Adakah Perbedaan Gangguan Jiwa dan Gangguan Mental?

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   05 Oktober 2022

“Nyatanya tidak ada perbedaan gangguan jiwa dan gangguan mental karena keduanya adalah kondisi yang serupa. Keduanya membutuhkan penanganan yang tepat agar seseorang bisa hidup dengan sejahtera.”

Adakah Perbedaan Gangguan Jiwa dan Gangguan Mental?Adakah Perbedaan Gangguan Jiwa dan Gangguan Mental?

Halodoc, Jakarta – Menjaga kesehatan mental sama pentingnya dengan menjaga kesehatan fisik. Pasalnya, saat seseorang mengalami gangguan kesehatan mental, maka ini meningkatkan risiko berbagai gangguan baik secara fisik maupun hubungan dengan sosial. 

Selain itu, banyak masyarakat yang mengatakan gangguan kesehatan mental sebagai gangguan jiwa. Lalu, adakah perbedaan gangguan jiwa dan gangguan mental? Nah, tidak ada salahnya untuk menyimak ulasan mengenai kondisi gangguan kesehatan mental berikut ini! 

Apakah Ada Perbedaan Gangguan Jiwa dan Gangguan Mental?

Kesehatan mental adalah kondisi yang menggambarkan bagaimana perasaan seseorang dapat berpikir, merasakan sesuatu, hingga bertindak. Kesehatan mental sangat penting untuk dijaga dengan baik karena dapat memengaruhi seseorang berinteraksi dengan sosial, mengambil keputusan, hingga menangani masalah tertentu.

Sedangkan, berbagai gangguan kesehatan yang dapat memengaruhi pola pikir, emosi, serta perilaku seseorang dikenal sebagai gangguan kesehatan mental. Selain itu, banyak orang yang mengaitkan gangguan kesehatan mental dengan gangguan jiwa. 

Lalu, apakah keduanya berbeda? Jawabannya adalah tidak ada perbedaan gangguan jiwa dan gangguan mental. Gangguan jiwa dapat terjadi ketika gangguan mental yang dialami tidak diatasi dengan baik sehingga kondisi kesehatan mental semakin memburuk.

Gangguan mental atau gangguan jiwa dapat disebabkan oleh beberapa pemicu, seperti:

  • Adanya riwayat keluarga dengan kondisi kesehatan yang serupa.
  • Paparan zat kimia selama dalam kandungan.
  • Gangguan kesehatan pada otak.

Selain itu, gangguan ini juga dapat terjadi akibat beberapa faktor pemicu, seperti:

  • Pengalaman traumatis, seperti mengalami bencana alam, kekerasan, atau perundungan.
  • Penggunaan alkohol atau obat-obatan terlarang.
  • Tidak memiliki hubungan baik dengan sosial.
  • Kemiskinan.

Jenis Gangguan Kesehatan Mental

Sebaiknya jangan abaikan untuk menjaga kesehatan mental. Gangguan ini dapat dialami oleh siapa saja, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Nah, berikut ini beberaoa jenis gangguan kesehatan mental yang perlu diketahui, seperti:

  • Depresi dan stres.
  • Gangguan cemas.
  • Gangguan tidur.
  • Gangguan makan.
  • Bipolar.
  • Delusi.
  • Kepribadian ganda.
  • Kleptomania.
  • Skizofrenia.
  • Gangguan panik.
  • Gangguan obsesif kompulsif.

Cara Menghindari Gangguan Kesehatan Mental

Sebaiknya jangan abaikan kondisi kesehatan mental. Menjaga kesehatan mental sama pentingnya dengan menjaga kesehatan fisik. Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan agar kesehatan mental tetap terjaga dengan baik, yaitu:

  1. Penuhi Kebutuhan Istirahat

Tidur dan kesehatan mental saling terkait. Kurang tidur dapat meningkatkan risiko gangguan kesehatan mental. Untuk itu, sangat penting memenuhi kebutuhan tidur setiap harinya.

  1. Olahraga Secara Teratur

Selain dapat menjaga kesehatan fisik, olahraga juga bisa membantu kesehatan mental tetap terjaga dengan baik. Hal ini disebabkan saat kamu berolahraga, tubuh akan memproduksi hormon endorfin dan serotonin yang bisa membantu meningkatkan suasana hati.

Rutin berolahraga mampu membantu kamu mengontrol stres dan mencegah depresi.

  1. Penuhi Kebutuhan Nutrisi

Jangan lupa untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dengan mengonsumsi berbagai makanan sehat. Kekurangan nutrisi membuat kamu berisiko mengalami kondisi stres dan gangguan cemas.

Untuk menjaga kesehatan mental, kamu perlu mengonsumsi berbagai buah dan sayuran. Pastikan juga kamu memenuhi kebutuhan omega 3 untuk menjaga kesehatan mental tetap optimal.

  1. Lakukan Hobi

Jangan lupa untuk menyediakan waktu untuk melakukan hobi atau kegiatan yang menjadi kesukaan kamu. Hal ini dapat membantu kamu menjadi lebih rileks dan tenang sehingga kamu dapat mengelola tingkat stres dengan baik.

Itulah berbagai cara yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan mental. Segera tanyakan langsung pada dokter ketika kamu mengalami berbagai gejala gangguan kesehatan mental. Caranya download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play sekarang juga!

Referensi:
Health Hub. Diakses pada 2022. What Is the Difference Between Mental Health and Mental Illness?
Healthy Place. Diakses pada 2022. Difference between Mental Illness and Mental Disorder.
Mayo Clinic. Diakses pada 2022. Mental Illness.
Mind. Diakses pada 2022. Mental Health Problems – an Introduction.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan