• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Apakah Kucing Boleh Memakan Daging Mentah?

Apakah Kucing Boleh Memakan Daging Mentah?

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta - Banyak orang yang bertanya bolehkah kucing untuk makan daging mentah, sebab dianggap jenis makanan tersebut sudah tepat untuk diberikan. Kebanyakan orang percaya jika kucing pada dasarnya adalah hewan liar yang mendapatkan makanan dengan berburu, lalu didomestikasi. Namun, apakah dengan begitu kucing diperbolehkan untuk makan daging mentah? Ketahui jawabannya di sini!

Boleh atau Tidaknya Kucing Makan Daging Mentah

Pemberian makanan mentah pada kucing kerap menjadi topik yang kontroversial disebabkan adanya kemungkinan risiko kesehatan yang nyata pada hewan peliharaan. Tidak sedikit orang yang memberikan daging mentah termasuk juga jeroan dan tulang. Memang tujuannya baik untuk menjaga nutrisi pada hewan peliharaan sehingga tubuhnya tetap sehat. Namun, penilaian terhadap dampak buruknya juga perlu dilakukan.

Baca juga: Cara Merawat Kucing Peliharaan agar Tak Terjangkit Toksoplasmosis

Pemberian daging mentah memang kerap dilakukan untuk memenuhi pola makan raw meat-based diet. Hal ini bertujuan untuk memberikan makanan yang mirip dengan diet dari kucing liar. Namun, tentu saja ada perbedaan yang signifikan antara kucing liar dengan kucing rumahan pada tubuhnya. Sebelum memberikan kucing makan daging mentah, ketahui beberapa dampak buruk yang dapat terjadi:

1. Parasit dan Bakteri

Salah satu dampak buruk dari memberi kucing daging mentah adalah tercemar parasit dan bakteri lalu masuk ke dalam tubuh hewan peliharaan. Setelah itu, mungkin saja kucing menularkannya ke manusia dan melepaskan bakteri di dalam rumah. Pemberian makanan buatan rumahan dapat menimbulkan masalah lebih besar karena sumber dagingnya belum tentu aman. Saat dikonsumsi manusia, daging sudah dimasak sehingga tidak menimbulkan dampak buruk.

Selain itu, jika ingin memberikan daging mentah, cobalah untuk pilih yang sudah berada di dalam kaleng untuk meminimalisir risiko dari penyakit. Bahan makanan yang dijual luas sudah mematuhi syarat dan ketentuan yang ada sehingga terjaga kebersihannya. Jika tetap ingin mengolah makanan sendiri, selalu pastikan daging yang diberikan benar-benar bersih dan simpan dalam freezer untuk menghindari kontaminasi parasit atau bakteri.

2. Kekurangan Nutrisi

Kucing yang makan daging mentah buatan sendiri cenderung tidak memiliki nutrisi yang lengkap dan seimbang. Hal ini dapat terjadi akibat bahan dasar yang tidak konsisten, sehingga meningkatkan risiko kekurangan nutrisi. Maka dari itu, diet menggunakan daging mentah pada kucing lebih baik dilakukan dengan saran dari ahli. Ada baiknya untuk memilih makanan kucing yang komersial karena sudah diformulasikan sesuai dengan gizi yang harus dipenuhi dan sesuai standar keamanan.

Baca juga: Inilah 7 Jenis Makanan yang Berbahaya untuk Kucing

3. Bahaya Konsumsi Tulang

Potongan tulang kecil yang terdapat dalam daging mentah saat dikonsumsi kucing dapat menyebabkan bahaya saat tersangkut di saluran pencernaan. Tulang juga bisa menyebabkan kerusakan pada gigi. Selain itu, tulang yang sudah dimasak juga dapat berbahaya karena bisa pecah setelah tertelan, sehingga menimbulkan dampak buruk secara internal. Maka dari itu, ada baiknya berdiskusi dengan dokter tentang bolehkah kucing makan daging mentah.

Sekarang kamu tahu apa saja dampak buruk yang dapat timbul apabila kucing makan daging mentah. Pastikan untuk memberikan yang terbaik pada hewan peliharaan sebelum terjadi hal yang tidak diinginkan. Setiap pemilik hewan peliharaan pasti ingin kucingnya panjang umur dan sehat selalu tanpa adanya gangguan berbahaya yang terjadi.

Baca juga: Beri Nasi untuk Makanan Kucing, Adakah Bahayanya?

Kamu juga dapat memeriksakan kesehatan hewan peliharaan di beberapa klinik hewan yang bekerja sama dengan Halodoc. Cara pemesanannya mudah sekali, hanya dengan download aplikasi Halodoc, kamu bisa mencari klinik yang sesuai dengan keinginan. Dengan begitu, kesehatan hewan peliharaan kamu dapat terjamin.

Referensi:
Purina. Diakses pada 2021. Can Cats Eat Raw Chicken.
Pawesome Cats. Diakses pada 2021. Is it Safe for Cats to Eat Raw Meat? Your Safety Concerns Answered.