• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Adakah Cara Paling Efektif untuk Tangani PTSD?

Adakah Cara Paling Efektif untuk Tangani PTSD?

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
undefined

Halodoc, Jakarta – Posttraumatic stress disorder (PTSD) adalah sejenis gangguan kecemasan yang terjadi setelah peristiwa traumatis tersebut berlalu. Orang yang mengalami PTSD sulit menjalani kehidupan secara normal karena akan selalu terbayang dengan kejadian tersebut. 

Cara paling efektif untuk tangani PTSD adalah dengan psikoterapi khusus yang disesuaikan dengan kondisi dan pengalaman traumatis pengidapnya. Setiap orang memiliki pengalaman yang berbeda, sehingga penanganannya juga tidak sama. Informasi selengkapnya mengenai cara paling efektif untuk tangani PTSD bisa dibaca di sini!

Baca juga: Gejala yang Terlihat saat Anak Mengalami PTSD

Cara Efektif Tangani PTSD

Terapi PTSD memiliki tujuan untuk memperbaiki gejala, mengajarkan pengidapnya keterampilan untuk menghadapi peristiwa traumatis tersebut, serta mengembalikan rasa percaya diri. Terapi PTSD berfokus pada perilaku kognitif yang bertujuan untuk mengubah pola pikir yang mengganggu aktivitas harian pengidapnya. 

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, cara efektif tangani PTSD tergantung pada situasi personalnya. Gabungan beberapa terapi dapat dilakukan untuk perawatan PTSD, berikut adalah jenis-jenis terapi untuk menangani kondisi PTSD.

1. Terapi Kognitif

Pada terapi kognitif kamu akan berbicara tentang peristiwa traumatis dengan terapis dan bagaimana pikiran yang terkait dengan peristiwa tersebut memengaruhi kualitas hidupmu. Kemudian, kamu akan menulis secara terperinci tentang apa yang terjadi. 

Proses ini akan membantu kamu menelaah bagaimana kamu berpikir tentang trauma dan mencari cara untuk menerima dan menghadapinya. Bisa jadi kamu mungkin akan menyalahkan diri sendiri karena peristiwa tersebut. 

Terapis akan membantu kamu memproses hal-hal tersebut sehingga kamu dapat bergerak maju, memahami dan menerima peristiwa tersebut. 

2. Terapi Pemaparan Berkepanjangan

Terapis akan mengajarkan teknik pernapasan untuk meredakan kecemasan ketika pengalaman traumatis tersebut muncul ke pikiran. Kemudian, kamu akan diminta membuat daftar hal-hal yang telah kamu hindari dan belajar bagaimana menghadapinya satu per satu. 

Baca juga: Trauma Bencana Bisa Sebabkan PTSD jika Tidak Diatasi

Di sesi selanjutnya, kamu akan menceritakan pengalaman traumatis kepada terapis, lalu mendengarkan rekaman tersebut saat sendirian. Melakukan hal ini dapat membantu meringankan gejala traumatis. 

3. Desensitisasi dan Proses Ulang Mata

Dengan teknik terapi ini terapis akan membawa kamu pada pengalaman traumatis sekaligus pikiran positif. Dalam sesi terapi ini, kamu tidak perlu memberi tahu terapis tentang pengalaman tersebut tetapi kamu akan diberikan rangsangan berupa menggerakkan tangan, pemaparan cahaya, atau membuat suara. Tujuannya adalah untuk dapat memikirkan sesuatu yang positif saat kamu mengingat trauma tersebut.

Baca juga: Begini Cara Mendukung Pasangan yang Mengalami PTSD

4. Pelatihan Stok Inokulasi

Terapi ini bisa dilakukan sendiri atau kelompok. Fokusnya pada sesi terapi ini adalah mengubah cara kamu mengatasi stres tersebut dengan cara teknik memijat atau pernapasan. Ini dilakukan untuk merilekskan pikiran dan tubuh. 

5. Obat-obatan

Otak orang yang mengalami PTSD berbeda dengan mereka yang tidak mengalami PTSD. Sebagian karena keseimbangan bahan kimia yang disebut neurotransmitternya rusak. Mereka memiliki respons "lawan atau lari" yang mudah dipicu, yang membuat kamu terus-terusan gelisah.

Obat-obatan dapat membantu kamu berhenti memikirkan dan bereaksi terhadap apa yang terjadi, termasuk mengalami mimpi buruk dan kilas balik. Obat-obatan juga dapat membantu kamu memiliki pandangan hidup yang lebih positif dan bisa menjalani aktivitas seperti pada umumnya.

Informasi selengkapnya mengenai cara paling efektif tangani PTSD bisa ditanyakan langsung pada dokter di Halodoc. Dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.

Referensi:
WebMD. Diakses pada 2020. What Are the Treatments for PTSD?
Anxiety and Depression Association of America. Diakses pada 2020. PTSD Facts & Treatment
Good Therapy.org. Diakses pada 2020. Common Therapy Approaches to Help You Heal from Trauma