• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Anak Sering Menggigit Pakaian, Mungkin Ini Alasannya

Anak Sering Menggigit Pakaian, Mungkin Ini Alasannya

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta – Berbagai tingkah laku unik kerap dilakukan oleh anak-anak saat mengalami proses tumbuh kembang. Hal ini tentunya perlu mendapatkan perhatian orangtua agar anak dapat menjalani proses tumbuh kembang dengan optimal. Salah satu tahap yang akan dilalui anak adalah memasukkan benda-benda yang ada ditangannya ke dalam mulut. 

Baca juga: Anak Suka Mengigit, Ini Cara Mencegahnya

Kebiasaan ini biasanya akan menghilang saat anak bertambah usia. Namun, bagaimana jika kondisi ini justru akan berkembang menjadi kebiasaan menggigit, salah satunya pakaian? Menggigiti pakaian nyatanya terbilang dalam kondisi yang normal pada seorang anak dalam proses tumbuh kembang. Tidak ada salahnya ketahui beberapa alasannya, di sini.

Ini Alasan Anak Suka Menggigiti Pakaian

Menggigit atau mengunyah yang dilakukan anak merupakan bentuk pengenalan dari indera dalam tubuh. Meskipun termasuk dalam proses tumbuh kembang, tetapi tidak ada salahnya ketahui beberapa alasan mengapa anak-anak gemar menggigiti pakaian mereka.

1.Memenuhi Kebutuhan Sensorik

Anak-anak balita akan rentan memiliki kebiasaan menggigiti pakaian yang sedang mereka gunakan. Hal ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan sensorik. Jangan melarang anak, sebaiknya alihkan perhatian anak dengan kegiatan sensorik lainnya agar anak dapat menghindari kebiasaan ini secara perlahan.

Namun, perhatikan jika anak diatas usia lima tahun masih memiliki kebiasaan menggigiti pakaian. Melansir dari Griffin Occupational Therapy, kondisi ini bisa menandakan bahwa anak mengalami keterlambatan perkembangan sensoriknya. Anak-anak dengan keterlambatan perkembangan akan melakukan kegiatan yang dapat memenuhi kebutuhan sensoriknya, seperti menggigiti pakaian. 

Baca juga: Awas, Ini Efeknya jika Balita Sering Menggertakan Gigi

2.Terdapat Masalah pada Gigi dan Mulut Anak

Ibu, sebaiknya perhatikan kebiasaan anak yang suka menggigiti pakaian. Kondisi ini bisa menandakan adanya masalah pada gigi maupun mulut anak. Tidak ada salahnya untuk segera gunakan aplikasi Halodoc dan bertanya langsung pada dokter jika kebiasaan ini disertai dengan gejala lain yang terkait dengan gangguan gigi dan mulut anak.

Ada berbagai gangguan gigi dan mulut yang dapat dialami oleh anak-anak, seperti gigi yang patah, gigi retak, gigi berlubang, adanya erosi gigi, hingga sariawan pada gusi. Jangan sepelekan kondisi ini karena gangguan pada gigi dapat mengganggu proses tumbuh kembang pada anak.

3.Anak Mengalami Gangguan Kecemasan

Melansir dari Moms, kondisi stres dan cemas berlebih terkadang menjadi penyebab utama dari kebiasaan menggigiti pakaian yang kerap dilakukan anak-anak. Dengan menggigiti pakaian yang sedang mereka kenakan, mereka dapat memiliki perasaan yang lebih nyaman sehingga dapat membantunya mengontrol perasaan yang mereka alami.

Namun, alasan ini tidak dapat diabaikan. Tentunya orangtua perlu segera memberikan perhatian dan pemeriksaan pada rumah sakit terdekat agar kondisi kesehatan mental anak dapat segera pulih. Ada beberapa gejala yang bisa ibu perhatikan saat anak mengalami kondisi stres, seperti kehilangan nafsu makan, mengalami penurunan motivasi dalam melakukan hal yang mereka suka, penurunan nilai akademis, sulit berkonsentrasi, lebih mudah marah dan tersinggung, serta mengalami gangguan tidur. 

Itulah beberapa alasan utama mengapa anak kerap menggigiti pakaian. Sebaiknya perhatikan kebiasaan ini lebih dalam untuk mengetahui penyebab pasti dari kebiasaan yang dilakukan oleh anak. Jika ibu telah mengetahui alasan mengapa anak melakukan kebiasaan ini tentunya akan lebih mudah untuk menghentikan kebiasaan menggigiti pakaian yang dilakukan oleh anak.

Baca juga: 6 Tanda Stres pada Anak

Tidak ada salahnya untuk meminta bantuan psikolog untuk mengatasi kondisi ini jika dinilai sudah mengganggu aktivitas sehari-hari yang dilakukan anak. Penanganan oleh tim medis tentunya dapat membuat kebiasaan ini dihindari dengan cara yang tepat.

Referensi:
Moms. Diakses pada 2020. Why Do Kids Chew On Their Shirts and Should I Be Worried?
Griffin Occupational Therapy. Diakses pada 2020. Help! Why Is My Child Chewing on Clothing and Other Things?