• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Alasan Asam Folat Penting Dikonsumsi di Awal Kehamilan

Alasan Asam Folat Penting Dikonsumsi di Awal Kehamilan

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
undefined

Halodoc, Jakarta – Selama masa kehamilan, ibu perlu mendapatkan asupan nutrisi yang baik yang bermanfaat untuk mendukung pertumbuhan bayi di dalam kandungan. Itulah mengapa ibu hamil dianjurkan untuk mengonsumsi berbagai macam makanan sehat, mulai dari buah-buahan, sayuran, biji-bijian dan protein tanpa lemak setiap hari.

Namun, selain makanan sehat, mengonsumsi vitamin prenatal setiap hari juga tidak kalah penting. Salah satu vitamin yang penting untuk dikonsumsi di awal kehamilan adalah asam folat. Berikut ulasannya.

Baca juga: Inilah 4 Vitamin Penting yang Dibutuhkan Ibu Hamil

Apa Itu Asam Folat dan Fungsinya?

Asam folat adalah bentuk sintetis dari folat, vitamin B (khususnya vitamin B9) yang terdapat pada buah-buahan, sayuran, dan kacang-kacangan tertentu. Asam folat bisa ditemukan dalam vitamin dan makanan yang diperkaya, seperti roti, pasta dan sereal.

Nutrisi ini berperan penting dalam produksi sel darah merah dan membantu tabung saraf bayi berkembang menjadi otak dan sumsum tulang belakang. Selain dari sumber makanan alami, asam folat juga dapat ditemukan dalam bentuk suplemen. 

Alasan Mengonsumsi Asam Folat Penting di Awal Kehamilan

Dalam beberapa minggu pertama kehamilan, asam folat membantu tabung saraf embrionik, pendahulu otak dan sumsum tulang belakang bayi, untuk menutup dengan benar. Nutrisi ini juga membantu dalam pembentukan jantung bayi dan sistem peredaran darah, serta mengurangi risiko bayi mengalami cacat lahir tertentu. 

Sebagian besar cacat lahir berkembang dalam beberapa minggu pertama kehamilan. Itulah mengapa sangat penting bagi ibu hamil untuk mendapatkan asam folat yang cukup di awal kehamilan. 

Asam folat larut dalam air, sehingga tubuh ibu tidak bisa menyimpannya terlalu banyak. Alih-alih, vitamin itu akan dibuang melalui urine. Ibu perlu teratur mengonsumsi asam folat yang cukup untuk mencegah kekurangan nutrisi tersebut saat hamil.

Berapa Banyak Asam Folat yang Dibutuhkan Selama Kehamilan?

Pada awal kehamilan, yaitu selama trimester pertama (1-3 bulan kehamilan), ibu dianjurkan untuk mengonsumsi 400 mikrogram (mkg) asam folat setiap hari. Namun, Centers for Disease Control and Prevention (CDC) merekomendasikan agar ibu mulai mengonsumsi 400 mkg asam folat setiap hari setidaknya satu bulan sebelum hamil dan selama kehamilan. 

CDC juga merekomendasikan agar semua wanita usia subur untuk mengonsumsi asam folat sebanyak 400 mkg setiap hari.

Baca juga: Seberapa Penting Asam Folat saat Menjalani Program Hamil?

Ibu hamil dianjurkan untuk mendapatkan asupan asam folat secara alami melalui makanan bergizi, karena selain asam folat, makanan bergizi biasanya juga mengandung banyak nutrisi penting lainnya untuk bayi, seperti serat, kalsium, vitamin A , dan vitamin C.

Sementara asam folat yang terdapat dalam vitamin prenatal hanya sebagai tambahan nutrisi saja selama kehamilan. Hal itu berguna terutama pada masa ketika ibu merasa terlalu mual untuk makan. Bagaimana pun juga, vitamin dan suplemen dinilai tidak bisa menggantikan pola makan sehat. 

Berikut beberapa sumber makanan folat terbaik yang bisa ibu masukkan ke dalam menu makanan ibu hamil sehari-hari:

  • Sayuran berdaun hijau tua, terdapat 263 mkg folat dalam 1 cangkir bayam matang.
  • Alpukat. Terkandung 120 mkg folat dalam 1 cangkir alpukat iris.
  • Brokoli. Dalam 1 cangkir brokoli matang yang dicincang, terdapat 168 mkg folat.
  • Asparagus. 1 cangkir asparagus bisa memberikan 268 mkg asupan folat.
  • Bit. Terdapat 136 mkg folat dalam 1 cangkir.
  • Jeruk. Terdapat 35 mkg folat dalam ¾ cangkir jeruk.

Ibu hamil juga bisa mendapatkan asam folat dengan mengonsumsi makanan yang diperkaya, seperti sereal, gandum, roti, pasta, dan nasi.

Baca juga: 6 Makanan Wajib Bumil di Trimester Pertama

Itulah penjelasan mengenai pentingnya mengonsumsi asam folat di awal kehamilan. Bila ibu hamil mengalami masalah kesehatan tertentu, segera periksakan diri ke dokter kandungan. Ibu bisa langsung berobat tanpa antre di rumah sakit pilihan ibu dengan buat janji melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasinya sekarang juga.

Referensi:
What to Expect. Diakses pada 2021. Folic Acid During Pregnancy.
Centers for Disease Control and Prevention. Diakses pada 2021. Folic Acid.
WebMD. Diakses pada 2021. Folic Acid and Pregnancy.