• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Anti Gravity Yoga Bisa Cegah Nyeri Punggung, Kok Bisa?

Anti Gravity Yoga Bisa Cegah Nyeri Punggung, Kok Bisa?

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
undefined

Halodoc, Jakarta – Anti gravity yoga adalah jenis latihan yoga yang menggunakan hammock yoga yang digantung sebagai latihan untuk memperdalam pose dan meningkatkan kelenturan. Di anti gravity yoga, kamu akan melakukan pose yang sama seperti yang dilakukan di atas matras yoga, tapi di sini kamu akan melakukannya di hammock. 

Di anti gravity yoga kamu akan melakukan pose-pose yang menantang tanpa menambah tekanan pada bahu, tulang belakang, dan kepala. Latihan anti gravity yoga juga akan menguatkan bagian inti tubuh. Buat orang yang mengalami sakit punggung kronis atau ketegangan di bahu dan leher, yoga jenis ini dapat membantu meningkatkan mobilitas sendi dengan membuka area yang sempit. 

Efek Gravitasi Membantu Pemulihan Nyeri Punggung

Nyeri punggung bawah adalah hal umum yang biasa dialami oleh orang. Aktivitas yang kamu lakukan sehari-hari dapat memberikan banyak tekanan pada tulang belakang. Nyeri pada tulang belakang juga dapat menyebabkan depresi dan kelelahan. 

Anti gravity yoga adalah latihan dengan sistem dekompresi yang dapat membantu kamu memulihkan kesehatan tulang belakang dengan membalikkan efek gravitasi, meningkatkan kesadaran posisi tubuh, serta membangun kembali kekuatan dan kontrol di otot. 

Baca juga: Begini 7 Cara Tepat Atasi Sakit Punggung

Teknik dekompresi dikenal untuk membantu meringankan gejala nyeri yang berasal dari cedera atau postur tubuh yang mengakibatkan kompresi saraf tulang belakang, degenerasi diskus, ketegangan fasia, kekakuan otot, dan restriksi sendi. 

Anti gravity yoga bermanfaat untuk memperpanjang jaringan penghubung otot dan melancarkan sirkulasi darah. Beberapa pose pada anti gravity yoga yang dapat membantu mencegah nyeri punggung adalah:

1. Inverted Star Pose

Pada posisi ini kepala di bawah, sedangkan kedua kaki terbuka ke atas. Kedua tangan sedikit banyak menopang badan. Dengan bantuan hammock, berat badan tidak akan bertumpu 100 persen di tangan dan bahu, jadi kamu tidak akan kesulitan melakukan posisi ini, seperti ketika melakukannya di atas matras.

2. Inverted Pigeon Pose

Pose ini mirip Inverted Star Pose, hanya saja kedua kaki pada posisi bersila dengan kedua tangan diletakkan di paha. Biarkan hammock menumpu badanmu sepenuhnya.

Baca juga: 3 Gerakan Yoga yang Dapat Membantu Tidur Nyenyak

3. Swing Warrior Pose

Ini tidak ubahnya posisi Warrior di aliran-aliran yoga lainnya, hanya saja kamu melakukannya di atas hammock. Dengan bertumpu pada hammock, ini akan melatih keseimbanganmu secara maksimal.

Jika kamu mengalami nyeri punggung yang berkepanjangan, tanyakan saja langsung di Halodoc. Kamu bisa menanyakan apa saja dan dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik. Caranya mudah, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.

Baca juga: Jangan Keliru, Ini Penyebab Sakit Punggung dan Tips Mengatasinya

Tidak cukup tidur dapat menyebabkan nyeri punggung. Penelitian menunjukkan bahwa gangguan tidur bisa memperburuk rasa sakit pada punggung bagian bawah. Kasur yang tidak nyaman, bantal dengan ukuran yang salah juga bisa memicu sakit punggung. 

National Sleep Foundation merekomendasikan orang dewasa untuk mendapatkan frekuensi tidur setidaknya 7-9 jam setiap malam. Pun, kenyamanan dan keselarasan punggung sangat penting untuk kualitas tidur dan menghindari sakit punggung di pagi hari. Pastikan bantal yang digunakan cukup mendukung untuk menjaga punggung dan leher tetap lurus. Orang yang tidur miring harus meletakkan bantal ekstra di antara lutut mereka.

Referensi:
Bendandfly. Diakses pada 2020. Aerial Yoga For Back Pain.
Aerial Yoga Zone. Diakses pada 2020. 4 Aerial Yoga Poses for a Stronger & More Flexible Spine.
Medical News Today. Diakses pada 2020. Home remedies for fast back pain relief.