala kemudahan dalam akses kesehatan bisa didapatkan melalui smartphone di tangan. Yuk, unduh aplikasi Halodoc sekarang ya!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. Try One of These 10 Home Remedies for Toenail Fungus.
Single Care. Diakses pada 2022. 15 home remedies for toenail fungus.