Anak Kecanduan Gadget? Ini 6 Cara Ampuh untuk Mengatasinya

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   16 Januari 2023

“Ada beberapa cara untuk mengatasi anak kecanduan gadget, yaitu dengan membatasi durasi penggunaannya, menetapkan jadwal bermain, dan lain-lain. Selain itu, orang tua juga perlu memberi contoh yang baik pada anak dan meluangkan lebih banyak waktu untuk menemani mereka bermain.”

Anak Kecanduan Gadget? Ini 6 Cara Ampuh untuk MengatasinyaAnak Kecanduan Gadget? Ini 6 Cara Ampuh untuk Mengatasinya

Halodoc, Jakarta – Gadget sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari anak zaman sekarang, tak hanya untuk hiburan, tetapi juga untuk edukasi. Meski begitu, orang tua tetap perlu memerhatikan penggunaan barang tersebut pada Si Kecil untuk menghindari anak kecanduan gadget.

Kecanduan gadget sudah menjadi salah masalah yang sering dikeluhkan orang tua, terutama semenjak pandemi melanda. Akibatnya, anak lebih senang diam di rumah bermain dengan gadget mereka dibanding bermain di luar rumah.

Hal itu tentu saja bisa berdampak buruk bagi kesehatan dan tumbuh kembang anak, serta kemampuan sosialisasi mereka. Karena itu, jangan dibiarkan saja, ketahui cara ampuh mengatasi anak kecanduan gadget di sini!

Tips Mengatasi Anak Kecanduan Gadget

Berikut adalah beberapa tips yang bisa ibu coba untuk mengatasi anak kecanduan gadget:

1. Batasi waktu penggunaan

Untuk mengurangi ketergantungan anak pada gadget, ibu perlu membatasi durasi penggunaannya sesuai umur anak. American Academy of Pediatrics (2013) dan Canadian Pediatric Society (2010) sudah memberikan pedoman waktu screen time sebagai berikut:

  • Anak di bawah usia 2 tahun: tidak boleh dibiarkan bermain gadget sendiri, termasuk TV, smartphone, dan tablet.
  • Anak-anak usia 2-4 tahun: kurang dari satu jam sehari.
  • Usia 5 tahun ke atas: sebaiknya tidak lebih dari dua jam sehari untuk penggunaan rekreasi (tidak termasuk kebutuhan belajar).

Nah, ibu perlu menerapkan batasan durasi penggunaan gadget di atas pada anak dengan tegas, tidak peduli bagaimana Si Kecil menangis, memohon atau merayu ibu.

Pastikan ibu menjelaskan kepada mereka dengan baik mengapa ibu menerapkan pembatasan ini.

2. Tentukan jadwal

Ibu juga bisa menentukan jadwal yang sesuai untuk anak bermain gadget, apapun gadgetnya. Beri Si Kecil pilihan untuk menonton TV, menggunakan laptop, dan lain-lain.

Biarkan ia memilih jam berapa ia ingin menggunakan barang elektronik tersebut. Dengan begitu, ibu tidak hanya memberinya rasa kebebasan tapi juga melibatkan Si Kecil dalam pengambilan keputusan.

Namun, ibu juga perlu menyiapkan kegiatan alternatif lain agar anak tidak bosan dan beralih ke gadget lagi.

3. Ajak anak melakukan aktivitas lain

Alih-alih bermain gadget, ibu bisa mengajak anak bermain di luar rumah, seperti bermain di taman kompleks rumah, berlari, maupun berolahraga.

Tidak harus selalu keluar rumah, ada juga banyak aktivitas seru lainnya yang bisa dilakukan di rumah untuk menghibur anak. Misalnya, bermain board game, petak umpet, bernyanyi bersama, membaca buku, membantu ibu memasak dan lain-lain.

Dengan begitu, ibu bisa secara perlahan isa mengatasi anak kecanduan gadget.

4. Habiskan waktu lebih banyak dengan anak

Hal ini mungkin terdengar terlalu sederhana, tapi penelitian sudah membuktikan bahwa anak-anak yang sering dibiarkan sendirian lebih cenderung kecanduan gadget. 

Jadi, berinisiatif lah untuk menghabiskan lebih banyak waktu dengan Si Kecil dan menemani mereka melakukan berbagai aktivitas yang menarik.

5. Jadilah contoh

Anak-anak cenderung mengikuti apa yang orangtua mereka lakukan dibanding apa yang orang tua mereka katakan. Jadi, bila ibu ingin mengatasi anak kecanduan gadget, ibu perlu menjadi contoh yang baik dengan tidak terus menerus melihat smartphone.

Paling tidak, cobalah untuk tidak menggunakan barang elektronik tersebut saat berada di dekat anak. Sebaliknya, ibu bisa mengembangkan kebiasaan baik dan sehat, seperti membaca buku, berolahraga, dan lain-lain, agar anak juga bisa mengikuti kebiasaan yang sama.

6. Tetapkan area bebas gadget

Buat peraturan untuk tidak menggunakan gadget di tempat-tempat tertentu. Misalnya, di meja makan, di kamar tidur dan di dalam mobil.

Di tempat tersebut, anggota keluarga yang lain juga tidak diperbolehkan menggunakan gadget.

Dengan begitu, ibu bisa membatasi penggunaan gadget pada anak sekaligus mengajarkan Si Kecil untuk fokus makan ketika berada di meja makan dan tidur dengan jadwal yang teratur ketika sudah masuk kamar tidur.

 Itulah beberapa cara mengatasi anak kecanduan gadget yang bisa ibu lakukan. Bila cara-cara di atas tidak mampu mengatasi kecanduan anak terhadap barang elektronik tersebut atau anak memiliki masalah perilaku yang mengkhawatirkan, sebaiknya coba bawa anak untuk menemui psikolog anak.

Biar lebih mudah, ibu bisa buat janji medis terlebih dahulu dengan dokter yang ingin dikunjungi di rumah sakit pilihan melalui aplikasi Halodoc.

Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang untuk memudahkan ibu mendapatkan solusi kesehatan terlengkap untuk keluarga!

Referensi:
Innovative Learning Centre. Diakses pada 2023.  6 Tips to Overcome Gadget Addiction in Children
Parenting Firstcry. Diakses pada 2023. 10 Very Important Things Parents MUST Do To Prevent Gadget Addiction in Kids!

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan