• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Adakah Cara Mengatasi Gangguan Tidur Berjalan?

Adakah Cara Mengatasi Gangguan Tidur Berjalan?

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
undefined

Halodoc, Jakarta – Kamu pasti pernah dengar tentang seseorang yang bisa berjalan-jalan saat mereka tidur. Kondisi ini memang ada dan disebut sebagai gangguan tidur berjalan. Kalau di dalam dunia medis, gangguan tidur berjalan ini sering disebut dengan somnambulism. Gangguan tidur berjalan terjadi ketika kamu beralih dari tahapan tidur yang dalam ke tahap yang lebih ringan atau bangun. 

Meski begitu, kamu seseorang yang alami gangguan ini masih tertidur dan tidak dapat merespons saat berjalan sambil tidur dan biasanya mereka juga tidak akan mengingat peristiwa tersebut. Dalam beberapa kasus, sejumlah orang yang mengalami gangguan tidur berjalan juga berbicara yang tidak masuk akal. Melansir dari WebMD, tidur sambil berjalan umumnya dialami oleh anak-anak berusia 4-8 tahun. Namun, orang dewasa juga bisa mengalaminya. 

Baca juga: Bukan Diganggu Makhluk Halus, Ini Penyebab Gangguan Tidur Berjalan

Bagaimana Cara Mengatasi Gangguan Ini?

Sebenarnya, gangguan tidur berjalan tidak memerlukan perawatan khusus. Pada anak-anak, gangguan ini biasanya hilang dengan sendirinya saat remaja. Namun, bila gangguan ini berisiko menimbulkan dampak tertentu, seperti cedera, mengganggu anggota keluarga lainnya, atau menyebabkan rasa malu dan lain-lain, maka perawatan diperlukan. 

Perawatan umumnya berfokus untuk meningkatkan keamanan dan menghilangkan penyebab atau pemicu gangguan tidur berjalan. Melansir dari Mayo Clinic, berikut perawatan yang mungkin diperlukan, yaitu:

  • Mengobati segala kondisi yang mendasarinya apabila gangguan tidur berjalan berkaitan dengan kurang tidur atau kondisi medis tertentu.
  • Menyesuaikan obat yang sedang dikonsumsi apabila obat-obatan tersebut lah yang memicu gangguan tidur berjalan.
  • Membangunkan pengidap sekitar 15 menit sebelum tidur, kemudian tetap terjaga selama beberapa menit sebelum terlelap kembali.
  • Mengonsumsi obat, seperti benzodiazepin atau antidepresan tertentu.
  • Belajar self-hypnosis dengan profesional terlatih yang akrab dengan parasomnia.
  • Terapi atau konseling dengan profesional kesehatan mental untuk membantu meningkatkan kualitas tidur, teknik pengurangan stres, self-hypnosis dan relaksasi.

Selain perawatan-perawatan di atas, ada pula gaya hidup dan pengobatan rumahan untuk mengatasi gangguan tidur berjalan. 

Baca juga: Ini Bahaya Gangguan Tidur Berjalan jika Tidak Diatasi

Gaya Hidup dan Pengobatan Rumahan Mungkin Membantu

Berikut gaya hidup dan pengobatan rumahan untuk atasi gangguan tidur berjalan, yaitu:

  • Ciptakan lingkungan yang aman. Jika gangguan tidur berjalan dapat menimbulkan cedera, cobalah ciptakan lingkungan yang aman. Kamu dapat menutup dan mengunci semua jendela dan pintu luar sebelum tidur. Atau, kamu juga bisa memilih tidur di kamar lantai dasar untuk mencegah menuruni tangga. Tempatkan benda-benda tajam atau rapuh di luar jangkauan. Hindari memberikan ranjang susun bagi anak-anak yang mungkin mengalami gangguan tidur berjalan.
  • Arahkan pengidap untuk tidur di tempat tidur. Tidak perlu membangunkan orang yang sedang tidur berjalan. Meskipun tidak berbahaya untuk dibangunkan, hal tersebut bisa mengganggu jika dia menjadi bingung dan kehilangan arah.
  • Mendapatkan waktu tidur cukup. Kelelahan dapat memicu gangguan tidur berjalan. Jika kamu kurang tidur, cobalah tidur lebih awal dan tidur lebih teratur atau dapatkan tidur siang singkat. Jika memungkinkan, hindari suara-suara saat tidur atau rangsangan lain yang dapat mengganggu tidur.
  • Buat rutinitas santai dan teratur sebelum tidur. Lakukan aktivitas yang tenang dan menenangkan sebelum tidur, seperti membaca buku, memainkan teka-teki, atau berendam di bak mandi air hangat. Latihan meditasi atau relaksasi dapat membantu juga. Buat kamar tidur senyaman mungkin agar tidur menjadi lebih tenang.
  • Hindari alkohol. Minum alkohol dapat mengganggu tidur nyenyak dan mungkin menjadi pemicu untuk tidur sambil berjalan.
  • Cari penyebab stres. Identifikasi masalah yang menyebabkan stres dan cari cara untuk menanganinya. Jika anak yang tidur sambil berjalan dan tampak cemas atau stres, bicara dengannya tentang masalah apa pun yang sedang dihadapi. Kamu juga bisa mencari bantuan profesional kesehatan ketika mengalami stres.

Baca juga: Bagaimana Pengobatan Gangguan Tidur Berjalan?

Bila kamu sedang mengalami stres dan kesulitan mengatasinya, hubungi psikolog melalui aplikasi Halodoc saja. Lewat aplikasi, kamu dapat menghubungi psikolog kapan saja dan di mana saja via Chat, dan Voice/Video Call.

Referensi:
WebMD. Diakses pada 2020. What are sleepwalking symptoms?
WebMD. Diakses pada 2020. Sleep Disorders and Treatment for Sleepwalking
MayoClinic. Diakses pada 2020. Sleepwalking