• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 9 Manfaat Memelihara Anjing untuk Kesehatan Anak

9 Manfaat Memelihara Anjing untuk Kesehatan Anak

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
undefined

Halodoc, Jakarta – Banyak manfaat kesehatan fisik maupun mental yang diperoleh dari memelihara hewan di rumah, terutama untuk anak-anak. Keterampilan merawat hewan mampu mengajari anak pelajaran hidup yang berharga seperti tanggung jawab, kepercayaan, kasih sayang, rasa hormat, dan kesabaran. Selain kucing, anjing adalah jenis hewan yang paling sering dijadikan hewan peliharaan di rumah. 

Selain lucu, anjing termasuk hewan yang cerdas, ramah dan penurut. Tidak heran kalau anjing yang satu ini kerap dijadikan peliharaan di rumah. Ibu juga perlu tahu, memelihara anjing ternyata mampu memberikan manfaat untuk kesehatan Si Kecil lho! Enggak percaya? Yuk, simak penjelasan berikut ini. 

Baca juga: Pentingnya Memberikan Vaksin pada Anjing Peliharaan

Manfaat Memelihara Anjing untuk Kesehatan Anak

Hewan peliharaan membutuhkan makanan, air, dan tentunya kasih sayang. Memelihara anjing untuk Si Kecil otomatis mengajarkannya untuk bertanggung jawab terhadap hewan peliharaannya. Berikut manfaat yang bisa diperoleh dari memelihara anjing untuk kesehatan fisik dan mental anak:

1. Mengajarkan Kasih Sayang

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, ketika memutuskan untuk memelihara anjing, maka anak pun harus bertanggung jawab untuk merawatnya. Mereka otomatis belajar untuk menyayangi dan melindungi teman berbulunya tersebut. Secara tidak sadar, keterampilan ini mengajarkan anak untuk selalu bersikap baik dan peduli terhadap orang lain. 

2. Menumbuhkan Kepercayaan

Anjing dikenal sebagai hewan yang cerdas. Mereka mampu menawarkan dukungan atau kasih sayang tanpa syarat ketika seorang anak atau siapa pun sedih, marah atau kesal. Hal ini mampu menumbuhkan rasa percaya terhadap hewan peliharaan, diri mereka sendiri, dan membangun kepercayaan dalam hubungan lain juga.

3. Loyalitas

Tak hanya cerdas, anjing juga dikenal sebagai hewan yang sangat setia. Kesetiaan anjing dapat menjadi contoh baik untuk anak dalam memperlakukan orang lain, contohnya keluarga dan teman-temannya di sekolah. 

4. Membuat Anak Lebih Aktif

Anjing bisa menjadi teman bermain yang menyenangkan. Si Kecil bisa mengajaknya berjalan atau bermain lempar bola. Semua aktivitas ini baik untuk kesehatan anak. Anak yang aktif dapat mendukung perkembangan jantung, otak, dan paru-paru mereka.

Baca juga: Kapan Waktu Terbaik Kontrol Parasit pada Anjing Peliharaan?

5. Mengajarkan Kesabaran

Terkadang untuk dapat menjalin ikatan dengan hewan peliharaan membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Mengajarkan perilaku yang baik kepada hewan, seperti mengajarkannya untuk buang air pada tempatnya atau mengajarkan trik duduk pun butuh waktu dan kesabaran. Bisa dikatakan, anak yang memiliki hewan peliharaan mungkin lebih sabar dan jarang tantrum. 

6. Meningkatkan Keterampilan Sosial

Hewan peliharaan sangat bagus dalam membantu kejenuhan. Saat diajak untuk berjalan-jalan, anjing dapat mendorong percakapan dengan orang lain dan akan meningkatkan keterampilan sosial Si Kecil.

7. Menumbuhkan Sifat Empati

Anak-anak yang tumbuh dengan hewan peliharaan cenderung lebih berempati terhadap sesama. Pasalnya, selama memelihara hewan ia dituntut untuk merawat dan memberikan kasih sayang penuh. 

8. Menumbuhkan Sikap Hormat

Selama merawat anjing, Si Kecil otomatis akan belajar bahwa anjing harus disentuh dengan lembut, tidak mengganggunya saat makan dan tidur. Keterampilan ini akan mengembangkan rasa hormat terhadap orang lain.

9. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Melansir dari laman Michigan State, penelitian menunjukkan anak-anak yang tinggal serumah dengan seekor anjing kemungkinan mengalami lebih sedikit infeksi telinga dan infeksi saluran pernafasan. Paparan hewan pada usia muda diyakini mampu menstimulasi sistem kekebalan. Sedangkan penelitian lain yang ditemukan dalam artikel Time, “Why Dogs and Cats Make Babies Healthier,” menunjukkan bahwa paparan bulu hewan peliharaan dapat memicu sistem kekebalan bayi yang masih berkembang dan mampu menangkis alergen dan serangga. 

Baca juga: Penjelasan Lengkap tentang Merawat Anak Anjing

Itulah manfaat memelihara anjing untuk kesehatan Si Kecil. Kalau ibu punya pertanyaan lain mengenai perawatan dan kesehatan anjing lainnya, kini kamu bisa langsung menghubungi dokter hewan lewat aplikasi Halodoc lho! Yuk, download Halodoc sekarang!

Referensi:
Michigan State University. Diakses pada 2020. The benefits of a family pet.
Psychology Today. Diakses pada 2020. Why Kids With Pets Are Better Off.