• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Alasan Pentingnya Olahraga dan Pola Makan Sehat untuk Diet

Alasan Pentingnya Olahraga dan Pola Makan Sehat untuk Diet

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
undefined

Halodoc, Jakarta – Tidak hanya untuk diet, pola makan sehat memiliki banyak manfaat. Makan dengan baik akan membuat tidur lebih nyenyak, memiliki lebih banyak energi dan konsentrasi yang lebih baik. 

Sama halnya dengan mengatur pola makan, olahraga juga berperan dalam diet untuk membantu menurunkan berat badan dengan membakar sebagian besar lemak. Soalnya, diet saja tidak akan berhasil membuat kamu mendapatkan berat badan ideal. Olahraga juga membantu meningkatkan metabolisme. Artinya, kamu akan membakar lebih banyak kalori sepanjang hari.

Baca juga: Begini Tips Agar Konsisten Saat Diet

Kombinasi Olahraga dan Makan Sehat

Mengapa diperlukan olahraga dan pola makan sehat untuk diet? Makan makanan sehat yang seimbang dapat membantu kamu mendapatkan kalori dan nutrisi yang dibutuhkan untuk mengisi aktivitas harian, termasuk olahraga teratur.

Mengonsumsi makanan sehat juga dapat meningkatkan kinerja olahraga yang pada akhirnya akan menyukseskan dietmu. Menurut data kesehatan yang dipublikasikan oleh Fred Hutchinson Cancer Research Center, ketika harus menurunkan berat badan dan lemak tubuh, diet dan olahraga paling efektif bila dilakukan bersamaan dibandingkan hanya salah satunya. 

Masih dalam penelitian yang sama, disebutkan bahwa orang yang memperbaiki pola makan dan berolahraga secara teratur kehilangan rata-rata hampir 11 persen dari berat badan awalnya. Selain penurunan berat badan dan mencegah penambahan berat badan dari waktu ke waktu, olahraga teratur dan pola makan sehat dapat meningkatkan keseimbangan, kekuatan, dan kebugaran. 

Namun, selain olahraga dan pola makan sehat, ternyata penting juga faktor psikologis untuk mempertahankan perencanaan diet jangka panjang. Salah satunya, apa tujuan seseorang melakukan diet. Ini dilakukan supaya orang tersebut tetap ingat dengan rencana awalnya dan teratur mempraktikkannya.

Informasi selengkapnya mengenai pentingnya kombinasi olahraga dan pola makan sehat saat diet bisa ditanyakan langsung di Halodoc. Kamu bisa menanyakan apa saja dan dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik. Caranya cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.

Mengapa Penting Menjaga Berat Badan Ideal

Berat badan berlebih dan obesitas merupakan faktor risiko utama sejumlah penyakit kronis. Menurut data kesehatan yang dipublikasikan oleh Nursing in Practice, lebih dari separuh pria dan wanita berisiko tinggi mengalami berbagai masalah kesehatan yang disebabkan oleh pola makan yang buruk.

Baca juga: Cari Tahu Gaya Makan Agar Tak Gagal Diet

Tingkat obesitas anak juga merupakan perhatian besar. Di Inggris, satu dari 10 anak mengalami obesitas saat mereka mulai bersekolah. Pada saat mereka meninggalkan sekolah dasar, hampir 20 persen anak mengalami obesitas dengan 75-80 persen risiko remaja mengalami obesitas saat dewasa.

Obesitas pada masa kanak-kanak juga dikaitkan dengan kemungkinan lebih tinggi untuk mengalami obesitas, kematian dini, dan kecacatan di masa dewasa. Dewasa ini, anak-anak dan remaja mengonsumsi sekitar 40 persen lebih banyak gula tambahan daripada asupan harian yang direkomendasikan. Banyak di antaranya berasal dari makanan ringan dan permen.

Obesitas dapat mengurangi harapan hidup delapan sampai 10 tahun. Ini setara dengan efek merokok seumur hidup. Obesitas dapat dicegah dengan memengaruhi pola makan dan aktivitas fisik. 

Baca juga: Penuh Tantangan, Coba Diet Ala Vegetarian

Menyadari hal tersebut, itulah mengapa sangat penting untuk mengatur pola makan dan melakukan olahraga rutin. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi yang bisa kamu lakukan untuk memulainya:

1. Membatasi makanan olahan (biji-bijian olahan, daging olahan, dan makanan kaya gula, lemak jenuh, dan garam) serta minuman manis.

2. Meningkatkan aktivitas fisik.

3. Membatasi "waktu duduk".

Yuk, mulai hidup sehat dari sekarang!

Referensi:
Science Daily. Diakses pada 2020. Diet plus exercise is more effective for weight loss than either method alone.
Healthline. Diakses pada 2020. Eating the Right Foods for Exercise.
Nursing in Practice. Diakses pada 2020. The importance of a healthy diet and exercise.