• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 7 Variasi Makanan Sehat untuk Anjing agar Tidak Bosan

7 Variasi Makanan Sehat untuk Anjing agar Tidak Bosan

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
undefined

Halodoc, Jakarta - Bicara soal makanan anjing, di pasaran tentu sudah banyak sekali jenis dan mereknya. Menurut Pet Food Manufacturers Association, makanan anjing yang tersedia di pasaran mencakup makanan basah, kering, dan mentah. Selain itu, ada pula produk makanan lengkap dan melengkapi, yang sudah diformulasikan khusus untuk kesehatan anjing

Ya, kesehatan anjing bisa dijaga dengan memberinya makanan sehat. Sebenarnya, tidak cuma makanan kemasan saja, ada beberapa makanan sehat lainnya yang bisa diberikan pada anjing, sebagai variasi agar ia tidak bosan. 

Baca juga: Manfaat Kesehatan Memiliki Hewan Peliharaan

Variasi Makanan Sehat untuk Anjing

Melansir laman Dogs Naturally, berikut ini variasi makanan sehat untuk anjing yang bisa jadi pilihan menu sehari-hari:

1.Kaldu Tulang

Kaldu tulang adalah salah satu makanan yang bisa memberi manfaat bagi kesehatan anjing. Kamu bisa membeli atau membuatnya dengan merebus tulang dari daging sapi atau ayam selama beberapa jam dengan api kecil, hingga warna kuahnya agak keruh dan kental. 

Manfaat memberi kaldu tulang pada anjing adalah memelihara kesehatan pencernaan, membantu detoksifikasi hati, mengurangi peradangan, memperkuat tulang, sendi, otot, tendon, dan ligamen, serta meningkatkan kekebalan tubuh.

2.Jeroan

Baik dalam bentuk mentah atau diolah, jeroan seperti hati, otak, babat, dan lainnya adalah komponen penting dari makanan anjing. Manfaatnya bagi anjing untuk meningkatkan kekuatan dan pembentukan sel darah merah, serta memelihara daya tahan tubuh.

Baca juga: 4 Tips Memilih Hewan Peliharaan untuk Anak

3.Telur

Telur adalah sumber protein, vitamin, dan mineral, yang sangat mudah ditambahkan ke dalam makanan anjing sehari-hari. Meski sederhana, menambahkan telur dalam menu makanan anjing bermanfaat untuk memelihara kesehatan jantungnya.

4.Susu Kambing Mentah

Susu kambing mentah atau yang tidak dipasteurisasi adalah salah satu makanan untuk anjing yang kaya nutrisi. Enzim dalam susu kambing mentah membantu proses pencernaan.

Hal ini membuat susu kambing lebih dapat ditoleransi oleh anjing untuk dicerna daripada susu sapi. Jenis susu ini mengandung lemak sehat, omega-3, protein/asam amino, serta mineral. Memberikan susu kambing mentah pada anjing memperkuat sistem kekebalan dan mengurangi alergi. 

5.Ikan dengan Omega-3

Sebagai variasi, kamu juga bisa memberi anjing ikan dengan kandungan omega-3 seperti sarden atau ikan yang berukuran kecil lainnya. Ikan dengan omega-3 bermanfaat bagi kesehatan otak, fungsi ginjal, jantung, kulit, dan mata.

6.Jamur

Cobalah campurkan jamur ke dalam menu makan anjing sehari-hari. Sebab, jamur mengandung vitamin dan nutrisi lain seperti beta glukan, flavonoid, prebiotik, enzim pencernaan, dan antioksidan.

Salah satu manfaatnya bagi anjing untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Namun, jangan memberikan jamur liar sembarangan karena bisa berbahaya bagi anjing.

Baca juga: Ini Alasan Hewan Kesayangan Harus Divaksin

7.Makanan Fermentasi

Makanan fermentasi adalah sumber bakteri baik (probiotik) yang luar biasa. Selain untuk membantu detoksifikasi usus, makanan fermentasi juga bagus untuk mendukung fungsi kekebalan. Sebab, proses fermentasi makanan umumnya menghasilkan vitamin C, K2, dan vitamin B, asetilkolin, kolin, enzim yang mendukung pencernaan dan aktivitas metabolisme, dan asam laktat.

Beberapa pilihan makanan fermentasi yang bisa diberikan pada anjing adalah kefir, yoghurt, sayuran yang difermentasi, kaldu ikan fermentasi, kecap ikan yang difermentasi, dan kombucha.

Itulah beberapa variasi makanan sehat untuk anjing. Jika kamu memiliki pertanyaan lain seputar makanan anjing, kamu bisa download aplikasi Halodoc untuk bertanya pada dokter hewan terpercaya, kapan dan di mana saja.

Referensi:
Pet Food Manufacturers Association. Diakses pada 2020. Types Of Dog Food.
Dogs Naturally. Diakses pada 2020. 9 Healthy Foods For Dogs.