• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Apakah Biduran Bisa Menyebabkan Komplikasi?

Apakah Biduran Bisa Menyebabkan Komplikasi?

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta - Jika kamu mengalami gatal yang disertai dengan bentolan berwarna merah, bisa jadi hal tersebut disebabkan oleh biduran. Mungkin awalnya kamu hanya mengalami masalah ini pada satu titik, tetapi tiba-tiba menyebar ke area di sekitarnya. Umumnya, seseorang dapat mengalami masalah pada kulit ini disebabkan oleh alergi.

Gangguan yang disebut juga dengan urtikaria ini umumnya dapat sembuh dengan sendirinya atau dengan konsumsi obat. Meski begitu, seseorang dapat mengidap gangguan yang kronis ketika penyakit ini menyerang dalam hitungan minggu dan terus kambuh. Selain itu, penyakit kulit ini juga dapat menyebabkan beberapa komplikasi jika dibiarkan dalam waktu yang lama. Berikut pembahasan lengkapnya!

Komplikasi yang Disebabkan oleh Biduran

Biduran adalah gangguan yang ditandai dengan munculnya benjolan atau bentolan merah pada kulit secara tiba-tiba. Selain perasaan gatal, penyakit kulit ini juga dapat menimbulkan gejala berupa rasa terbakar atau perih. Seseorang dapat mengalami masalah ini pada beberapa bagian tubuh, seperti wajah, bibir, lidah, tenggorokan, dan telinga. Tentu saja hal ini dapat mengganggu aktivitas harian.

Seseorang dapat mengalami biduran akibat respons dari tubuh terhadap histamin dan plasma darah yang bocor dari pembuluh darah kecil di kulit. Histamin sendiri adalah bahan kimia yang dilepaskan dari sel khusus di sepanjang pembuluh darah pada kulit. Hal ini dapat terjadi karena reaksi alergi, kandungan kimia dalam makanan, sengatan serangga, sinar matahari, hingga konsumsi obat-obatan.

Namun, apakah biduran dapat menyebabkan seseorang mengalami komplikasi? Berikut ini beberapa masalah yang dapat terjadi karena penyakit kulit tersebut:

1. Angioedema

Salah satu komplikasi yang dapat terjadi akibat biduran adalah angioedema. Hal ini dapat menyebabkan pembengkakan pada lapisan dalam kulit seseorang. Kelainan ini dapat menimbulkan masalah yang parah dan disebabkan oleh penumpukan cairan. Beberapa bagian tubuh yang sering terdampak oleh gangguan ini adalah mata, bibir, alat kelamin, tangan, dan kaki. Pembengkakan yang terjadi umumnya diatasi dengan mengonsumsi obat, seperti antihistamin dan kortikosteroid secara oral.

2. Dampak Emosional

Kamu juga dapat mengalami masalah emosional sebagai dampak buruk dari biduran yang tidak kunjung sembuh. Urtikaria yang kronis memang memiliki dampak negatif yang cukup besar pada suasana hati dan kualitas hidup seseorang. Beberapa dampak emosional yang dapat terjadi, antara lain stres, perasaan gelisah, dan depresi. Jika masalah ini sampai menimbulkan efek buruk pada mental, ada baiknya untuk segera menemui psikolog atau psikiater untuk mengatasinya.

Apabila kamu masih memiliki pertanyaan terkait biduran atau penyakit kulit lainnya, dokter dari Halodoc dapat menjawabnya sesuai dengan kaidah kedokteran. Kamu hanya perlu download aplikasi Halodoc dan manfaatkan beberapa fitur seperti Chat atau Voice/Video Call, yang memudahkan interaksi dengan ahli medis hanya dengan menggunakan smartphone!

3. Anafilaksis

Salah satu komplikasi dari biduran yang paling berbahaya adalah anafilaksis. Gangguan ini dapat menyebabkan beberapa bagian tubuh bengkak, mengalami pusing atau pingsan, penyempitan saluran udara yang membuat sulit bernapas dan mengi, hingga tidak sadarkan diri. Maka dari itu, jika kamu telah mengalami beberapa gejala dari kelainan ini, ada baiknya untuk segera mendapatkan penanganan medis untuk menghindari dampak yang lebih buruk.

Setelah mengetahui beberapa komplikasi yang dapat disebabkan oleh biduran, ada baiknya untuk mendapatkan pengobatan segera saat mengalami penyakit kulit tersebut. Dengan begitu, tidak ada masalah yang terlihat pada kulit dan rasa gatal pun juga hilang. Aktivitas harian dapat dilakukan kembali dengan normal seperti sebelum mengidap masalah kulit ini.

Referensi:
NHS Inform. Diakses pada 2020. Urticaria (hives).
Web MD. Diakses pada 2020. Hives and Your Skin.