• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Alasan Buah Melon Baik untuk Menu MPASI Bayi

Alasan Buah Melon Baik untuk Menu MPASI Bayi

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
undefined

Halodoc, Jakarta – MPASI adalah makanan selain ASI atau susu formula bayi yang diberikan kepada bayi sebagai nutrisi. Memperkenalkan MPASI terlalu dini bisa jadi berbahaya karena anak kemungkinan tersedak ataupun alergi, sedangkan memperkenalkannya terlambat juga bisa mengakibatkan bayi mengalami defisiensi nutrisi. 

Menu MPASI pertama yang penting untuk diperkenalkan kepada anak sebaiknya mengandung zat besi kemudian buah-buahan. Melon adalah salah satu buah yang direkomendasikan sebagai menu MPASI untuk bayi. Baca selengkapnya mengenai manfaat melon di sini!

Manfaat Lemon sebagai Menu MPASI

Secara keseluruhan buah-buahan memiliki manfaat ganda untuk anak-anak dalam masa tumbuh kembangnya. Jika diperkenalkan pada waktu yang tepat, dan disajikan dengan makanan bergizi lainnya, buah-buahan dapat membantu anak untuk tumbuh dengan sehat.

Baca juga: Cara Mengolah MPASI yang Aman dan Sehat

Melon adalah salah satu jenis buah yang direkomendasikan untuk diberikan sebagai menu MPASI. Berikut ini adalah penjelasan manfaat melon untuk Si Kecil!

1. Melon sebagai Sumber Hidrasi 

Melon terdiri dari 90 persen air dengan rasanya yang menyegarkan. Melon baik untuk diberikan sebagai menu MPASI untuk menjaga anak agar tetap terhidrasi dengan baik. 

2. Mengandung Beta-Karoten

Beta-karoten adalah nutrisi penting yang memberikan manfaat menurunkan peradangan dan risiko lebih rendah terkena kanker, penyakit jantung, dan katarak pada mata. 

Baca juga: 6 Makanan Sehat bagi Anak yang Mulai MPASI

3. Penuh dengan Nutrisi

Melon adalah sumber vitamin A, C, dan kalium yang sangat baik untuk masa tumbuh kembang anak. Vitamin A Penting untuk penglihatan yang baik, berperan penting dalam pertumbuhan tulang yang sehat, pembelahan sel dan pertumbuhan sel, kesehatan kulit, serta mendukung sistem kekebalan dengan meningkatkan tindakan melawan infeksi dari sel darah putih yang disebut limfosit.

Selain tingkat vitamin A yang sangat baik, melon memiliki dosis vitamin C yang sehat dan tingkat vitamin B6 yang baik, yang membantu sistem kekebalan tubuh menghasilkan antibodi untuk melawan penyakit.

Vitamin C juga dikenal sebagai Ascorbic Acid, sehingga bisa menangkal pilek, meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu penyerapan zat besi.

Baca juga: 4 Bahan Alami Pengganti Gula untuk MPASI

4. Cegah sembelit

Melon juga dapat menjaga saluran pencernaan yang sehat dan mencegah sembelit.

5. Rasa yang Manis dan Rendah Gula

Rasa melon yang enak sekaligus rendah gula bisa menjadi salah satu menu favorit buat Si Kecil. Melon juga mengandung potasium yang membantu mengirimkan oksigen ke otak dan memperlambat detak jantung, sehingga memiliki efek menenangkan. 

Jika ibu butuh rekomendasi bagaimana mengolah melon untuk menu MPASI, bisa ditanyakan langsung ke Halodoc. Dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik. Caranya cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor ibu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.

Pada dasarnya sangat penting untuk memberikan bayi berbagai macam makanan dengan rasa dan tekstur yang berbeda. Namun, tidak semua baik untuk disajikan sebagai menu MPASI. Beberapa makanan tidak diperlukan dan sebaiknya dihindari pada usia ini untuk mengurangi risiko tersedak atau penyakit:

1. Makanan kecil dan keras dapat menyebabkan tersedak. Hindari makanan seperti kacang-kacangan utuh, biji-bijian, keripik jagung, permen keras, wortel mentah, dan potongan apel.

2. Tidak perlu menambahkan gula atau garam ke makanan. Ini dapat menyebabkan kerusakan gigi dan dapat membuat pekerjaan ekstra untuk ginjal bayi.

3. Susu sapi sebaiknya tidak diberikan sebagai minuman sampai usia 12 bulan. 

4. Madu tidak diperlukan dan dapat menyebabkan penyakit pada bayi di bawah usia 12 bulan. 

5. Soft drink, jus buah, teh dan kopi bukanlah minuman yang cocok untuk bayi. Air susu ibu (atau susu formula) dan air adalah satu-satunya cairan yang dibutuhkan bayi.

Referensi:
Kiddle. Diakses pada 2020. Melon facts for kids.
FRANKIxo. Diakses pada 2020. Feed The Kids Melons! 5 Surprising Health Benefits.
Queensland Government. Diakses pada 2020. Introducing complementary foods: Feeding from around 6 months.
Infant Nutrition and Feeding. Diakses pada 2020. Complementary Foods.
UPMC Health Beat. Diakses pada 2020. Melons: A Healthy Poolside Snack