• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Apakah Anjing Bisa Mengenali Warna? Ini Faktanya

Apakah Anjing Bisa Mengenali Warna? Ini Faktanya

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
undefined

Halodoc, Jakarta - Mungkin, kamu pernah bertanya-tanya, apakah anjing mengenali warna? Pasalnya, bukan hal baru bahwa anjing hanya bisa melihat warna hitam dan putih. Teori ini sebenarnya didasarkan pada studi yang dilakukan tahun 1937 silam, kemudian menjadi lebih populer lagi pada tahun 1960-an. Kala itu peneliti percaya bahwa primata merupakan satu-satunya hewan yang bisa mengenali warna. Benarkah demikian?

Bisakah Anjing Mengenali Warna?

Chief Veterinary Officer di Bond Vet, dr. Zay Satchu mengatakan bahwa anjing dapat mengenali warna. Baik manusia maupun hewan memiliki jenis sel yang berbeda di bagian belakang bola mata yang disebut rods dan cones yang membantu kamu melihat. Bagian rods berfungsi mendeteksi gerakan dan membantu penglihatan pada malam haru, sementara itu cones membantu memberikan warna dan detail pada benda yang kamu lihat. 

Manusia memiliki tiga jenis cones yang membuat kamu bisa melihat warna dan detail dengan sangat baik. Sementara itu, anjing hanya memiliki dua jenis cones. Artinya, anjing masih bisa melihat warna, tetapi mungkin tidak mampu membedakan warnanya dengan lebih baik. Jadi, anjing tidak sepenuhnya buta warna, ya!

Baca juga: Apakah Aman Memberikan Makanan Manusia pada Anjing?

Lalu, Apa Warna yang Dilihat Anjing?

Meski nuansa beberapa warna menghilang pada anjing, nyatanya hewan yang setia ini masih memiliki spektrum warna yang cukup, bahkan termasuk beberapa warna yang tidak dapat dilihat manusia. Dr. Satchu mengatakan bahwa kebanyakan anjing tidak dapat melihat warna merah atau hijau sama sekali. Akan tetapi, hewan ini mengenali warna ultraviolet, jenis warna yang melampaui warna ungu yang tidak dapat dilihat oleh manusia. 

Kemampuan anjing mengenali warna inilah yang membuat hewan tersebut sering digunakan untuk membantu melacak sesuatu. Pasalnya, darah dan urine adalah dua jenis zat yang mengandung sinar ultraviolet. Sementara itu, warna terbaik untuk penglihatan anjing kemungkinan besar berada dalam rona biru dan kuning. 

Sayangnya, sebagian besar mainan anjing dibuat dalam warna oranye dan merah terang. Padahal, warna-warna tersebut hanya akan tampak sebagai abu-abu dan cokelat pada mata anjing. Bola berwarna kuning atau suatu benda dengan warna biru cerah akan sangat kontras dengan warna abu-abu atau cokelat yang dilihat anjing ketika mereka melihat objek berwarna hijau, seperti rumput di halaman rumah. 

Baca juga: Pentingnya Memberikan Vaksin pada Anjing Peliharaan

Ini artinya, sekarang kamu jadi lebih mengerti bahwa anjing tidak sepenuhnya buta warna. Mereka hanya tidak mampu membedakan warna tertentu karena bagian mata yang tidak sesempurna milik manusia. Nantinya, ketika kamu hendak membelikannya mainan, sebaiknya pilihlah warna-warna, seperti kuning atau biru dan bukan warna merah atau hijau. Sayang sekali bukan jika anjing hanya mampu melihat mainannya berwarna abu atau cokelat, sementara itu sebenarnya mainan yang kamu belikan memiliki ragam warna terang?

Studi yang dilakukan oleh para ilmuwan di Laboratory of Sensory Processing di Akademi Rusia pun memberikan kesimpulan yang sama tentang bagaimana penglihatan anjing. Studi tersebut membuktikan bahwa anjing dapat membedakan warna biru dan kuning dengan sangat baik, tetapi tidak mampu membedakan warna merah dan hijau. 

Baca juga: 5 Tanda-Tanda Anjing Peliharaan Mengalami Alergi

Jadi, adanya temuan tersebut diharapkan mampu membuat anjing bisa mendapatkan pelatihan yang lebih baik lagi, sehingga hewan ini pun bisa belajar lebih banyak. Namun, tidak boleh lupa, kamu juga harus memperhatikan kondisi kesehatan anjing kesayanganmu. Jika ada gejala yang tidak biasa pada anjingmu, jangan menunda untuk langsung bertanya pada dokter hewan. Buka saja aplikasi Halodoc, sekarang tanya jawab seputar kesehatan hewan juga bisa kamu lakukan di aplikasi Halodoc. 



Referensi: 
Reader’s Digest. Diakses pada 2020. Can Dogs See Color?
Daily Mail. Diakses pada 2020. Dogs CAN see in colour: Scientists dispel the myth that canines can only see in black and white.