• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 7 Tips Mengatasi Anak Susah Mandi

7 Tips Mengatasi Anak Susah Mandi

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
undefined

Halodoc, Jakarta – Mengajak Si Kecil mandi memang butuh perjuangan yang keras. Ada saja alasan atau tingkah laku mereka untuk menolak ajakan mandi dari ibu, mulai dari enggak mau bangun dari tempat tidur, ngumpet di kolong ranjang, pura-pura sakit, dan lain sebagainya. Ibu pun jadi jengkel menghadapinya. Lalu bagaimana mengatasi anak susah mandi?

Menjaga kebersihan tubuh dengan mandi dua kali sehari adalah hal yang sangat penting dilakukan, khususnya bagi anak-anak. Pasalnya, anak-anak paling suka bermain dan beraktivitas di luar ruangan, seperti bermain di kebun, lari-larian, naik sepeda, dan lain-lain. Saat bermain, anak-anak mungkin saja memegang tanah, mainan yang kotor, serta mengeluarkan banyak keringat. Itulah mengapa mereka perlu rutin mandi, agar badannya tetap bersih dan sehat. Namun, biasanya anak-anak yang masih balita susah sekali jika disuruh mandi. Tapi, jangan putus asa dulu, ya. Ini tips-tips bagi ibu untuk mengatasi anak susah mandi:

  1. Bebaskan Anak Memilih Jam Mandi

Umumnya para ibu mengajak anak mandi pada pagi dan sore hari. Tapi, bila anak susah bangun pagi, sehingga akhirnya menjadi enggan untuk mandi, ijinkan saja ia memilih waktu mandi sesuai keinginannya. Memiliki rutinitas mandi yang baik memang penting, tapi jika hari itu Si Kecil hanya akan menghabiskan waktu seharian di rumah, enggak ada salahnya jika ibu membiarkannya untuk mandi sedikit lebih siang atau lebih malam.

  1. Gunakan Air Hangat

Ibu juga perlu memerhatikan penyebab mengapa Si Kecil sangat enggan untuk mandi. Bisa jadi karena airnya terlalu dingin baginya yang baru saja bangun tidur. Kalau benar demikian, ibu bisa menghangatkan air agar Si Kecil bisa mandi dengan nyaman. Tapi ingat, hindari menggunakan air yang terlalu panas untuk memandikan Si Kecil agar kulitnya tidak melepuh.

  1. Ajak Anak Bermain

Kalau Si Kecil tetap susah diajak mandi, salah satu trik yang bisa ibu lakukan untuk mengatasi anak susah mandi adalah dengan mengajaknya bermain. Misalnya, waktu ibu sedang membilas baju, mintalah anak untuk ikut mencuci atau bermain gelembung. Setelah basah, ibu tinggal melepaskan saja bajunya dan memandikannya.

  1. Berikan Mainan

Anak balita sangat suka bermain. Jadi, agar anak tertarik dan mau mandi, ibu bisa membawa beberapa mainan ke kamar mandi, seperti bebek-bebekan, kapal-kapalan, mangkok-mangkok kecil, agar saat mandi, anak juga bisa sambil bermain.

  1. Berenang di Kamar Mandi

Bila di rumah ada bathtub, ibu bisa mengajak Si Kecil “berenang” di kamar mandi. Sebagai pengganti bathtub, ibu juga bisa menyediakan kolam kecil dari karet agar anak bisa berenang. Tambahkan bubble bath yang aman untuk anak kecil untuk menambah keseruan Si Kecil berenang.  

  1. Ikut Mandi Bersama Anak

Saat memandikan anak, tidak perlu takut basah, ya bu. Bahkan ibu bisa ikut mandi bersama Si Kecil untuk menunjukkan bahwa mandi itu menyenangkan. Tapi, ibu disarankan untuk tetap mengenakan baju saat menemani anak mandi, bila tidak ingin ditanya seputar anatomi tubuh.

  1. Berikan Hadiah

Coba pancing anak untuk mandi dengan mengiming-iminginya sesuatu, seperti memberinya camilan favorit, mainan, atau berjanji mengajaknya jalan-jalan. Ibu juga bisa menyiapkan hadiah yang lebih spesial bila Si Kecil mau mandi tanpa disuruh selama beberapa hari. Jika Si Kecil sudah terbiasa mandi, ibu bisa mengurangi “treat” ini agar anak tidak manja dan menuntut diberi hadiah saat akan mandi.

Ibu juga bisa mencari cara-cara kreatif lainnya agar anak tertarik untuk mandi (Baca juga: Tips Cerdas Agar Anak Makan dengan Lahap). Kalau ibu ingin bertanya seputar nutrisi untuk anak, langsung saja hubungi dokter melalui aplikasi Halodoc. Ibu juga bisa membeli vitamin dan produk kesehatan yang dibutuhkan untuk anak lewat aplikasi. Tidak perlu keluar rumah, hanya tinggal order dan pesanan akan diantar ke tempat tujuan dalam satu jam. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play.