Apakah Olahraga Tanpa Diet Bisa Buat Tubuh Kurus?

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   11 November 2020
Apakah Olahraga Tanpa Diet Bisa Buat Tubuh Kurus?Apakah Olahraga Tanpa Diet Bisa Buat Tubuh Kurus?

Halodoc, Jakarta - Saat merasa berat badan sudah sangat berlebih, berarti saatnya menurunkannya agar tubuh terlihat lebih fit. Setiap orang memiliki cara yang berbeda-beda untuk menurunkan berat badan, salah satunya adalah dengan berolahraga secara rutin. Meski begitu, apakah dengan berolahraga tanpa melakukan diet dapat efektif untuk membuat tubuh menjadi lebih kurus? Berikut pembahasan lengkapnya!

Efektifkah Menurunkan Berat Badan dengan Olahraga Tanpa Diet

Semua orang tahu jika berolahraga secara rutin dapat memberikan banyak manfaat pada tubuh. Beberapa manfaat tersebut, antara lain membuat jantung lebih sehat, tulang dan otot menjadi lebih kuat, hingga meningkatkan metabolisme yang baik untuk membakar lemak, sehingga berat badan dapat menurun dengan signifikan. Tentu membaca hal tersebut dapat membuat kamu lebih semangat untuk melakukannya.

Baca juga: 6 Cara Mudah Menurunkan Berat Badan Selain Diet dan Olahraga

Meski begitu, apakah dengan berolahraga tanpa mengombinasikannya dengan diet dapat efektif untuk menurunkan berat badan?

Jawabannya adalah tidak. Meski kamu sudah melakukan olahraga secara rutin, tetapi perubahan terkait berat badan tidak akan terlalu banyak tanpa mengubah pola makan. Selain itu, pencegahan terkait beberapa penyakit berbahaya, seperti penyakit jantung, diabetes, dan lainnya juga menjadi kurang efektif. Maka dari itu, ada baiknya untuk melakukan keduanya secara bersamaan agar hasil yang diinginkan tercapai.

Memang, untuk menurunkan berat badan setiap orang perlu membakar lebih banyak kalori dibandingkan yang masuk ke tubuh. Jika tubuh tidak mengalami defisit kalori, maka penurunan berat badan tentu saja menjadi mustahil. Selain itu. jika kamu hanya aktif berolahraga tanpa melakukan diet, kalori yang ada di dalam tubuh mungkin saja digunakan untuk meningkatkan massa otot, sehingga tidak terjadi perubahan pada berat badan.

Untuk menurunkan berat badan, kamu harus membuat tubuh defisit sebanyak 3.500 kalori. Selama satu minggu, kamu dapat memotong 500 kalori dari asupan harian saat melakukan diet atau 250 kalori berasal dari makanan dan 250 kalori lainnya dibakar melalui olahraga. Sebenarnya, mengurangi 500 kalori tidak terlalu sulit dilakukan jika sudah memiliki keinginan yang kuat terkait hal tersebut.

Baca juga: Diet Protein Tanpa Olahraga, Seberapa Efektif Hasilnya?

Jika kamu masih memiliki pertanyaan terkait keefektivitasan olahraga tanpa melakukan diet untuk menurunkan berat badan, dokter dari Halodoc dapat menjelaskan dengan lebih rinci. Caranya mudah saja, kamu hanya perlu download aplikasi Halodoc dan dapatkan kemudahan terkait akses kesehatan hanya dengan genggaman tangan!

Nah, sekarang kamu juga harus tahu jenis makanan apa saja yang cocok untuk dikonsumsi untuk menurunkan berat badan agar efektif. Berikut ini beberapa makanan tersebut:

  • Biji-bijian: Kamu dapat mengonsumsi biji-bijian utuh atau makanan yang menggunakan bahan dasar tersebut. Cobalah untuk mengonsumsi roti gandum atau nasi merah. Semua makanan tersebut menyediakan vitamin B dan mineral yang penting untuk menjaga rasa kenyang dan tingkat energi agar konsentrasi tetap prima.
  • Salmon: Makanan lainnya yang dapat kamu konsumsi agar berat badan menurun adalah ikan salmon. Jenis makanan laut ini merupakan sumber protein yang tinggi asam lemak omega-3, DHA, dan EPA. Kandungan tersebut memiliki fungsi sebagai anti-inflamasi serta dapat memenuhi kebutuhan protein harian untuk menjaga pertumbuhan dan perkembangan tubuh.

Baca juga: Olahraga atau Diet yang Cepat Merampingkan Badan?

Sekarang kamu tahu jika olahraga dan diet sama pentingnya untuk memangkas kalori yang masuk ke tubuh, sehingga penurunan berat badan dapat terjadi. Dengan rutin berolahraga, metabolisme tubuh menjadi lebih cepat yang membuat diet lebih efektif saat dilakukan. Lakukan rutinitas tersebut selama seminggu, maka penurunan berat badan dapat terlihat setelahnya.

Referensi:
Baptist Health South Florida. Diakses pada 2020. Here’s Why Exercise — Without Dieting — Doesn’t Work for Weight Loss.
Web MD. Diakses pada 2020. Can I Lose Weight Without Dieting?
Cleveland Clinic. Diakses pada 2020. Weight Loss: Can You Do It With Exercise Alone?


Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan