• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Adakah Perawatan Tubuh yang Bisa Bikin Susah Hamil?

Adakah Perawatan Tubuh yang Bisa Bikin Susah Hamil?

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta - Beberapa pasangan yang baru menikah umumnya sudah membuat banyak rencana, termasuk juga kehamilan. Memang, kehamilan terkadang bukan suatu hal yang bisa dengan mudah direncanakan, karena ada yang bisa terjadi dengan cepat atau terlalu jauh dari waktu yang ditentukan. Meski begitu, ternyata ada beberapa hal yang dapat membuat wanita sulit untuk hamil, salah satunya adalah perawatan tubuh.

Beberapa perawatan tubuh mengandung kandungan kimia yang dapat mengganggu tingkat kesuburan wanita, sehingga lebih sulit untuk hamil. Beberapa senyawa kimia dapat memengaruhi fungsi hormon endokrin yang membuat kelainan pada fungsi rahim sehingga mengakibatkan wanita tidak subur. Maka dari itu, kamu harus tahu beberapa perawatan tubuh yang harus dihindari jika ingin hamil. Berikut ulasan lengkapnya!

Susah Hamil Dapat Disebabkan oleh Beberapa Produk Perawatan Tubuh

Seseorang yang sudah mencoba untuk melakukan program kehamilan dan terus gagal mungkin saja menjadi suatu momen yang menyebabkan stres secara fisik dan emosional. Tentu saja hal tersebut membuat frustrasi banyak wanita yang memang benar-benar ingin memiliki momongan. Faktanya, bukan hanya program diet sehat saja yang dapat meningkatkan kesuburan, tetapi juga menghindari beberapa produk perawatan tubuh juga penting dilakukan.

Beberapa bahan kimia yang terus digunakan setiap harinya dapat menimbulkan dampak buruk pada sistem endokrin yang mengganggu kemampuan seseorang untuk hamil. Memang benar adanya jika beberapa produk perawatan tubuh dapat memengaruhi tingkat kesuburan. Maka dari itu, kamu harus tahu jenis produk perawatan tubuh apa saja yang harus dihindari, terutama kandungan di dalamnya. Berikut ini beberapa produk tersebut:

1. Parfum

Setiap wanita yang ingin hamil harus menghindari penggunaan parfum yang mengandung phthalates. Kandungan tersebut dapat mengganggu kadar hormon sehingga memengaruhi kesuburan wanita. Pastikan untuk menghindari produk dengan kandungan phthalates dan musk sintetis (musk putih). Kamu juga harus lebih berhati-hati karena beberapa produk tidak mencantumkan kandungan tersebut pada label.

Kandungan phthalate ini digunakan untuk membuat wangi yang dihasilkan bertahan lama. Bukan hanya pada wanita, pria yang menggunakan parfum dengan kandungan ini juga dapat mengalami penurunan jumlah sperma. Maka dari itu, jika ingin menggunakan parfum, cobalah untuk memilih yang menggunakan sumber alami atau organik. Selain itu, kamu juga dapat mencari tahu beberapa perusahaan parfum yang tidak menggunakan bahan sintetis.

2. Krim Anti Penuaan

Ternyata, krim anti penuaan mengandung retinoid dapat membuat wanita susah untuk hamil lho. Kandungan tersebut memang dapat membuat wajah tetap muda dan mengurangi kerutan, tetapi ada dampak buruk dari penggunaannya. Kandungan ini menyulitkan wanita untuk hamil bahkan mengganggu kandungan tahap awal jika ibu hamil masih menggunakannya. Maka dari itu, ada baiknya untuk menghindari produk tersebut saat memiliki rencana untuk hamil atau sedang mengandung.

3. Cat Kuku

Tidak sedikit wanita yang ingin mengecat kukunya agar terlihat lebih indah. Namun, beberapa produk cat kuku menggunakan kandungan aseton yang dalam jangka panjang dapat memengaruhi kesuburan sehingga sulit untuk hamil. Maka dari itu, pastikan cat kuku yang digunakan bebas zat kimia tersebut atau gunakan penghapus cat kuku yang dapat membersihkan aseton dengan baik.

Nah, itulah beberapa perawatan tubuh yang dapat membuat wanita menjadi susah untuk hamil. Karena itu, jika kamu ada rencana untuk memiliki anak, ada baiknya untuk menghindari semua produk tersebut. Dengan begitu, diharapkan segala rencana yang ada dapat terpenuhi.

Kamu juga dapat bertanya pada dokter dari Halodoc terkait beberapa produk perawatan tubuh yang dapat membuat susah hamil. Caranya mudah sekali, cukup dengan download aplikasi Halodoc dan dapatkan kemudahan terkait akses kesehatan tanpa batas hanya dengan menggunakan smartphone. Unduh aplikasinya sekarang juga di App Store atau Google Play!

Referensi:
Parents. Diakses pada 2020. 7 Household Products to Avoid When You're Trying to Get Pregnant.
Women’s Voice for The Earth. Diakses pada 2020. Are Your Personal Care Products Affecting Your Fertility?