• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Adakah Makanan untuk Meredakan Penyakit Kuning?

Adakah Makanan untuk Meredakan Penyakit Kuning?

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
undefined

Halodoc, Jakarta – Penyakit kuning disebabkan oleh penumpukan zat bilirubin di dalam darah. Ada beberapa hal yang bisa menjadi pemicu kondisi ini. Salah satunya adalah gangguan pada hati atau empedu. Maka dari itu, makanan dan yang dikonsumsi nyatanya bisa memengaruhi penyakit kuning. Apakah ada jenis makanan yang bisa meredakan penyakit kuning? Jawabannya ada. 

Sebelumnya perlu diketahui, bilirubin adalah zat yang terbentuk dari penghancuran sel darah merah. Kadar bilirubin normal bisa berbeda antara satu orang dengan yang lainnya. Pada orang dewasa, kadar bilirubin normal adalah di bawah 1,2 mg/dL. Sementara pada anak anak, kadar bilirubin normal adalah di bawah 1 mg/dL. Penyakit kuning sebenarnya bukan penyakit, tapi gejala dari gangguan kesehatan tertentu. Biar lebih jelas, simak pembahasannya di artikel berikut ini! 

Baca juga: Batu Empedu Tingkatkan Risiko Sakit Kuning

Makanan untuk Meredakan Penyakit Kuning

Mengontrol makanan, yaitu dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi seimbang nyatanya bisa membantu meredakan penyakit kuning dan mencegah kondisi ini kembali muncul di kemudian hari. Bukan tanpa alasan, makanan yang sehat bisa membantu menjaga fungsi organ hati sehingga tidak memengaruhi produksi bilirubin. Artinya, hal ini juga tidak akan memicu penyakit kuning. 

Sebaliknya, mengonsumsi makanan yang tidak sehat bisa menyebabkan organ hati bekerja lebih keras dan berujung pada kehilangan fungsinya. Salah satu hal yang bisa terjadi akibat kondisi tersebut adalah tubuh tidak bisa membuang zat bilirubin, alhasil zat tersebut akan terus menumpuk dan memicu gejala perubahan warna kuning pada kulit dan bagian putih mata. 

Ada beberapa jenis makanan yang disarankan untuk dikonsumsi agar meredakan serta mencegah penyakit kuning, di antaranya: 

1.Air Putih 

Menjaga kesehatan dan fungsi organ hati menjadi salah satu cara mencegah penyakit kuning. Nah, kamu bisa melakukannya dengan minum cukup air putih. Orang dewasa disarankan untuk mengonsumsi setidaknya 8 gelas atau 2 liter air dalam satu hari. Bukan tanpa alasan, air putih nyatanya bisa membantu kinerja hati dalam menyaring zat beracun dan mengeluarkannya. 

2.Buah dan Sayur 

Selain air putih, kamu juga disarankan untuk lebih banyak mengonsumsi buah-buahan dan sayuran. Ada beberapa jenis buah yang baik untuk dikonsumsi, seperti alpukat, mangga, anggur, dan pepaya. 

Baca juga: Jangan Disepelekan, Ini 5 Gejala Penyakit Kuning

3.Mengandung Serat

Kamu juga bisa meredakan penyakit kuning dengan mengonsumsi jenis makanan yang banyak mengandung serat. Selain sayuran dan buah-buahan, ada jenis makanan lain yang juga kaya akan kandungan serat, di antaranya kacang-kacangan, gandum utuh, serta beras merah. 

4.Madu 

Mencegah penyakit kuning juga bisa dilakukan dengan bantuan enzim pencernaan alias digestive enzyme. Ada beberapa jenis makanan yang mengandung enzim ini, seperti madu, buah nanas, pepaya, dan mangga. 

Selain itu, konsumsi kopi dalam jumlah sedang juga disebut bisa membantu menjaga kesehatan organ hati. Kopi juga disebut bisa meningkatkan antioksidan di dalam tubuh. Namun, perlu diingat, sebaiknya jangan berlebihan dalam mengonsumsi kopi karena mungkin bisa memicu kondisi lain yang tidak diinginkan. 

Baca juga: Bukan Cuma Masalah Liver, Ini 10 Penyebab Sakit Kuning pada Orang Dewasa

Masih penasaran tentang penyakit kuning dan apa saja makanan yang bisa membantu meredakan gejalanya? Coba bicarakan dengan dokter di aplikasi Halodoc saja. Kamu bisa dengan mudah menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat. Dapatkan informasi seputar kesehatan dan tips hidup sehat dari dokter terpercaya. Yuk, download sekarang di App Store dan Google Play! 

Referensi 
Healthline. Diakses pada 2020. Diet for Jaundice: What Should I Add or Remove?
NHS UK. Diakses pada 2020. Jaundice.