• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Amankah Memberikan Nasi pada Anjing Golden?

Amankah Memberikan Nasi pada Anjing Golden?

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Amankah Memberikan Nasi pada Anjing Golden?

Halodoc, Jakarta – Memilih makanan untuk diberikan pada anjing peliharaan mungkin tidak selalu mudah. Kamu mungkin bertanya-tanya, apakah jenis makanan yang dikonsumsi oleh manusia cukup aman untuk diberikan pada anjing? Nasi, misalnya. Sebagai salah satu makanan yang paling populer dan bisa mengenyangkan dengan baik, apakah nasi boleh diberikan pada anjing golden? 

Jawabannya boleh dan cukup aman. Kamu bisa memberi makan anjing peliharaan, termasuk anjing golden, dengan nasi. Tanpa disadari, beberapa jenis makanan khusus anjing yang dijual di pasaran juga mengandung nasi. Lantas, bagaimana aturan memberikan makan nasi pada anjing golden? 

Baca juga: Makanan Manusia yang Baik untuk Anjing

Nasi untuk Anjing Peliharaan 

Anjing golden menjadi salah satu jenis anjing yang sering dipilih sebagai hewan peliharaan. Anjing yang satu ini dikenal lincah dan memiliki kemampuan berburu yang baik. Anjing Golden Retriever seringkali ditemui dalam acara-acara olahraga yang melibatkan hewan, sebab jenis anjing yang satu ini dikenal memiliki ketangkasan di atas rata-rata. 

Meski begitu, sebenarnya memilih makanan untuk anjing golden bukanlah hal yang terlalu sulit. Kamu bisa memberikan makanan khusus anjing yang sudah dikemas dan dijual di pasaran. Namun, jika ingin mencoba memberi variasi makanan untuk anjing, tidak ada salahnya untuk menggunakan sepiring nasi putih maupun nasi merah. 

Jenis makanan ini cenderung aman dan cocok dikonsumsi oleh anjing peliharaan, termasuk anjing golden. Nasi bisa dengan mudah dicerna, rendah kandungan serat, serta jarang menyebabkan gangguan kesehatan pada anjing. Seperti dikatakan sebelumnya, sebenarnya beberapa jenis makanan khusus anjing yang dijual pun mengandung nasi. 

Baca juga: Anjing Alergi Makanan, Bagaimana Cara Mendeteksinya?

Boleh Diberikan, Asal Tidak Berlebihan

Meski boleh diberikan pada anjing, bukan berarti nasi aman dikonsumsi secara berlebihan. Tidak berbeda jauh dengan manusia, mengonsumsi makanan yang mengandung terlalu banyak kalori juga bisa menyebabkan kegemukan pada anjing. Kalau kamu memaksakan atau membiarkan anjing golden makan nasi secara berlebihan, risiko obesitas akan menjadi lebih besar. 

Tidak hanya itu, kandungan gula yang banyak pada nasi putih juga bisa meningkatkan risiko terjadinya penyakit diabetes pada anjing kesayangan. Namun jangan khawatir, kamu tetap bisa memberikan nasi putih untuk dimakan oleh anjing dengan diabetes. Syaratnya, porsi nasi yang diberikan tidak terlalu banyak dan jangan terlalu sering memberi makan anjing dengan nasi. 

Selain menyebabkan kenaikan berat badan, ada juga kemungkinan anjing golden memiliki alergi terhadap nasi, baik nasi putih maupun nasi merah. Kalau hal ini terjadi, ada baiknya untuk menghindari memberikan nasi pada anjing peliharaan. Kamu bisa mengenali tanda alergi nasi pada anjing dengan memperhatikan beberapa gejala yang muncul, sepert: 

  • Kerontokan bulu anjing.
  • Anjing rentan mengalami infeksi, terutama infeksi pada telinga.
  • Gatal-gatal dan iritasi pada kulit anjing. 

Kalau anjing menunjukkan gejala-gejala tersebut, hentikan pemberian nasi. Biar lebih pasti, kamu bisa membawa anjing golden ke klinik hewan terdekat untuk mengetahui apakah penyebab munculnya gejala adalah alergi nasi atau bukan. Sebab, bisa jadi gejala-gejala yang muncul merupakan tanda dari gangguan kesehatan lainnya. 

Baca juga: Ketahui 7 Cara Tepat Merawat Anjing yang Sakit

Biar lebih mudah, kamu bisa menggunakan aplikasi Halodoc untuk menemukan daftar klinik hewan yang bisa dikunjungi. Atur lokasi dan cari tahu klinik hewan terdekat yang sesuai kebutuhan. Dengan begitu, anjing peliharaan bisa segera mendapatkan pertolongan medis. Ayo, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store atau Google Play!

Referensi:
Official Golden Retriever. Diakses pada 2021. Can Golden Retrievers Have Brown Rice or White Rice? 
American Kennel Club. Diakses pada 2021. Can Dogs Eat Rice?