Agar Langgeng, Ini 4 Manfaat Deep Talk sebelum Tidur

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   14 Oktober 2022

“Ada banyak manfaat deep talk sebelum tidur bersama pasangan. Salah satunya adalah meningkatkan kedekatan dan rasa cinta.”

Agar Langgeng, Ini 4 Manfaat Deep Talk sebelum TidurAgar Langgeng, Ini 4 Manfaat Deep Talk sebelum Tidur

Halodoc, Jakarta – Deep talk bersama pasangan sebelum tidur adalah hal yang sebaiknya tidak kamu lewatkan. Ini bisa jadi cara untuk lebih mengenal satu sama lain, dan membuat hubungan jadi lebih dekat dan kuat dibanding sebelumnya. 

Simak berbagai informasi seputar deep talk berikut ini!

Manfaat Deep Talk sebelum Tidur

Sebelum tidur, sempatkanlah melakukan deep talk dengan pasangan, meski singkat. Topik obrolan bisa apa saja, terutama tentang hal-hal yang ingin kamu ketahui dari pasangan. 

Namun, penting untuk tidak mengintimidasi dan menjaga obrolan mengalir dengan santai. Berikut ini beberapa manfaat yang bisa didapatkan:

1. Lebih Mengenal dan Saling Berbagi Pikiran

Melakukan percakapan yang mendalam adalah cara yang baik bagi pasangan untuk saling mengenal kebutuhan, kesukaan, dan ketidaksukaan. Semua hubungan memiliki pasang surut, tetapi pertukaran kata yang tepat dapat membuat perjalanan lebih lancar. Ini adalah cara yang bagus untuk berbagi pikiran dan mengekspresikan perasaan dan emosi.

2. Meningkatkan Rasa Cinta Satu Sama Lain

Jika kehidupan seks dan rumah tangga dirasa sedang renggang, deep talk sebelum tidur mungkin bisa membantu. Ini dapat membuat pasangan merasa lebih dekat, yang meningkatkan cinta satu sama lain.

3. Merasa Semakin Dekat dan Lebih Terhubung

Karena umumnya deep talk sebelum tidur dilakukan saat berbaring, santai, dan berpelukan, ini dapat meningkatkan oksitosin atau hormon cinta. Hormon ini secara alami membantu dua orang merasa dekat dan terhubung dan membantu menumbuhkan perasaan jatuh cinta.

4. Menstabilkan Hubungan

Pada akhirnya, deep talk dapat membantu menstabilkan suatu hubungan. Hubungan emosional kamu dan pasangan pada akhirnya yang membuat kalian bisa tetap bersama dan merasa saling mencintai.

Cara Lain untuk Lebih Dekat Dengan Pasangan

Meskipun deep talk sebelum tidur dapat memberi manfaat luar biasa untuk suatu hubungan, ada beberapa cara lain yang juga bisa kamu coba, yaitu:

  • Luangkan lebih banyak waktu untuk saling menyentuh. Upaya sadar untuk menyentuh pasangan dapat meningkatkan rasa aman secara emosional dan juga rasa terhubung satu sama lain.
  • Jauhkan perangkat elektronik di tempat tidur. Meski memudahkan aktivitas sehari-hari, smartphone dan gadget lainnya tidak akan membantu kehidupan cinta kamu. Jadi, habiskanlah waktu menjelang tidur untuk fokus pada pasangan dan jauhkan gadget apapun.
  • Saling pijat. Setelah lelah seharian, saling pijat sambil bersenda gurau dengan pasangan bisa jadi cara yang bagus untuk membangun kedekatan.
  • Berpegangan tangan. Selain deep talk, sesuatu yang sederhana seperti berpegangan tangan dapat membuat perbedaan besar dalam perasaan kamu dan pasangan.
  • Tingkatkan komunikasi dalam seks. Menghabiskan waktu berbicara tentang apa yang kamu sukai atau ingin coba secara seksual dapat membantu kamu merasa lebih dekat sebagai pasangan. 
  • Berbagi perasaan. Menciptakan ruang yang aman bagi kamu dan pasangan untuk mengekspresikan emosi adalah ekspresi tertinggi dari keintiman emosional.

Itulah beberapa manfaat deep talk sebelum tidur dan tips lainnya yang bisa dicoba agar lebih dekat dengan pasangan. Meski deep talk tampaknya bisa memusingkan, ingatlah untuk tetap menjaga obrolan mengalir dengan santai. 

Jika kamu tidak mendapatkan respons yang kamu harapkan, jangan menjadi frustrasi atau berselisih dengan pasangan karena mereka tidak harus berpikir seperti kamu. Sebaliknya, ikuti arus dan lanjutkan percakapan.

Bila kamu merasa butuh bantuan ahlinya, mengenai hubungan dengan pasangan, download Halodoc saja untuk membuat janji medis dengan psikolog.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. How to Up Your Relationship Intimacy with Pillow Talk.
Oprah Daily. Diakses pada 2022. How to Benefit from Pillow Talk.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan