Apa Saja Ciri-Ciri Ibu Hamil Anak Kembar?

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   17 Maret 2021
Apa Saja Ciri-Ciri Ibu Hamil Anak Kembar?Apa Saja Ciri-Ciri Ibu Hamil Anak Kembar?

Halodoc, Jakarta - Beberapa pasangan berharap untuk mendapatkan kehamilan dengan dua bayi di dalamnya yang disebut juga dengan anak kembar. Hamil anak kembar juga mungkin saja lebih dari dua, meski terbilang sangat jarang. Untuk mengetahui apakah ibu hamil anak kembar, penting mengenal beberapa ciri-cirinya, setelah itu dapat dipastikan dengan pemeriksaan kedokteran. Nah, berikut beberapa tandanya!

Tanda-Tanda Hamil Anak Kembar

Disebutkan jika wanita yang mengalami hamil anak kembar terus meningkat dibandingkan sebelumnya. Pasangan memiliki kemungkinan lebih besar untuk mendapatkan dua anak dalam satu janin karena pernah menjalani perawatan kesuburan. Terutama jika memiliki lebih dari satu embrio yang ditransfer, atau jika mengonsumsi obat kesuburan tertentu untuk membantu kehamilan.

Baca juga: Inilah Proses Terbentuknya Anak Kembar

Kehamilan kembali seringkali terdeteksi pada pemeriksaan prenatal pertama, tetapi ibu mungkin saja sudah mengetahuinya melalui dorongan dari mimpi atau firasat. Waktu terbaik untuk melakukan USG guna mendeteksi kebenaran jika hamil anak kembar saat memasuki minggu ke-10 hingga ke-12 dari kehamilan. Sebelum hal tersebut dipastikan, mungkin ibu sudah merasakan beberapa tanda-tanda hamil lebih dari satu janin, antara lain:

1. Mual di Pagi Hari

Salah satu tanda yang dapat dirasakan ibu yang mengalami kehamilan kembar adalah morning sickness. Gangguan ini terjadi akibat peningkatan hormon kehamilan hGH yang menimbulkan rasa mual setiap saat sepanjang hari, bukan hanya di pagi hari. Mual yang terjadi di pagi hari berlangsung lebih lama dibandingkan wanita yang hamil hanya satu bayi. Selain itu, mual dan muntah yang terjadi setelah minggu ke-14 kehamilan juga dapat menjadi indikasi jika ibu hamil anak kembar.

Meski begitu, tanda-tanda hamil ini juga dapat menjadi indikator terjadinya hiperemesis gravidarum. Jika ibu muntah beberapa kali dalam satu hari, disertai dengan mual sepanjang hari atau kehilangan berat badan, ada baiknya untuk melakukan pemeriksaan lebih lengkap agar penyebabnya dapat diketahui.

2. Kelelahan

Perasaan lelah juga dapat dirasakan oleh wanita yang hamil anak kembar. Hal ini juga dapat terjadi pada minggu pertama bahkan sebelum menstruasi terakhir terlewati 4 minggu. Kadar hormon yang meningkat dapat terjadi bersamaan dengan beberapa masalah, seperti gangguan tidur dan intensitas buang air kecil yang meningkat. Tentu hal ini dapat mengganggu waktu istirahat di malam hari. Meski begitu, pertanda ini tidak dapat dipastikan jika ibu mengandung lebih dari satu bayi.

Baca juga: Mitos dan Fakta Hamil Anak Kembar yang Perlu Diketahui

3. hCG yang Tinggi

Human chorionic gonadotropin (hCG) adalah hormon yang diproduksi tubuh selama kehamilan berlangsung. Tes kehamilan di rumah dilakukan dengan mendeteksi hormon ini di dalam urin untuk memberikan hasil yang positif. Namun, untuk mengetahui tingkat hormon hCG secara spesifik, metode yang dilakukan bisa dengan tes darah. Sebuah studi menunjukkan jika tanda-tanda hamil anak kembar memang memiliki hormon hCG yang lebih tinggi dari angka yang diharapkan.

4. Detak Jantung Kedua

Perlu ibu ketahui jika detak jantung bayi dapat didengar saat kehamilan memasuki usia 8 hingga 10 minggu dengan menggunakan alat doppler janin. Jika OB-GYN seperti mendengar adanya detak jantung yang lebih dari satu, kemungkinan besar akan dilakukan pemeriksaan ultrasound untuk memastikan kehamilan tunggal atau jamak. Lebih dini diketahui akan lebih baik untuk memastikan kebutuhan nutrisi pada ibu hamil.

Itulah beberapa tanda-tanda hamil anak kembar pada wanita yang sedang mengandung. Jika ibu benar-benar mengharapkannya, cobalah untuk meminta kiat-kiat dari ahli medis untuk meningkatkan kemungkinan hamil lebih dari satu bayi. Meski begitu, umumnya wanita yang mendapatkan kehamilan kembar merasakan gejala yang lebih berat dibandingkan hamil tunggal.

Baca juga: 6 Hal yang Harus Diketahui Tentang Kehamilan Kembar

Ibu juga dapat melakukan pemeriksaan kehamilan di beberapa rumah sakit ternama yang telah bekerjasama dengan Halodoc. Hanya dengan download aplikasi Halodoc, segala pemesanan kesehatan bahkan interaksi tanpa tatap muka dapat dilakukan. Untuk mendapatkan segala kemudahan dalam akses kesehatan ini, segera unduh aplikasinya sekarang juga!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. What Are the Earliest Signs of Being Pregnant with Twins?
Very Well Family. Diakses pada 2021. Symptoms That Show You Might Be Expecting Twins.


Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan