• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 7 Tanda Orang Sedang Berbohong yang Bisa Dikenali
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 7 Tanda Orang Sedang Berbohong yang Bisa Dikenali

7 Tanda Orang Sedang Berbohong yang Bisa Dikenali

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 03 November 2022

“Ada beberapa tanda orang sedang berbohong yang bisa kamu kenali. Termasuk mikro ekspresi pada wajah dan nada saat bicara.”

7 Tanda Orang Sedang Berbohong yang Bisa Dikenali7 Tanda Orang Sedang Berbohong yang Bisa Dikenali

Halodoc, Jakarta – Bukan dengan sulap ataupun sihir, percaya atau tidak, kamu bisa mengenali tanda orang sedang berbohong. Sebab, saat mengatakan sesuatu yang tidak benar, atau mencoba menutupi suatu fakta, seseorang biasanya akan menunjukkan gestur atau ekspresi tertentu. 

Berbohong dan menipu adalah perilaku manusia yang umum. Beberapa orang mungkin punya niat berbohong untuk kebaikan. Namun, pada situasi tertentu, berbohong adalah hal yang tidak boleh dilakukan. Misalnya berbohong saat menjadi saksi di persidangan. 

Ini Tanda Orang Sedang Berbohong

Sebenarnya, sangat sulit untuk mengungkap kebohongan. Tidak ada sinyal yang jelas (verbal atau nonverbal) yang bisa menunjukkan kebohongan yang pasti. Namun, ada indikator tertentu yang bisa kamu perhatikan. 

Berikut ini beberapa tanda orang sedang berbohong, yang bisa dikenali:

1. Ada Kerutan atau Seringaian Sekilas saat Bicara

Ekspresi mikro, atau ekspresi wajah yang berlangsung hanya sepersekian detik, dapat mengungkapkan saat seseorang berbohong kepada kamu. Ini juga dapat mencocokkan atau mengontraskan kata-kata mereka.

Misalnya, seseorang mungkin berbicara dengan sangat percaya diri, tetapi begitu mereka berhenti berbicara, kedua sudut mulutnya mungkin dengan cepat mengerutkan kening. Ini dapat menunjukkan bahwa jauh di lubuk hati, seorang pembohong meragukan diri mereka sendiri. Ekspresi wajah mereka tidak sesuai dengan cerita mereka.

Sebaliknya, jika seseorang baru saja berbohong, mereka mungkin akan menyeringai atau tertawa kecil. Ini disebut kesenangan duper, bentuk kesenangan karena melakukan apa yang mereka yakini sebagai kebohongan yang baik.

2. Terus Melihat ke Pintu Keluar

Tanda lainnya ketika orang sedang berbohong adalah mata yang terus tertuju pada pintu atau jam yang berdetak. Ini bisa menjadi indikator bahwa seseorang berharap mereka dapat melarikan diri dari suatu situasi, mungkin karena mereka berbohong. 

3. Tidak Langsung Menjawab

Ketika seseorang berbohong, mereka secara bersamaan menyulap dua cerita. Apa yang sebenarnya terjadi, dan apa yang terjadi sesuai dengan kebohongan mereka. Ini membutuhkan banyak kekuatan otak, yang dapat menghasilkan jeda yang lama dan respons yang berkelok-kelok terhadap pertanyaan yang relatif sederhana. 

Tanda orang sedang berbohong adalah mereka mungkin akan mengulangi pertanyaan kamu, menambahkan detail yang tidak kamu minta, berhenti sejenak, terbata-bata, atau menggunakan lebih banyak kata pengisi seperti “um,” “uh,” dan “ah”.

4. Menekankan Bahwa Ia Orang yang Jujur

Secara alami, pembohong ingin menyampaikan kepada kamu bahwa mereka mengatakan yang sebenarnya. Salah satu cara sederhana untuk melakukannya, menurut mereka, adalah dengan berbicara tentang kejujuran. 

Jika seseorang berkata, “Aku akan jujur kepada kamu,” atau “Aku dididik untuk selalu jujur,” mereka mungkin mendorong kamu untuk mempercayai kebohongan yang akan mereka katakan.

5. Berusaha untuk Tidak Terlibat

Tanda orang sedang berbohong adalah mereka cenderung menghindari pengidentifikasian kata-kata seperti “saya” atau “kami”. Mengapa? Mereka berusaha menjauhkan diri dari tindakan atau narasi yang mungkin tidak benar.

6. Menggunakan Kata-Kata yang Belum Pernah Mereka Gunakan

Pembohong biasanya mengubah kosakata yang biasanya mereka gunakan. Misalnya, jika seseorang mengatakan bahwa mereka mengendarai “mobil” mereka saat pulang, tapi menyebut mobil mereka “kendaraan”, padahal kamu belum pernah mendengar mereka mengatakan “kendaraan” sebelumnya. 

Itu bisa jadi tanda ia berbohong. Karena ia sedang berusaha memikirkan kata-kata mereka, dan menjadi terlalu hati-hati.

7. Perubahan dalam Suara

Biasanya, kamu dapat merasakan ritme dan aliran alami pada ucapan seseorang. Namun, nada yang naik atau tempo yang lebih cepat atau lebih keras bisa jadi tanda orang sedang berbohong. 

Seseorang juga mungkin melakukan sebaliknya, yaitu berbicara lebih lembut. Ini karena manusia secara alami menyembunyikan dan meredam suara ketika mengatakan sesuatu yang seharusnya tidak dikatakan pada orang lain. 

Itulah beberapa tanda orang sedang berbohong yang bisa kamu kenali. Jika kamu memiliki pertanyaan lain terkait psikologis seseorang, download Halodoc saja untuk bertanya pada psikolog melalui chat.

Referensi:
Prevention. Diakses pada 2022. 9 Ways to Tell If Someone Is Lying to You, According to Body Language and Deception Experts.
Very Well Mind. Diakses pada 2022. How to Tell if Someone Is Lying.