• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Apakah Manfaat Memberi Oatmeal untuk MPASI Bayi?

Apakah Manfaat Memberi Oatmeal untuk MPASI Bayi?

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
undefined

Halodoc, Jakarta – Menginjak usia enam bulan, Si Kecil membutuhkan nutrisi tambahan dari makanan selain ASI untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangannya yang pesat. Buah dan sayuran adalah makanan yang sering direkomendasikan di awal-awal pemberian MPASI Si Kecil. Namun, ternyata bukan cuma buah dan sayuran saja lho yang bisa ibu coba berikan untuk Si Kecil.

Biji-bijian yang kaya serat seperti oatmeal nyatanya juga bagus untuk dikonsumsi oleh bayi. Oatmeal adalah makanan yang sangat baik untuk bayi yang sudah mulai makan makanan padat. Biji-bijian yang satu ini terkenal kandungannya yang kaya akan serat, protein, dan vitamin. 

Baca juga: Cara Mengolah MPASI yang Aman dan Sehat

Manfaat Oatmeal untuk MPASI Bayi

Melihat kandungannya yang menyehatkan, pemberian oatmeal pada Si Kecil pastinya memberikan sejumlah manfaat kesehatan berikut:

1. Meningkatkan Nilai Gizi

Beberapa anak mungkin mengalami alergi terhadap gluten, sehingga tidak dapat mengonsumsi biji-bijian seperti gandum, gandum hitam, dan barley. Namun, anak yang alergi gluten umumnya dapat mengonsumsi gandum bebas gluten yang kandungan vitamin dan mineralnya tak kalah baik dengan biji-bijian esensial tersebut. Jadi, memberikan oatmeal untuk MPASI bayi membantu meningkatkan nilai gizi dari diet bebas gluten yang dapat menyebabkan kekurangan nutrisi pada bayi.

2. Mengatasi Sembelit

Kandungan serat dalam oatmeal yang cukup tinggi mampu mengatasi sembelit yang kerap dialami bayi. Banyak pakar medis yang sering merekomendasikan gandum untuk dikonsumsi saat seseorang mengalami mengalami sembelit. Saran ini ternyata bukan cuma berlaku untuk orang dewasa saja, ini bahkan bekerja untuk bayi.

3. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Oatmeal mengandung sejenis gula yang disebut beta-glukan yang dianggap dapat meningkatkan produksi sel dalam sistem kekebalan tubuh. Ketika dikonsumsi secara teratur, oatmeal dipastikan dapat menjaga sistem kekebalan tubuh tetap sehat, yang merupakan keuntungan bagi bayi yang sedang tumbuh.

4. Mengurangi Peradangan

Oatmeal mengandung senyawa yang disebut avenanthramides yang dapat membantu mengurangi peradangan akibat infeksi dan luka. Bagi bayi yang mengidap penyakit autoimun, ini tentunya manfaat yang cukup besar karena oatmeal memiliki sifat anti-inflamasi yang mampu mengurangi peradangan.

Baca juga: Mulai Tumbuh Gigi, Ini Makanan Sehat Sehat Padat Pilihan untuk Si Kecil

5. Meningkatkan Sensitivitas Insulin

Bayi yang lahir dengan diabetes tipe-1 bawaan dapat memperoleh manfaat dari oatmeal karena gandum terbukti dapat mengurangi resistensi insulin. Artinya, tubuh mampu menggunakan insulin dengan lebih baik, sehingga mampu mengurangi gejala diabetes.

6. Meringankan GERD

Salah satu pilihan pengobatan untuk bayi yang mengidap gastroesophageal reflux (GERD) adalah memberi mereka makanan padat dalam bentuk bubur yang lebih kental. Oatmeal dianggap sebagai alat pengental makanan yang aman dan sehat untuk bayi dengan kondisi seperti ini. 

Ada berbagai macam jenis oatmeal yang bisa ibu temui di pasaran. Namun, melansir dari Mom Junction, steel cut oatmeal adalah jenis oatmeal terbaik untuk bayi karena belum diproses dan masih mempertahankan semua nutrisi dari gandum utuh. Oatmeal jenis ini merupakan oat yang dibuat dari roti gandum utuh lalu dicincang kasar, sehingga teksturnya sedikit lebih kasar dan berbentuk bulir-bulir.

Baca juga: 4 Bahan Alami Pengganti Gula untuk MPASI

Punya pertanyaan lain seputar MPASI untuk Si Kecil? Ibu bisa bertanya-tanya lebih lanjut dengan dokter anak maupun ahli gizi lewat aplikasi Halodoc. Tidak perlu repot keluar rumah, lewat aplikasi ini ibu bisa menghubungi dokter atau ahli gizi kapan dan di mana saja via Chat atau Voice/Video Call.

Referensi:
Mom Junction. Diakses pada 2020. Oatmeal For Babies: When They Can Have, Benefits And Recipes.
Parenting Firstcry. Diakses pada 2020. Oats for Babies – Health Benefits & Recipes.