Awas, 5 Kebiasaan Ini Sebabkan Batuk Pilek pada Si Kecil

Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   03 Januari 2021
Awas, 5 Kebiasaan Ini Sebabkan Batuk Pilek pada Si KecilAwas, 5 Kebiasaan Ini Sebabkan Batuk Pilek pada Si Kecil

Halodoc, Jakarta – Si Kecil sering mengalami batuk pilek? Coba perhatikan, jangan-jangan ia sering melakukan kebiasaan buruk yang bisa memicu penyakit tersebut terjadi. Batuk pilek merupakan penyakit yang sering dialami oleh anak-anak. Anak yang berusia kurang dari usia 2 tahun bisa terkena batuk pilek sebanyak 8-10 kali dalam setahun.

Sedangkan anak yang berusia lebih dari 2 tahun bisa mengalami penyakit tersebut hingga 9-12 kali dalam setahun. Anak-anak rentan terkena batuk pilek karena daya tahan tubuh mereka masih belum kuat untuk melawan virus yang masuk. 

Baca juga: Anak Alami Batuk, Ini 5 Cara Mengatasinya

Kebiasaan Buruk Penyebab Batuk Pilek pada Anak

Beberapa kebiasaan buruk yang dilakukan Si Kecil tanpa sadar dapat meningkatkan risikonya untuk terserang batuk pilek, yaitu: 

1.Malas Mencuci Tangan

Kebanyakan anak-anak suka menyentuh dan memegang benda apa saja yang ada di sekitarnya. Padahal, benda-benda tersebut bisa saja sudah terkontaminasi oleh virus yang menjadi penyebab batuk pilek. 

Gagang pintu, pegangan tangga, buku, pulpen, remote TV, dan keyboard laptop adalah beberapa benda pembawa virus flu yang umum. Virus bisa menempel di salah satu benda tersebut selama beberapa jam. Bila Si Kecil memegang benda bervirus tersebut lalu memasukkan tangan ke mulut, hidung atau menggosok mata, virus bisa masuk ke dalam tubuhnya dan menyebabkan batuk pilek. 

Penting sekali untuk mengajarkan Si Kecil untuk rajin mencuci tangan dengan sabun dan air bersih, terutama sebelum dan sesudah makan, setelah buang air kecil dan buang air besar, dan setelah bermain. Bila tidak ada air dan sabun, gunakan hand sanitizer untuk membersihkan tangan Si Kecil.

Baca juga: 4 Cara Membiasakan Gaya Hidup Sehat pada Anak

2.Menyentuh Wajah

Kebiasaan menyentuh wajah, seperti mata, hidung, dan mulut, yang sering dilakukan anak-anak juga bisa menjadi penyebab mereka rentan terserang batuk pilek. Pasalnya, kebiasaan tersebut bisa menjadi cara bagi kuman yang mungkin menempel di tangan Si Kecil untuk masuk ke dalam tubuh dan membuatnya sakit, apalagi bila Si Kecil malas mencuci tangan.

Selain membiasakan Si Kecil untuk rajin cuci tangan, ibu juga perlu mengingatkannya untuk tidak menyentuh wajah sebelum mencuci tangan. Bukan hanya Si Kecil saja yang perlu menjaga kebersihan tangannya, ayah dan Ibu juga perlu mencuci tangan dulu ya sebelum menyentuh Si Kecil, terutama di bagian wajah.

3.Susah Makan dan Minum

Sebagian anak susah bila diberi makan atau minum, apalagi bila ibu meminta Si Kecil untuk makan sayur dan buah. Nah, kebiasaan tersebut bisa membuat anak tidak mendapatkan asupan nutrisi yang cukup yang penting untuk menjaga daya tahan tubuhnya tetap kuat. Akibatnya, Si Kecil akan rentan terserang batuk pilek.

Baca juga: Ini 6 Cara Bujuk Anak untuk Makan Buah

4.Berbagi Peralatan Makan dengan Orang Lain

Makan atau minum dari peralatan makan yang sama dengan orang lain juga bisa membuat Si Kecil rentan terserang batuk pilek, meskipun orang lain itu adalah orangtua atau saudaranya sendiri. Apalagi bila orang lain tersebut sedang batuk pilek.

5.Susah Tidur

Si Kecil sering menolak bila diminta untuk tidur siang dan lebih memilih bermain? Pada malam hari pun, ia bisa bermain sampai larut dan tidak mau tidur? Hati-hati, kebiasaan buruk tersebut bisa menyebabkan Si Kecil rentan terkena batuk pilek, lho. Kurang tidur bisa membuat daya tahan tubuh anak melemah, hingga akhirnya rentan terserang penyakit.

Itulah kebiasaan buruk yang bisa menyebabkan anak mengalami batuk pilek. Orangtua bisa mendorong anak untuk mengubah kebiasaan buruk tersebut dan mengajarkan kebiasaan yang baik dan sehat agar bisa terhindar dari batuk dan pilek.

Bila anak batuk pilek, jangan khawatir. Gunakan saja aplikasi Halodoc untuk bertanya pada dokter anak mengenai cara yang tepat untuk mengatasi batuk pilek pada anak. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga untuk membantu menjaga kesehatan ibu sekeluarga.

Referensi:
WebMD. Diakses pada 2020. Children and Colds.
Raising Children. Diakses pada 2020. Cough.


Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan