• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Alasan Orangtua Harus Mendampingi Anak saat Menonton Film

Alasan Orangtua Harus Mendampingi Anak saat Menonton Film

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
undefined

Halodoc, Jakarta – Sebagai orangtua, ibu mungkin pernah merasa bersalah atau cemas saat membiarkan anak sering menonton film. Ibu khawatir menonton film dapat memberi dampak buruk bagi anak nantinya. Namun, sudah ada semakin banyak bukti yang menunjukkan bahwa menonton film memberikan manfaat bagi anak-anak, bila didampingi oleh orangtua. 

Selain menjadi hiburan yang menyenangkan, film bermanfaat untuk membantu anak-anak mempelajari kata-kata dan bahasa yang baru, serta nilai-nilai kehidupan. Apalagi kebanyakan film anak memiliki pelajaran moral untuk diajarkan kepada Si Kecil. Dengan menonton film, orangtua juga dapat melatih dan mengembangkan keterampilan berpikir kritis anak. Film juga merangsang imajinasi anak dan membuat mereka menjadi lebih kreatif. 

Meski begitu, film kadang-kadang juga tidak luput dari hal negatif yang bisa memberikan dampak buruk bila ditonton anak. Itulah mengapa mendampingi anak menonton film menjadi sangat penting. Berikut ini alasannya.

1.Mencegah Anak Menonton Sesuatu yang Tidak Sesuai

Sebelum mengajak anak menonton sebuah film, orangtua dianjurkan untuk memastikan terlebih dahulu bahwa film tersebut cocok dan aman untuk ditonton oleh anak-anak. Untuk itu, orangtua dapat memeriksa rating dan ulasan film yang akan ditonton melalui sejumlah situs di internet. Ibu juga bisa bertanya pada orangtua lain yang sudah menonton film tersebut. Bahkan bila perlu, ibu dapat menonton terlebih dahulu film tersebut sebelum membiarkan anak menontonnya.

Namun, meski sudah berhati-hati dalam memilih film untuk anak, beberapa film (bahkan film kartun sekalipun) kadang-kadang dapat memuat unsur-unsur yang tidak sesuai ditonton oleh anak-anak, seperti adegan ciuman, kekerasan, merokok, dan lain-lain. Inilah alasan orangtua harus mendampingi anak saat menonton film, agar ibu bisa mencegah Si Kecil melihat adegan yang tidak sesuai untuknya.

Baca juga: Cara Bijak Temani Anak Tonton Televisi

2.Membimbing dan Memberi Penjelasan Pada Anak

Anak-anak, terutama yang masih kecil, masih belum bisa membedakan mana yang boleh dan tidak boleh ditiru, mana yang baik dan tidak baik, serta mana adegan yang hanya pura-pura belaka dalam film dengan kenyataan. Sehingga sangat mungkin bila anak-anak menyerap atau meniru adegan atau ucapan apa pun yang ditontonnya. Dengan mendampingi anak saat menonton film, orangtua dapat membimbing dan memberi penjelasan padanya, sehingga anak terhindar dari dampak buruk film.

3.Mengajarkan Pelajaran Moral Pada Anak

Menurut Shelley Pasnik, direktur Center for Children & Technology, interaksi berperan dalam pembelajaran pada anak kecil. Shelley adalah ketua dari tim yang mempelajari bagaimana penggunaan teknologi yang bijaksana dapat meningkatkan pembelajaran.

Jadi, interaksi yang terjadi saat menonton film, seperti anak bertanya dan orangtua menanggapi, dapat membantu anak untuk mempelajari sesuatu dari film tersebut. Karena itu, orangtua dapat menggunakan film untuk mengajarkan anak nilai-nilai kemanusiaan dan pelajaran moral.

Baca juga: Mengenal Dampak Pola Asuh Orangtua ke Anak Lewat Film Shazam!

4.Mendekatkan Relasi dengan Anak

Mendampingi anak menonton film juga dapat menjadi kesempatan bagi orangtua untuk mendekatkan hubungan dengan anak. Ayah, ibu dan Si Kecil dapat menikmati film bersama-sama sambil mencamil popcorn, lalu mendiskusikan setiap adegan yang berkesan setelahnya. Bagaimanapun juga menonton film bersama lebih menyenangkan, bukan? 

Baca juga: Inilah Jenis Aktivitas yang Baik Dilakukan Bareng Anak

Nah, itulah alasan pentingnya mendampingi anak saat menonton film. Ibu juga bisa menggunakan aplikasi Halodoc untuk berdiskusi seputar pola asuh anak dengan ahlinya. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Child Mind Institute. Diakses pada 2020. The Benefits of Watching TV With Young Children.
You Are Mom. Diakses pada 2020. Benefits of Movies for Kids: Recommended Films.
American Academy of Child & Adolescent Psychiatry. Diakses pada 2020. Movies, Media, and Children.