• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 7 Tips Agar Hubungan Asmara Jauh dari Orang Ketiga

7 Tips Agar Hubungan Asmara Jauh dari Orang Ketiga

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
undefined

Halodoc, Jakarta – Tanpa pengertian, hubungan kamu dan pasangan yang sudah lama terjalin serasi, bisa saja retak. Hmm, menjaga hubungan asmara memang gampang-gampang susah sih, ya.  Apalagi bila ada kehadiran orang ketiga, menjaga hubungan asmara jadi terasa makin sulit.

Nah, kamu perlu tahu bahwa setiap hubungan asmara punya potensi hadirnya orang ketiga. Tentunya hal itu bisa disebabkan berbagai macam hal, baik yang dipengaruhi pasangan atau pun diri kamu sendiri. Singkat kata, kamu atau pasangan sama-sama punya potensi untuk berselingkuh dengan orang ketiga.  Masalah klasik ini bisa terjadi pada siapa pun, kok. Bahkan, Bill Clinton, mantan Presiden AS, saja sempat berselingkuh dengan Monica Lewinsky, salah satu karyawan di Gedung Putih.  

Makanya, kamu dan pasangan perlu menerapkan berbagai strategi agar hubungan asmara tetap terjadi. Caranya memang enggak mudah, tapi tak ada salahnya kan untuk mencobanya. Penasaran? Berikut tipsnya:

  1. Bebas, Tapi Ada Batasnya

Kamu mesti saling menghormati kebutuhan pasangan dan selalu berkomunikasi dengan baik. Tak ada salahnya membebaskan pasangan untuk melakukan hal yang dia suka. Namun, ingat batasan-batasannya agar kamu dan Si Dia sama-sama bisa menjaga komitmen.

  1. Mencintai, Tanpa Mengekang

Perubahan adalah bagian integral hubungan manusia, jadi jangan heran kalau ini dialami pasangan kamu. Contohnya, pasangan memiliki aktivitas baru bersama teman-temannya, seperti kumpul bersama di akhir pekan, atau memiliki hobi baru. Kamu enggak perlu marah, apalagi merasa dilupakan, ya.

  1. Gunakan “Kita”

Penelitian dari  University of California menemukan bahwa pasangan yang langgeng, kerap menggunakan kata “kami” dan “kita” daripada “saya” untuk menunjuk pada diri mereka. Dengan kebiasaan bicara seperti ini, kamu dan pasangan pun jadi merasa punya rasa memiliki.

  1. Pegang Teguh Komitmen

Nah, ini yang harus dimiliki pada diri kamu dan pasangan. Dalam menjaga hubungan asmara, enggak boleh ada yang abu-abu. Kalau sudah berkomitmen, enggak ada lagi yang namanya kata “tapi”. Komitmen inilah yang membuat hubungan kamu tetap bertahan dalam keadaan apa pun, termasuk datangnya orang ketiga.

  1. Jaga jarak

Saat kamu mengira orang lain punya motif lain dengan dirimu, ada baiknya kamu perlu menjaga jarak dengan orang tersebut. Apalagi kalau mereka menunjukkan gelagat aneh, misalnya, memberikan perhatian ekstra pada dirimu. Nah, jangan sampai kamu terjebak dengan situasi ini. Ingatlah, kalau di lain tempat ada pasangan yang perasaannya mesti kamu jaga.

  1. Ikuti Tips dan Nasihat

Enggak ada salahnya kok membaca buku atau berkonsultasi dengan ahli untuk membuat hubungan semakin langgeng. Tentunya, banyak buku dan tips dari ahli mengenai cara menjaga hubungan asmara agar jauh dari orang ketiga. Nah, jika kamu mempraktikkan tips dan nasihat itu, bisa jadi hubungan kamu dan pasangan benar-benar terjaga, lho.

  1. Selesaikan Masalah Bersama-sama

Klasik memang, tapi percayalah enggak ada manusia yang luput dari kesalahan. Meski berat, memberi maaf, merupakan cara untuk melangkah kedepan. Selain itu, jika kamu dan pasangan memiliki masalah, sebaiknya selesaikan dengan baik dan tuntas. Jangan sampai masalah itu berlarut-larut dan membuat kamu atau pasangan merasa bosan. Sebab di saat itulah kemungkinan besar hadirnya orang ketiga dalam hubungan kamu dan pasangan. Ingat, pihak yang merasa bosan, mudah lho tergoda untuk berselingkuh.


Punya masalah kesehatan dan butuh saran dokter,  kamu bisa lho menghubungi dokter melalui aplikasi Halodoc untuk berdiskusi mengenai masalah tersebut. Yuk download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.