• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Bagaimana Cara Membangun Kepercayaan dengan Sahabat?

Bagaimana Cara Membangun Kepercayaan dengan Sahabat?

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
undefined

Halodoc, Jakarta – Seperti halnya dalam semua hubungan, dalam persahabatan pun butuh kepercayaan untuk membangun dan memperkuat persahabatan. Kepercayaan memungkinkan kamu merasa aman dengan sahabat, aman membuat rencana, serta aman berbagi tentang diri dan hidup. 

Kepercayaan mengharuskan kamu untuk menepati janji dan menunjukkan kalau kamu bisa diandalkan serta rasa hormat kepada sahabatmu. Mengkhianati kepercayaan seorang teman, dapat merusak persahabatan. Bagaimana cara membangun kepercayaan dengan sahabat? Baca selengkapnya di sini!

Tips Membangun Kepercayaan dengan Sahabat

Membangun kembali kepercayaan membutuhkan waktu, kesabaran, dan kerja keras. Itu semua bisa dilakukan jika kedua orang termotivasi dan mau sama-sama bekerja sama. Berikut adalah tips membangun kepercayaan dengan sahabat!

1. Katakan Apa yang Ingin Kamu Katakan

Jika kamu ingin meningkatkan kepercayaan dalam hubungan, kamu harus berhenti mengatakan hal-hal yang sebenarnya tidak ingin katakan ataupun tidak mewakili perasaanmu. Apa yang tampak seperti kebohongan kecil, bisa membuat orang tersebut tidak mempercayai lagi apa yang kamu sampaikan. 

2. Melewati Masa Sulit Bersama

Untuk membangun kepercayaan dengan sahabat, kamu harus bisa dan mau melewati masa sulit bersama. Membangun kepercayaan membutuhkan kemauan untuk membuka diri terhadap potensi risiko sakit hati, membicarakan sesuatu yang memalukan dari masa lalu, membiarkan mereka mengetahui apa yang membuat kamu takut saat ini, menunjukkan bagian dari diri yang menurutmu tidak menarik, intinya menjadi diri sendiri, sekaligus mau menerima kekurangan si sahabat.

3. Menghormati Sahabat

Ketika kamu sedang mencoba menjalin persahabatan dengan seseorang, terkadang ada masa di mana kamu menunjukkan sisi terburukmu kepada dia begitu juga sebaliknya. Persahabatanmu diuji ketika kamu dan dia tetap saling menghormati meski kamu sudah melihat sisi terburuk dia begitu juga sebaliknya.

4. Ekspresikan Perasaan 

Keintiman emosional sebagiannya berasal dari bagaimana kamu dapat mengungkapkan perasaan kepada seseorang, dan bahwa mereka akan tetap peduli padamu, bahwa mereka tidak akan memutuskan hubungan begitu saja kesediaan untuk mendengarkan. 

Itu berarti kamu tahu bahwa mereka akan meluangkan waktu untuk memahami sudut pandangmu. Ini memerlukan kematangan untuk dapat berbicara tentang perasaan tanpa berteriak, menyerang secara verbal, atau menutup percakapan. Tentu saja, sangat mudah untuk memiliki hubungan intim non-emosional di mana setiap orang berpura-pura bahwa semuanya baik-baik saja, dan tidak ada orang yang membiarkan orang lain masuk, karena tidak ada orang yang benar-benar cukup mempercayai orang lain untuk menangani perasaan atau pikirannya.

7. Bersedia Memberi dan Menerima

Penelitian menunjukkan persahabatan menunjukkan betapa pentingnya timbal balik untuk hubungan yang solid. Tidak selamanya setiap orang memberi persis seperti yang mereka terima, tetapi keduanya seharusnya merasa nyaman dengan level tersebut.

8. Membangun Kepercayaan Butuh Waktu

Membangun dan mendapatkan kepercayaan membutuhkan waktu. Membangun kepercayaan adalah komitmen harian. Jangan membuat kesalahan dengan berharap terlalu banyak terlalu cepat. Untuk membangun kepercayaan, pertama-tama ambil langkah kecil dan lakukan komitmen kecil dan kemudian, saat kepercayaan tumbuh, kamu akan lebih nyaman membuat dan menerima komitmen yang lebih besar. Taruh kepercayaan dan kamu biasanya akan mendapatkan kepercayaan sebagai balasannya.

9. Hargai Hubungan yang Kamu Miliki 

Kepercayaan sering kali dihasilkan dari konsistensi. Kamu cenderung paling percaya pada orang-orang yang selalu ada untukmu saat melalui saat-saat baik dan buruk. 

Itulah cara membangun kepercayaan dengan sahabat. Kalau kamu punya masalah kesehatan tanyakan saja ke Halodoc. Mau buat janji temu dokter tanpa harus antre? Gunakan Halodoc saja ya!

Referensi:
Psychology Today.com. Diakses pada 2021. 7 Ways to Build Trust in a Relationship.
Positive Psychology.com. Diakses pada 2021. 10 Ways To Build Trust in a Relationship.