Alasan Pentingnya Memberikan Pendidikan Seks untuk Anak

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   07 Desember 2021

“Pengetahuan seks sangat penting untuk diberitahukan kepada anak sejak dini. Ada beberapa alasan mengapa pendidikan seks penting untuk anak laki-laki, yaitu untuk memenuhi rasa ingin tahu anak, mencegah anak melakukan aktivitas seksual yang tidak benar, agar anak tidak terkejut saat memasuki usia pubertas, menyadarkan anak tentang menjaga organ reproduksi, dan mencegah kehamilan usia dini.”

Alasan Pentingnya Memberikan Pendidikan Seks untuk AnakAlasan Pentingnya Memberikan Pendidikan Seks untuk Anak

Belakangan ini kasus pelecehan ataupun kekerasan seksual semakin meningkat di pemberitaan media massa. Jumlah kasus yang terjadi pun sekarang ibarat fenomena gunung es. Kebanyakan para korban lebih memilih untuk diam. Kasus pelecehan ataupun kekerasan seksual tidak hanya terjadi pada orang dewasa, tetapi juga banyak terhadap anak-anak.

Di Indonesia, pengetahuan seks masih dianggap sebagai satu hal yang tabu untuk diberikan kepada anak-anak dan remaja. Orangtua dan orang dewasa merasa risih saat anak-anak dan remaja menanyakan hal-hal yang berkaitan dengan seks, sehingga memilih untuk mengalihkan pembicaraan.

Pengetahuan seks penting diajarkan sejak dini pada anak. Baik anak laki-laki maupun perempuan harus mendapatkan itu, terutama dimulai dari keluarga lebih dulu.

Hal ini diperlukan agar mereka mengetahui bagaimana perilaku seksual yang sehat serta mencegah terjadinya pelecehan seksual. Jangan sampai anak terlanjur mendapatkan informasi yang kurang tepat seputar seks dari sumber yang tidak dapat dipercaya, misalnya teman sebaya atau internet.

Anak juga perlu tahu bahwa sebagai orangtua, kamu bisa diajak berdiskusi seputar topik tersebut. Ketika anak sudah diberikan edukasi seks atau pendidikan seksual sejak dini, di masa remaja ia pun tidak merasa canggung dan lebih bertanggung jawab terhadap dirinya sendiri.

Saat berusia 3 atau 4 tahun, anak akan mulai memperhatikan dunia di sekitarnya dan  mulai belajar untuk mengenali tubuhnya sendiri dan membandingkan diri dengan teman-temannya. Anak mungkin akan mulai menyadari bahwa perempuan dan laki-laki itu berbeda. Saat anak mulai mengeksplorasi lingkungannya, ini merupakan kesempatan bagi orangtua untuk memberikan pemahaman dasar mengenai seksualitas.

Ada beberapa alasan pentingnya memberikan pendidikan seks terutama untuk anak laki-laki:

  1. Memenuhi rasa ingin tahu anak 

Setiap anak memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, apalagi saat memasuki usia remaja. Peran pengetahuan seks sangat penting untuk menghilangkan rasa penasaran anak. Pengetahuan seks juga dapat menjadi bekal bagi anak untuk menyaring berbagai informasi seks yang simpang-siur di luar sana.

  1. Mencegah anak melakukan aktivitas seksual yang tidak benar

Sekarang ini banyak anak remaja yang melakukan aktivitas seksual sebelum menikah. Kebanyakan dari mereka melakukan hal ini hanya untuk coba-coba atau terpengaruh terhadap lingkungan yang tidak sehat. Bila telah mendapatkan pengetahuan seks sejak dini, diharapkan anak dapat menghindari aktivitas seksual sebelum menikah.

  1. Agar anak tidak terkejut saat memasuki usia pubertas

Banyak perubahan yang terjadi pada fisik anak saat memasuki usia pubertas. Hal ini terkadang membuat anak terkejut. Pada anak perempuan mengalami menstruasi pertama kali, atau anak laki-laki kali pertama kali mimpi basah. Agar anak dapat menerima perubahan ini dengan mudah, orang tua perlu memberikan pengetahuan tentang seks sejak dini.

  1. Menyadarkan anak tentang menjaga organ reproduksi

Anak juga perlu tahu tentang betapa penting menjaga organ kelamin agar ia tidak disentuh oleh orang lain. Anak juga perlu tahu perihal menjaga kebersihan dan kesehatan organ reproduksi. Semakin usia anak bertambah, semakin dia perlu membersihkan organ intimnya sendiri. 

  1. Mencegah kehamilan usia dini

Angka kehamilan usia dini semakin meningkat. Hal ini disebabkan oleh pergaulan bebas pada remaja. Terkadang, para remaja melakukan hubungan intim sebelum menikah tanpa mengerti konsekuensi dari perbuatan tersebut, seperti kehamilan 

Itulah beberapa alasan mengapa anak perlu mendapatkan pengetahuan seks sejak dini. Sebagai orangtua, kamu dapat memberikan pendidikan seks secara bertahap dengan cara yang tepat. 

Jika butuh bantuan ahli untuk mengatasi anak yang sakit, kamu bisa menghubungi ahli dokter melalui aplikasi Halodoc. Hubungi dokter spesialis anak melalui Video/Voice Call atau Chat dan sampaikan keluhan yang dialami. Ayo, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play! 

Referensi:
Darmawan, M. Ikatan Dokter Anak Indonesia (2014). Mengajari Kewaspadaan Kekerasan Seksual Pada Anak.
About Kids Health Canada. Diakses pada 2021. Sex Education for Children: Why Parents Should Talk to Their Kids About Sex.
Lindberg, S. Verywell Family. Diakses pada 2021. How to Talk to Your Kids About Sex.
Raising Children Network Australia. Diakses pada 2021. Sex Education and Talking About Sex to Children: 0-8 Years.
Mayo Clinic. Diakses pada 2021. Sex Education: Talking to Toddlers and Preschoolers About Sex.
Victoria State Government Australia. Diakses pada 2021. Betterhealth Channel. Talking to Children and Young People About Relationships, Sex, and Sexuality.
WebMD. Diakses pada 2021. Talking to Your Kids About Sex.

Ditulis oleh:

dr. Rizal Fadli

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan