• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Alasan Kenapa Cuaca Picu Kekambuhan Gejala Psoriasis
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Alasan Kenapa Cuaca Picu Kekambuhan Gejala Psoriasis

Alasan Kenapa Cuaca Picu Kekambuhan Gejala Psoriasis

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 31 Oktober 2022

“Psoriasis menyebabkan kulit bersisik, mudah mengelupas dan terasa gatal serta perih saat disentuh. Pemicunya adalah paparan cuaca ekstrem.”

Alasan Kenapa Cuaca Picu Kekambuhan Gejala PsoriasisAlasan Kenapa Cuaca Picu Kekambuhan Gejala Psoriasis

Halodoc, Jakarta – Psoriasis terjadi ketika kulit mengalami peradangan. Ini menyebabkan penebalan lapisan kulit, kulit bersisik dan mudah mengelupas, serta terasa gatal dan perih.

Masalah ini biasanya terjadi pada kulit di area siku, lutut, kulit kepala dan punggung bagian bawah. Salah satu penyebabnya adalah paparan cuaca dingin yang ekstrem dalam jangka panjang.

Tak hanya soal cuaca, psoriasis juga bisa terjadi akibat infeksi virus dan bakteri. Intensitas gejalanya bisa diatasi dengan menggunakan sabun yang tepat. Proses ini efektif menghilangkan patogen penyebab penyakit.

Cuaca Dingin Picu Gejala Psoriasis

Gejala psoriasis berbeda-beda, tergantung pada jenis dan area yang terkena. Psoriasis vulgaris, misalnya. Penyakit ini terjadi di lutut, kulit kepala dan siku. Gejalanya adalah sisik berwarna putih dan gatal serta kulit pecah-pecah bahkan berdarah.

Di area kulit kepala, psoriasis bisa menyebar sampai dahi, bagian belakang leher hingga belakang telinga. Gejalanya ditandai dengan ketombe, rambut rontok, kulit kepala kering dan kemerahan.

Jenis selanjutnya yaitu psoriasis kuku. Ini bisa menyerang kuku tangan dan kaki. Gejalanya berupa penebalan kuku, perubahan warna jadi kuning atau coklat dan kuku mudah rapuh serta berlubang.

Gejala yang disebutkan tadi bisa muncul sewaktu-waktu akibat paparan cuaca dingin yang ekstrem. Gejala bisa ditambah dengan bintik merah dan bersisik di bagian kulit kepala, lengan, kaki dan dada.

Kondisi tersebut disebabkan karena penurunan kelembapan dan suhu pada kulit.  Akibatnya, kulit jadi lebih kering dan muncul kekambuhan gejala. Bisa saja terjadi perburukan gejala pada orang yang memiliki riwayat psoriasis.

Penyebab Lain dan Tips Mengatasi

Tak hanya paparan cuaca dingin yang ekstrem, psoriasis bisa dipicu oleh infeksi jamur atau bakteri. Penyebab kekambuhan gejala berikutnya adalah trauma atau luka pada kulit, terutama di sekitar area yang terkena.

Dalam istilah medis, kondisi tersebut dikenal dengan fenomena Koebner. Jenis trauma atau luka bisa berupa memar, luka bakar, luka gores atau luka akibat prosedur pembuatan tato.

Guna mengatasi gejala psoriasis yang disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri, gunakan Lifebuoy Anti Bacterial Body Wash Total 10. Sabun ini bekerja sama dengan imunitas kulit untuk melawan patogen penyebab penyakit.

Sabun mengandung Activ Silver+ formula yang efektif melawan 99.9% kuman berbahaya. Lifebuoy Anti Bacterial Body Wash Total 10 memberikan perlindungan 10 kali lebih kuat untuk melawan kuman penyebab penyakit. 

Ketika badan bersih bebas kuman, kamu dan keluarga bebas beraktivitas sepanjang hari tanpa khawatir dengan serangan kuman penyebab penyakit. Dengan busa yang lembut dan kaya manfaat, sabun bisa menyerap hingga ke pori-pori.

Manfaatnya tak sampai di situ saja, Lifebuoy Anti Bacterial Body Wash Total 10 juga efektif membersihkan secara mendalam. Ini adalah sabun antibakteri dengan penjualan nomor 1 di dunia.

Pastikan menemukan QR code pada bagian belakang kemasan Lifebuoy, pilih dokter, dan masukan kode promo LIFEBUOYHALODOC di halaman pembayaran untuk menikmati potongan harga yang diberikan. 

Dapatkan juga discount voucher up to 50k untuk fitur tanya dokter. Download Halodoc sekarang juga dan dapatkan promo menarik lainnya!

Referensi:
Lifebuoy. Diakses pada 2022. Sabun Cair Pouch Anti Bakteri Total 10.
Mayo Clinic. Diakses pada 2022. Psoriasis.
Cleveland Clinic. Diakses pada 2022. Psoriasis.