• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Awas, Hewan Peliharaan Juga Rentan Terkena Virus Corona

Awas, Hewan Peliharaan Juga Rentan Terkena Virus Corona

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Hebohnya virus corona di Cina membuat banyak orang panik dan berusaha untuk melindungi diri dari penyakit tersebut. Hal tersebut karena sejauh ini belum ada obat yang ampuh untuk menanganinya, dan korban pun makin bertambah dari hari ke hari.

Penyebaran virus yang mirip dengan influenza ini terjadi secara masif. Seseorang yang terserang penyakit ini dapat menjangkiti orang lain melalui batuk atau bersin. Maka dari itu, sangat penting untuk setiap orang mengenakan masker saat ke luar rumah.

Disebut-sebut juga virus ini berasal dari hewan. Bukan tidak mungkin hewan peliharaan terjangkit dan menularkannya kepada pemiliknya. Untuk itu, kamu harus tahu cara mencegah virus tersebut menyerang dan menjangkiti kamu. Berikut bahasan lengkapnya!

Baca juga: 3 Fakta Terbaru Penyebaran Virus Corona

Virus Corona Rentan Menyerang Hewan Peliharaan

Virus corona adalah virus yang dapat menyebabkan infeksi pada manusia dan beberapa hewan seperti kucing, unta, hingga kelelawar. Memang, penyakit ini dapat menyerang hewan dan manusia. Maka dari itu, penting untuk melindungi diri dan hewan peliharaan kamu agar tidak terserang virus ini.

Awalnya, virus ini akan menjangkiti hewan dan berevolusi. Setelah masuk ke tubuh manusia, penyebaran antar manusia akan terjadi sehingga wabahnya menyebar dengan cepat. Penyakit yang juga mendapat sebutan 2019-nCoV ini dapat menyebabkan wabah yang menyebar dengan cepat dan terlokalisir, seperti yang terjadi di Wuhan.

Saat artikel ini ditulis, jumlah korban akibat virus corona tercatat sebanyak 7.711 kasus dengan kematian sebanyak 170 korban. Angka ini terus meningkat setiap harinya, sehingga semua negara lainnya berusaha keras untuk mencegah virus tersebut masuk ke negaranya agar tidak menyebar.

Salah satu hal yang harus diperhatikan adalah kesehatan dari hewan peliharaan. Hal tersebut sangat penting dilakukan agar dapat mencegah virus mematikan tersebut untuk masuk ke tubuhmu. Maka dari itu, kamu harus tahu beberapa cara untuk mencegah agar hewan tersebut terjangkit. Berikut beberapa caranya:

  1. Rutin Diperiksakan

Pastikan hewan peliharaanmu selalu rutin diperiksakan kesehatannya. Bukan tidak mungkin hewan tersebut terlihat sehat, tetapi mempunyai bakteri atau virus di tubuhnya. Hal tersebut tidak memberi dampak padanya, tetapi dapat memberi dampak buruk jika masuk ke tubuh manusia. Pencegahan dari hal tersebut yang harus dilakukan.

Baca juga: Ini Masker yang Tepat untuk Cegah Virus Corona

  1. Rajin Memandikan dan Mencuci Tangan

Hal lainnya yang dapat dilakukan agar hewan peliharaan tidak mudah terserang virus corona adalah dengan rajin memandikannya. Dengan menjaga kebersihan tubuhnya, kamu dapat menghindarkan virus atau kuman menempel terlalu lama. Selain itu, kamu juga harus mencuci tangan setelah memegangnya, terutama ketika akan makan.

Virus corona yang terjadi dapat berbahaya. Maka dari itu, jika kamu mempunyai pertanyaan tentang itu, dokter dari Halodoc siap membantu. Pencegahan awal memang sangat penting untuk dilakukan, seperti menggunakan masker. Kamu pun dapat membeli masker melalui aplikasi Halodoc. Tanpa perlu ke luar rumah, pesanan akan diantar ke tempat tujuan. Praktis kan?

  1. Memperhatikan Gejala yang Terjadi

Memang virus corona terbilang jarang menimbulkan gejala pada hewan, tetapi bukan tidak mungkin ada gejala yang timbul. Beberapa gejala yang dapat terjadi adalah diare mendadak, tubuh yang kerap lesu, serta nafsu makan yang menurun. Selain itu, diare yang terjadi mungkin saja mengandung darah atau lendir. Jika gejala ini terjadi, ada baiknya langsung memeriksakannya ke dokter hewan.

Baca juga: Wabah Virus Corona, Ini 2 Jenis Masker yang Perlu Diketahui

Itulah beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk menjaga kesehatan hewan peliharaan agar tidak mudah terserang virus, termasuk juga virus corona. Dengan begitu, kemungkinan untuk menyerang pemilik hewan tersebut juga akan menurun. Hal yang pasti harus dilakukan adalah menjaga kebersihan hewan, kandang, dan buang kotorannya dengan baik.

Referensi:
ECDC. Diakses pada 2020. Q & A on the novel coronavirus
Iheartdogs. Diakses pada 2020. Can My Dog Get Coronavirus?