Atasi Flu pada Anak dengan Cara Alami yang Tepat

Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   27 Februari 2021
Atasi Flu pada Anak dengan Cara Alami yang TepatAtasi Flu pada Anak dengan Cara Alami yang Tepat

Halodoc, Jakarta - Bagi orangtua, kesehatan anak adalah hal utama yang perlu diperhatikan. Apalagi jika anak masih dalam usia yang terbilang muda. Ada berbagai penyakit yang rentan dialami oleh anak-anak. Salah satunya adalah penyakit flu. Flu atau yang dikenal sebagai influenza merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus yang menyerang hidung, tenggorokan, serta paru-paru.

Baca juga: Mengapa Anak Sering Flu dan Batuk di Masa Pertumbuhan?

Meskipun flu sangat umum terjadi pada anak-anak, tetapi kondisi ini perlu segera diatasi. Penanganan yang tepat tentunya membuat gejala flu yang dialami anak dapat mereda. Selain perawatan di rumah, ibu juga bisa memberikan balsam anak atau bayi yang memiliki kandungan alami dan mampu meredakan gejala flu. Yuk, cari tahu mengatasi flu pada anak dengan cara alami dan tepat, di sini!


Kenali Gejala Flu pada Anak

Kondisi imun tubuh anak yang belum optimal, membuat anak menjadi lebih rentan terpapar virus maupun bakteri. Salah satunya adalah penyakit flu. Penyakit ini menjadi salah satu penyakit yang cukup rentan dialami oleh anak-anak. Apalagi flu merupakan penyakit yang mudah menular. 

Penularan dapat terjadi ketika anak berdekatan dengan pengidap flu, terpapar percikan air liur pengidap flu, hingga menyentuh permukaan objek yang telah terkontaminasi virus influenza. Tidak hanya itu, kondisi cuaca yang kini memasuki musim hujan, membuat kondisi anak lebih rentan mengalami paparan virus influenza. 

Bahkan, masa pandemi yang membuat anak banyak menghabiskan waktu di rumah pun, masih berisiko membuat anak mengalami penyakit flu. Untuk itu, ibu perlu mengetahui gejala flu agar penanganan dapat dilakukan dengan tepat.

Gejala flu akan dialami oleh anak-anak setelah dua hari terpapar virus penyebab flu. Demam ringan, kelelahan, batuk, pilek, hidung tersumbat, susah tidur hingga sakit kepala menjadi tanda gejala flu yang sebaiknya tidak diabaikan.

Baca juga: Kapan Sebaiknya Bawa Anak ke Dokter saat Alami Flu?


Atasi Flu Anak dengan Cara Tepat

Gejala flu dapat membuat anak terlihat nyaman dengan kondisinya. Untuk meredakan gejala flu, ada beberapa hal yang bisa ibu lakukan. Mulai dari memenuhi kebutuhan cairan tubuh anak, perbanyak istirahat, hingga perhatikan asupan yang dikonsumsi oleh anak. Terpenuhinya vitamin dan nutrisi membuat imun tubuh anak dapat bekerja optimal dan meredakan gejala flu.

Tidak hanya itu, ibu bisa mengatasi flu anak dengan memanfaatkan balsam bayi atau anak. Namun, pilihlah balsam yang tepat dengan kandungan alami sehingga lebih aman dan nyaman pada kulit bayi. 

Kini, ibu bisa menggunakan Transpulmin, balsam yang terbuat dari bahan alami Eucalyptus dan ekstrak bunga Chamomile yang efektif mengatasi gejala flu pada bayi atau anak. Namun, pastikan penggunaan balsam sesuai dengan usia anak. Ibu jangan khawatir, Transpulmin menyediakan dua jenis balsam untuk bayi maupun anak-anak.

Transpulmin Baby bisa digunakan untuk usia anak 0–2 tahun. balsam ini sudah direkomendasikan oleh para ahli lebih dari 30 tahun, karena bahan alaminya yang ampuh dan aman. Selain itu, kandungan alami dalam Transpulmin Baby sangat aman untuk menghindari risiko iritasi kulit bayi. Sedangkan Transpulmin Kids, cocok untuk anak usia 2 tahun ke atas, karena formula bahan alaminya lebih hangat, dengan tambahan seperti Menthol dan Sage Oil.

Transpulmin Baby dan Transpulmin Kids dapat dipakai 2–3 kali per hari. Balurkan Transpulmin pada bagian dada, punggung, serta leher bayi atau anak sesuai dengan kebutuhan.

Uniknya, bukan hanya untuk meredakan gejala flu pada anak. Transpulmin sangat aman untuk digunakan setiap hari guna memberikan rasa nyaman dan hangat pada bayi maupun anak. Penggunaan balsam Transpulmin pun dinilai mampu meredakan gejala demam, mengatasi perut kembung, hingga memberikan efek relaksasi dari aromanya. 

Baca juga: 5 Tips Ampuh Mengatasi Flu pada Si Kecil

Ibu bisa mendapatkan Transpulmin Baby dan Transpulmin Kids dengan mudah melalui aplikasi Halodoc. Caranya, download Halodoc melalui App Store atau Google Play, kemudian beli obat melalui aplikasi sekarang juga. Yuk, tunggu apalagi? Selalu siapkan Transpulmin Baby Balsam di rumah agar anak selalu terbebas dari gejala flu yang bisa datang kapan saja!

Referensi:
Kids Health. Diakses pada 2021. The Flu (Influenza).
Johns Hopkins Medicine. Diakses pada 2021. Influenza in Children. 



Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan