Atasi Perasaan Terjebak Situasi Sulit dengan Cara Ini

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   06 Januari 2021
Atasi Perasaan Terjebak Situasi Sulit dengan Cara IniAtasi Perasaan Terjebak Situasi Sulit dengan Cara Ini

Halodoc, Jakarta - Hidup tidak selalu berjalan seperti yang sudah direncanakan, karena terkadang ada saja halangan yang mungkin sulit untuk dilewati. Meski begitu, bukan hal mudah untuk melewati semua hal tersebut. Pasalnya, hal yang sulit untuk didapatkan saat menghadapi situasi yang terbilang sulit untuk dilewati adalah, mendapatkan perasaan untuk tenang dan percaya bahwa semua masalah yang ada dapat dilalui. Nah, berikut beberapa cara untuk melewati masa-masa tersebut!

Cara Keluar dari Situasi yang Sulit Dilewati

Setiap orang pasti pernah mengalami situasi yang sulit dan merasa tidak melakukan apa pun dalam hidupnya. Memang, hal tersebut merupakan bagian dari kehidupan saat tidak tahu apa yang harus dilakukan, bagai orang yang kehilangan arah. Di saat bersamaan, rasa cemas yang berlebihan mungkin saja timbul dan mulai untuk memaksakan diri melakukan sesuatu, seperti menghasilkan ide dan mewujudkannya.

Baca juga: Bingung Mengambil Keputusan? Ternyata Ini yang Terjadi di Otak

Saat seseorang merasakan situasi yang sulit dan merasa terjebak, hal tersebut mungkin terjadi karena berpikir harus menjadi sesuatu yang bukan bagian dari diri sendiri. Kamu mungkin kerap mencoba untuk memaksakan diri melakukan sesuatu yang tidak disukai. Maka dari itu, kamu harus tahu beberapa cara yang dapat dilakukan agar dapat keluar dari situasi yang sulit untuk dilewati. Berikut ini beberapa caranya:

1. Pahami Situasinya

Banyak orang yang ingin melewati situasi sulit, tetapi tidak memahami tentang situasi yang sedang terjadi. Bahkan, beberapa orang menyangkal situasi yang sedang terjadi dan terus menghindari masalah yang ada sehingga semakin berlarut-larut. Cobalah untuk memahami situasi yang ada, terlepas dari perasaan terkait hal tersebut. Pastikan kamu siap untuk melewati situasi tersebut, meski tidak dapat mengubahnya. Dengan begitu, kamu akan dapat menerimanya dan terus melakukan aktivitas tanpa adanya beban.

2. Membuat Rencana

Cobalah untuk membuat rencana yang potensial saat menghadapi situasi sulit tersebut. Faktanya, kamu cenderung memiliki lebih banyak opsi daripada yang dipikirkan. Cobalah untuk meluangkan waktu terkait cara untuk menghadapi situasi yang sulit dan membuat perasaan menjadi terjebak ini. Paling tidak rencana yang akan dibuat dapat membuat segala hal menjadi lebih baik, meski tidak sepenuhnya selesai.

Jika kamu masih memiliki pertanyaan terkait cara yang tepat untuk melewati situasi sulit, psikolog dari Halodoc siap memberikan saran yang paling tepat. Caranya mudah, hanya dengan download aplikasi Halodoc, kamu dapat berinteraksi langsung dengan ahli medis berpengalaman yang mampu membantu untuk mengatasi masalah yang dirasakan. Maka dari itu, unduh aplikasinya sekarang juga!

Baca juga: Pengidap Skizofrenia Sulit Melakukan Interaksi Sosial

3. Ubah Sesuatu yang Bisa Dilakukan

Untuk keluar dari sebuah situasi, kamu harus mengidentifikasi sesuatu yang dapat dikendalikan dan memunculkan tekad guna membuat perubahan. Namun, jika tidak dapat mengubah situasinya, cobalah diawali dengan mengubah sikap. Meskipun hal tersebut sepertinya sulit untuk dilakukan dalam waktu singkat, tetapi cobalah untuk melakukannya secara perlahan. Memang semua hal membutuhkan proses yang harus dilalui dengan kerja keras. Niscaya, perubahan dapat terjadi secara perlahan.

4. Identifikasi Sesuatu yang Tidak Dapat Diubah

Jangan pernah membuang waktu dan energi untuk sesuatu yang tidak dapat kamu ubah. Hal yang harus dipahami adalah kamu tidak dapat mengubah orang lain dan masa lalu. Menghabiskan waktu hanya untuk menyesal tidak akan menghasilkan apa pun. Dengan menerima situasi atau kenyataan yang terjadi, kamu akan mulai bergerak maju, meskipun tahu jika hal tersebut mungkin sulit dan terasa tidak adil.

Baca juga: Gelisah Tanpa Sebab, Ini 9 Cara Sederhana Mengobatinya

Itulah beberapa hal yang dapat dilakukan untuk melewati masa sulit yang membuat diri terasa terjebak. Pastikan kamu melakukan hal yang benar agar dapat kembali melangkah untuk melupakan semua yang telah terjadi dan menatap masa depan yang lebih cerah. Dengan begitu, segala peluang yang ada di depan mata dapat digapai.

Referensi:
Life Hack. Diakses pada 2021. 7 Steps To Accept Tough Situations In Life.
Tiny Buddha. Diakses pada 2021. Why We Feel Stuck in Life and the Secret to Dealing with It.


Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan