• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 7 Tanda Kelahiran Buah Hati Sudah Dekat

7 Tanda Kelahiran Buah Hati Sudah Dekat

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
undefined

Halodoc, Jakarta – Setelah masuk trimester ketiga ibu tentu jadi semakin aware untuk mempersiapkan kehadiran si kecil. Dokter biasanya memberikan tanggal perkiraan kapan si kecil akan lahir. Namun meski begitu, ada saat ketika kelahiran si kecil justru sudah ingin lahir sebelum tanggal yang diperkirakan. Nah berikut ini adalah 7 tanda kelahiran buah hati sudah dekat yang harus diketahui ibu:

1.  Pecah Ketuban
Ketakutan pertama ibu adalah ketika ketuban pecah mendadak. Namun enggak perlu khawatir, karena kejadian iini sangat jarang terjadi. Dalam penelitian diketahui bahwa, kurangd ari 8 persen ibu hamil yang mengalami ini saat kontraksi. Menurut Ireland Health Service Executive, sekitar 80 persen wanita melahirkan secara spontan dalam 12 jam setelah ketubannya pecah. Sedangkan bagi yang tidak mengalami ini biasanya harus diinduksi karena risiko infeksi sudah meningkat.

2.  Kontraksi
Ibu biasanya mulai merasakan kontraksi di usia kehamilan 37 bulan. Ini karena si kecil sudah mulai turun ke tulang panggul lebih dalam lagi. Kontraksi pun berlangsung tiga kali dalam beberapa menit. Namun hati-hati dengan kontraksi palsu, ya. Dirinya adalah terasa tidak kuat dan tidak intens. Biasanya kontraksi palsu dipicu oleh rasa lapar atau dehidrasi. Menjelang persalinan, kontraksi akan terasa lebih intens, dengan interval dari 10 menit sekali, menjadi 8, 5, hingga 3 menit sekali. Durasinya terjadi sekitar 20-40 detik per kontraksi. Kalau kontraksi makin intens, sebaiknya segera ke rumah sakit ya.

3.  ASI Mulai Keluar
Ibu belum mulai menyusui namun ASI sudah keluar dan ini bisa terjadi di trimester akhir. Biasanya ibu mengalami ini di beberapa minggu terakhir sebelum persalinan. Susu yang keluar itu adalah kolostrum yakni cairan kaya nutrisi yang sangat baik untuk bayi.

4.  Semakin Sering ke Toilet
Semakin besar kandungan maka semakin menekan kandung kemih sehingga membuat ibu lebih sering buang air kecil. Namun ibu tetap harus minum banyak air agar terhindar dari dehidrasi.

5.  Cara Jalan Berubah
Memang kadang terlihat lucu, namun kenyataannya cara jalan ibu hamil akan berubah seiring besarnya kandungan. Bisa jadi cara jalan ibu jadi agak silang seperti koboi atau bebek, maka itu bisa jadi tanda si kecil akan segera lahir. Tulang panggul jadi melebar sebagai tanda persiapan melahirkan dan ini akan memengaruhi cara ibu berjalan. Tapi jika cara jalan ibu berubah dan membuat tidak nyaman, bisa jadi merupakan tanda pelvic girdle pain (PGP).

6.  Bengkak
Kehamilan bisa membuat bagian tubuh ibu tertentu bengkak. Terutama bengkak pada bagian kaki. Nah, tidak hanya kaki saja, labia (bibir vagina) juga akan bengkak menjelang persalinan. Menurut konsultan obstetrik Dr. Virginia Becket, dari Royal College of Obstetricians and Gynaecologists labia bengkak yang diakibatkan oleh meningkatnya volume darah di tubuh ibu hamil. Saat si kecil sudah turun ke panggul pada usia sekitar 37 minggu dapat memberikan tekanan lebih pada daerah vagina sehingga membuatnya bengkak. Jika ini sudah sangat menggangu, sebaiknya dikompres dengan air dingin.

7.  Keluar Cairan Kental
Ketika hamil mulut rahim ibu terlapisi oleh lendir yang mungkin mulai luruh dalam beberapa hari sebelum waktu melahirkan. Cairan kental atau lendir yang berwarna cokelat, merah muda, atau guratan merah itu bisa sekaligus keluar dalam satu gumpalan atau sedikit-sedikit dalam beberapa hari. Agar memastikan jika cairan kental tersebut bukan pendarahan, maka sebaiknya bicarakan dengan dokter.

Jika ibu membutuhkan saran kesehatan dari dokter mengenai kondisi kesehatan kandungan. Ibu bisa menggunakan aplikasi Halodoc. Dokter spesialis di Halodoc bisa dihubungi melalui Video/Voice Call dan Chat. Selain itu kamu juga bisa membeli produk kesehatan yang dibutuhkan seperti vitamin dan suplemen dengan Halodoc. Pesanan akan siap diantar ke tujuan dalam satu jam. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store dan Google Play.