Ampuh Tingkatkan Kesuburan, Ini Makanan agar Cepat Hamil

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   13 Oktober 2022

“Makanan seperti buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, dan biji mengandung antioksidan bermanfaat. Seperti misalnya vitamin C dan E, folat, beta karoten, dan lutein yang baik untuk kesuburan.”

Ampuh Tingkatkan Kesuburan, Ini Makanan agar Cepat HamilAmpuh Tingkatkan Kesuburan, Ini Makanan agar Cepat Hamil

Halodoc, Jakarta –   Pola makan dapat berpengaruh pada tingkat kehamilan, tapi tentu saja, ini tidak menjadi faktor utama. Bila masalah yang terjadi ada pada saluran tuba, masalah sperma dan kondisi genetik. Jika itu yang menjadi isu, perubahan pola makan tidak akan membantu meningkatkan kesuburan dan membantu cepat hamil.

Pada kondisi umum, antioksidan seperti folat dan seng dapat meningkatkan kesuburan bagi pria dan wanita. Pasalnya, kandungan ini dapat menonaktifkan radikal bebas dalam tubuh yang dapat merusak sel sperma dan sel telur.

Makanan untuk Meningkatkan Kesuburan untuk Kehamilan

Makanan seperti buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, dan biji-mengandung antioksidan bermanfaat seperti vitamin C dan E, folat, beta karoten, dan lutein yang baik untuk kesuburan. 

Ingat, tidak ada makanan ajaib yang dapat menyebabkan kehamilan instan. Akan tetapi, pilihan makanan dan gaya hidup memiliki dampak yang signifikan terhadap kesehatan reproduksi baik wanita maupun pria. 

Makanan yang kamu konsumsi nyatanya bisa meningkatkan kesuburan. Pasalnya mereka akan berdampak pada usus, aliran darah, kadar hormon, dan kesehatan secara keseluruhan. Nah, berikut ini rekomendasi makanan yang meningkatkan kesuburan:

1. Salmon

Untuk menambah lebih banyak lemak sehat itu, salmon menawarkanbanyak protein dan omega-3 yang meningkatkan perkembangan janin selama kehamilan. Pria juga bisa mendapat manfaat dari makan salmon karena vitamin D dan seleniumnya yang tinggi. Ini adalah dua komponen yang meningkatkan kadar air mani dan meningkatkan kesehatannya secara keseluruhan. 

2. Alpukat

Alpukat penuh dengan Vitamin K, potasium, dan folat yang membantu tubuh membantu penyerapan vitamin, pengaturan tekanan darah, dan banyak lagi. Alpukat juga terdiri dari lemak tak jenuh tunggal (lemak sehat) yang menawarkan banyak serat makanan dan asam folat. Mereka adalah nutrisi yang sangat penting selama tahap awal kehamilan.

3. Kacang dan Lentil

Kacang dan lentil tinggi serat dan protein sehingga mereka dapat membantu meningkatkan ovulasi. Mengganti protein hewani dengan sumber protein nabati dapat mengurangi risiko infertilitas ovulasi.

Kedua jenis kacang-kacangan ini juga merupakan sumber asam folat yang sangat baik. Mereka juga merupakan komponen penting yang membantu pembuahan dan membantu perkembangan embrio yang sehat.

4. Yogurt

Makanan berlemak sangat bagus untuk meningkatkan kesuburan. Yoghurt mengandung kalsium, probiotik, dan vitamin D, yang semuanya membantu meningkatkan ovulasi. 

5. Biji Bunga Matahari

Konsumsi biji bunga matahari adalah cara mudah untuk membantu mempertahankan tingkat sperma yang tepat. Biji bunga matahari panggang tanpa garam kaya akan vitamin E, yang mana ini adalah nutrisi penting yang bisa meningkatkan jumlah dan motilitas sperma. Biji bunga matahari juga menawarkan sejumlah besar seng, asam folat, dan selenium yang semuanya merupakan nutrisi kesuburan yang manjur dengan manfaat luar biasa.

Punya pertanyaan seputar kesuburan dan peluang kehamilan, bisa segera tanya dokter lewat aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. 16 Natural Ways to Boost Fertility.
Laurel Fertility Care. Diakses pada 2022. 10 Foods to Eat to Increase Fertility.
Very Well Family. Diakses pada 2022. Fertility Foods to Boost Your Odds of Conception.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan