• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Apa Saja yang Dibutuhkan saat Lakukan Ganti Perban?

Apa Saja yang Dibutuhkan saat Lakukan Ganti Perban?

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta – Hampir semua orang pernah mengalami luka terbuka. Berbagai faktor dapat menjadi penyebab munculnya luka, seperti cedera, jatuh, hingga kecelakaan saat bekerja atau berkegiatan. Sebaiknya jangan sepelekan luka yang terjadi, baik kecil maupun besar. Jaga kebersihan luka dan rawat luka dengan baik agar terhindar dari infeksi.

Baca juga: Ketahui Langkah yang Tepat saat Ganti Perban

Perawatan dan pengobatan luka juga berbeda dan disesuaikan dengan kondisi luka. Luka yang tergolong ringan tentunya dapat diatasi dengan perawatan mandiri di rumah, sedangkan luka yang tergolong besar dan dalam membutuhkan perawatan lebih di rumah sakit. Tidak jarang, untuk mendukung luka cepat pulih biasanya tim medis akan menggunakan perban guna menjaga luka. Lalu, bagaimana untuk mengganti perban pada luka? Simak ulasan lengkapnya, di sini.

Perhatikan Beberapa Hal Sebelum Ganti Perban

Selain dapat menjaga kebersihan dan mempercepat proses penyembuhan, penggunaan perban pada luka juga dapat membuat luka terhindar dari berbagai komplikasi lain, seperti infeksi. Lalu, apa yang perlu diperhatikan sebelum mengganti perban?

Melansir dari Cleveland Clinic, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan sebelum mengganti perban pada luka:

  1. Selalu mencuci tangan sebelum menyentuh perban yang akan diganti dan luka. Pastikan tangan dalam keadaan bersih setiap akan melakukan tindakan pada luka atau perban.
  2. Lepaskan perban secara perlahan dari kulit yang mengalami luka. Setelah perban terlepas, perhatikan kondisi luka dengan baik dan pastikan tidak ada tanda infeksi yang muncul pada luka. Ada beberapa gejala yang menjadi tanda infeksi pada luka, seperti munculnya cairan kuning atau hijau dari luka, muncul aroma kurang sedap dari luka, nyeri yang semakin parah, mual, muntah, hingga alami demam ringan.
  3. Jika luka dalam kondisi membaik, bersihkan luka dengan larutan pembersih. Setelah bersih, keringkan luka dengan kassa.
  4. Oleskan obat yang dianjurkan oleh dokter untuk mempercepat penyembuhan luka. Biasanya, luka yang akan sembuh terasa gatal, tetapi hindari untuk menggaruk luka. 
  5. Gunakan perban yang baru untuk menutup luka. Pastikan perban langsung menutup luka agar perban tidak terpapar bakteri.
  6. Buang perban yang sudah dipakai pada tempat sampah. Usahakan sebelum membuang perban bekas pakai, bungkus perban dengan menggunakan kantong plastik untuk menurunkan risiko penyebaran dan penularan bakteri.
  7. Segera cuci tangan setelah mengganti perban dengan sabun antibakteri.

Baca juga: Alasan Tangan Harus dalam Keadaan Bersih saat Ganti Perban

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum mengganti perban agar luka dapat terjaga dengan baik, sehingga dapat segera pulih. Segera gunakan aplikasi Halodoc dan bertanya langsung pada dokter jika luka yang kamu miliki tidak kunjung membaik setelah beberapa hari perawatan di rumah. Kunjungi rumah sakit terdekat saat kamu mengalami beberapa gejala yang menandakan adanya infeksi pada luka agar mendapatkan pengobatan dari tim medis.

Ketahui yang Dibutuhkan Saat Ganti Perban

Perban sendiri perlu diganti minimal satu hari sekali. Perban yang kotor dan jarang diganti akan menyebabkan luka menjadi lebih lembap sehingga bakteri lebih mudah masuk dan mengakibatkan luka mengalami infeksi. Lalu, apa saja yang dibutuhkan saat ganti perban?

  1. Sarung tangan steril sekali pakai.
  2. Alat ganti perban, seperti gunting, pinset, dan klem. Pastikan semua alat yang digunakan dalam kondisi bersih dan steril.
  3. Kassa.
  4. Obat luka, seperti salep antiseptik, larutan antiseptik, larutan pembersih untuk membantu penyembuhan luka semakin cepat.
  5. Plester.
  6. Perban yang baru.
  7. Kantong plastik untuk bekas perban.

Baca juga: Jangan Asal, Ini Cara Perawatan Luka yang Tepat

Itulah beberapa alat yang diperlukan saat kamu akan mengganti perban. Pastikan lokasi yang kamu gunakan untuk mengganti perban merupakan lokasi yang bersih. Jangan lupa untuk perbanyak konsumsi air putih dan makanan sehat agar proses penyembuhan luka yang kamu alami dapat berlangsung dengan lebih cepat.

Referensi:
Cleveland Clinic. Diakses pada 2020. Incision Care: Procedure Details.
Medical News Today. Diakses pada 2020. How to Recognize and Treat an Infected Wound.