• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Apa yang Menyebabkan Kucing Mogok Makan?

Apa yang Menyebabkan Kucing Mogok Makan?

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Apa yang Menyebabkan Kucing Mogok Makan?

Halodoc, Jakarta - Apakah kucing peliharaanmu pernah mengalami mogok makan? Terkadang sulit membedakan apakah kucing yang mogok makan karena sedang pilih-pilih makanan atau karena ada masalah kesehatan. Perubahan kebiasaan kucing tentunya menjadi kekhawatiran tersendiri.

Sebagai penyayang kucing, kamu sebaiknya tidak mengabaikan tindakan kucing yang mogok makan. Penyebabnya harus dicari tahu agar dapat dipelajari bagaimana mengatasi dan mengembalikan minat makan kucing. Jika kucing yang mogok makan dibiarkan begitu saja, maka ia akan kehilangan nutrisi yang dibutuhkannya. 

Baca juga: 4 Nutrisi Penting untuk Makanan Kucing Anggora

Penyebab Kucing Mogok Makan

Ketika kucing peliharaan mogok makan, ia biasanya mencoba memberitahukan bahwa ada sesuatu yang salah dengan kondisinya. Entah ada yang salah dengan makanannya ataupun pada kondisi kesehatan tubuhnya. Agar tidak bingung, berikut ini penyebab umum kucing mogok makan:

  • Tidak Suka pada Makanannya

Kucing adalah hewan yang memiliki kebiasaan dan biasanya menolak perubahan, terutama pada jadwal makan dan menu makanannya. Jika kamu baru saja mengganti menu makanan kucing, mungkin saja dia berusaha menolak rasa makanan baru dengan cara mogok makan. 

Namun, kucing adalah hewan yang suka makan, jadi meskipun dia tidak suka dengan makanan barunya, pada akhirnya dia tetap akan memakannya. Jika faktor menu makanan adalah penyebabnya, kamu hanya perlu menunggu sampai dia mau mencoba makanan baru. Jika ia tetap mogok makan lebih dari sehari karena makanan baru, maka sebaiknya cari kemungkinan penyebab lainnya. 

  • Kucing Merasa Lingkungannya Tidak Nyaman

Kucing cukup keras kepala saat dia tidak senang dengan lingkungannya. Hal ini dapat ditunjukkannya dengan cara mogok makan. Jika ini adalah penyebabnya, maka jangan khawatir. Kucing peliharaan kamu akan menyesuaikan diri secara perlahan. 

Perubahan lingkungan yang membuat kucing tidak nyaman yaitu seperti pindah ke rumah baru, ada hewan peliharaan baru, atau ada bayi baru. Hal ini memengaruhi kebiasaan makan kucing. 

Baca juga: Makanan Basah atau Kering untuk Kucing, Mana yang Lebih Baik?

  • Sedang Sakit

Masalah pencernaan, seperti sembelit, radang usus besar, membuat stres kucing. Penyakit tersebut menyebabkan kucing kehilangan nafsu makan, perut bergas, muntah, dan diare. Penyakit umum lainnya yang dapat memengaruhi nafsu makan kucing termasuk penyakit ginjal dan masalah gigi. 

Masalah mulut seperti penyakit gigi, tumor mulut, infeksi atau cedera, membuat kucing sulit mengunyah dan tidak nyaman. Kondisi ini membuat kucing pun mogok makan. Untuk itu, pastikan kamu melakukan pemeriksaan gigi rutin pada dokter hewan. 

Cara Mengembalikan Nafsu Makan Kucing

Jika kucing sengaja mogok makan, cobalah tawarkan beberapa pilihan jenis makanan kering atau basah. Tawarkan makanan yang baunya lebih kuat dan kurangi camilannya. Ketika mencoba makanan baru, lakukan secara bertahap agar ia menyesuaikan diri dengan rasa dan tekstur baru. Perhatikan baik-baik yang ia makan, karena tidak semua bahan makanan kucing dibuat sama. 

Perlu diketahui, jangan pernah memaksakan makanan pada kucing. Memaksa kucing makan atau menelan justru memicu kucing memiliki pandangan negatif pada makanannya. Hal ini mengakibatkan kucing semakin menghindari mangkuk makanan. 

Baca juga: Hal yang Perlu Diketahui Tentang Makanan Kucing

Selain mempertimbangkan makanan kucing, pertimbangkan juga tempat atau lingkungan ia makan. Kucing bisa saja pilih-pilih tempat makan. Lingkungan yang bising dan ramai, tempat makanan yang kotor, atau ada kotak kotoran di dekatnya dapat menghilangkan minat makan kucing. Perubahan kecil membuat kucing stres, sehingga buatlah area makannya senyaman mungkin agar nafsu makannya kembali. 

Jika kondisi penyakit adalah penyebab kucing mogok makan, maka segera hubungi dokter hewan melalui aplikasi Halodoc. Terutama jika ada gejala kesehatan yang tidak biasa atau signifikan. Yuk, segera download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Hill’s Pet. Diakses pada 2021. My Cat Won't Eat: What You Can Do to Help
Zippy Vet. Diakses ada 2021. Hunger Strikes: Why Your Cat Won’t Eat