• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Apakah Anak Kucing yang Baru Lahir Boleh Dimandikan?

Apakah Anak Kucing yang Baru Lahir Boleh Dimandikan?

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
undefined

Halodoc, Jakarta - Demi menjaga kebersihan dan kesehatannya, memandikan hewan peliharaan merupakan hal yang perlu dilakukan. Jika memang memungkinkan, berikanlah perawatan tambahan dan vaksin agar tubuh hewan peliharaan selalu terjaga. 

Memandikan kucing dewasa mungkin sudah jadi hal biasa. Lalu, bagaimana dengan anak kucing, bahkan yang baru saja dilahirkan? Bolehkah langsung dimandikan? 

Ternyata, para pakar kesehatan hewan menyarankan untuk tidak langsung memandikan anak kucing yang baru dilahirkan. Pasalnya, anak kucing baru lahir tubuhnya masih sangat rapuh, terlebih pada bagian kulitnya.

Baca juga: 5 Masalah Kesehatan yang Umum Dialami Kucing

Sama halnya seperti bayi manusia, anak kucing baru lahir pun masih memiliki imunitas yang belum sempurna. Tak heran jika tubuhnya masih sangat rentan dan sering mengalami alergi karena lingkungan yang asing baginya. 

Dampak Memandikan Anak Kucing Baru Lahir

Bagaimana jika anak kucing yang baru lahir tetap dimandikan? Ternyata, ada dampak negatif yang bisa terjadi. Anak kucing baru lahir dengan kulit sensitif akan melepuh apabila dimandikan, meski dengan air hangat.

Tidak berbeda dengan memandikannya dengan menggunakan air dingin. Tubuhnya yang masih belum mampu mengontrol suhu tubuh akan mengakibatkan terjadinya hipotermia. Bahkan, menggunakan sampo khusus kucing pun tidak disarankan, karena akan membuat kulit anak kucing menjadi ruam.

Baca juga: Apakah Anak Kucing Bisa Mengalami Facial Alopecia?

Lalu, bagaimana membersihkan tubuh anak kucing yang kotor setelah dilahirkan? Ternyata, kamu cukup membasuhnya dengan handuk bersih saja, tidak perlu hingga memandikannya seperti kucing dewasa. 

Usia Tepat Mulai Memandikan Kucing

Sebenarnya, kapan usia yang paling tepat untuk mulai memandikan kucing kesayangan? Sebaiknya, kamu melakukannya ketika kucing berusia dua bulan atau delapan minggu. Pada usia ini, imunitas anak kucing sudah mulai kuat dan bisa dimandikan menggunakan air hangat.

Apabila usianya belum mencukupi, kamu bisa memandikannya cukup dengan mengusap tubuhnya menggunakan waslap atau handuk yang sudah dibasahi dengan air hangat. Hindari langsung menyiramnya ya, karena ini bisa membuat kucing tidak nyaman. 

Selain itu, perhatikan juga, apakah anak kucing dalam keadaan sehat sebelum dimandikan. Jika ternyata tidak, kamu bisa menunda memandikan hingga kondisi kesehatannya membaik. Kamu bisa menanyakan langsung pada dokter hewan bagaimana ciri anak kucing yang sakit.

Sementara itu, waktu yang direkomendasikan untuk memandikan anak kucing adalah antara pukul 10.00 sampai 16.00. Memandikannya terlalu malam juga tidak dianjurkan, karena suhu udara yang dingin akan membuat anak kucing mudah mengalami hipotermia. 

Baca juga: Ketahui Seluk Beluk Merawat Anak Kucing

Lalu, perhatikan pula suhu air yang kamu gunakan. Pastikan suhunya hangat atau sesuai dengan suhu tubuh kucing, tidak terlalu dingin atau terlalu panas. Basuh tubuh anak kucing secara perlahan, bukan memasukkannya langsung dalam ember maupun baskom. Jika sudah bersih, segera keringkan tubuhnya menggunakan handuk.

Jangan lupa, penuhi juga asupan nutrisinya dengan memberikan asupan makanan sesuai kebutuhan dan usianya. Anak kucing membutuhkan banyak asupan nutrisi penting guna menghindari terjadinya hipotermia. 

Kamu bisa tanyakan pada dokter hewan melalui aplikasi Halodoc agar tidak salah memberikan asupan makanan, berikut jenis makanan yang bisa kamu berikan, apakah makanan basah atau makanan kering. Jadi, kesehatan kucing kesayangan pun tetap terjaga. 



Referensi: 
ProPlan. Diakses pada 2020. Bolehkah Anak Kucing Dimandikan Setelah Lahir? 
PetMD. Diakses pada 2020. How to Bathe a Kitten.
The Nest. Diakses pada 2020. When Can I Start Bathing My Kitten?