Bagaimana Cara Memilih Kandang Hamster yang Tepat?

Ditinjau oleh  Redaksi Halodoc   15 Maret 2021
Bagaimana Cara Memilih Kandang Hamster yang Tepat?Bagaimana Cara Memilih Kandang Hamster yang Tepat?

Halodoc, Jakarta – Kandang menjadi salah satu hal yang penting dan harus diperhatikan saat memelihara binatang, termasuk hamster. Meski memiliki ukuran tubuh yang mini, bukan berarti hamster bisa dan boleh diberikan kandang yang kecil pula. Nyatanya, ada tips dan ukuran ideal yang dianjurkan dalam memilih kandang hamster. 

Kamu mungkin membayangkan kandang hamster berbentuk kecil dengan sebuah roda atau mainan untuk tempatnya bermain. Hal itu memang sering digambarkan sebagai “kandang hamster ideal” dan boleh saja dibuat seperti itu. Namun, pehatikan ukuran dari kotak atau kandang hamster. Untuk hamster yang berukuran kecil, cobalah untuk memilih kandang yang memiliki ukuran panjang 15 inch dan tinggi 12 inch atau lebih.

Baca juga: Inilah Cara Tepat Memelihara Hamster di Rumah

Panduan Memelihara Hamster di Rumah 

Ukuran kandang hamster harus disesuaikan dengan ukuran tubuh dan aktivitas fisiknya. Memang hamster merupakan hewan bertubuh kecil, tapi hamster memiliki tingkat keaktifan yang tidak berbeda jauh dengan hewan lainnya. Maka dari itu, penting untuk memberi ruang yang memadai gerakan hamster dan tidak membuatnya kesulitan. 

Hewan ini juga senang bermain. Selain kotak, kamu bisa memanfaatkan aquarium yang berukuran sedang untuk menjadi kandang hamster. Dengan begitu, hewan peliharaan bisa dengan mudah berbgerak. Tambahkan beberapa mainan, seperti roda untuk tempat hamster melakukan aktivitas fisik. Dengan begitu, kandang hamster akan terasa lebih menyenangkan dan membuatnya nyaman. 

Akuarium yang memiliki ukuran luas lantai minimal 60 cm bisa dijadikan pilihan untuk kandang hamster. Selain memperhatikan ukuran, penting juga untuk memastikan keamanan dan kebersihan kandang hamster. Pastikan untuk melapisi lantai akuarium dengan alas yang terbuat dari serbuk kayu atau pasir khusus untuk hamster. 

Baca juga: 4 Tips Memilih Hewan Peliharaan untuk Anak

Disarankan untuk selalu mengganti alas yang digunakan di kandang hamster, setidaknya sekali dalam seminggu. Selain itu, penting juga untuk membersihkan kandang secara teratur dengan air hangat dan sabun. Agar hamster lebih nyaman dan selalu sehat, kandang hamster sebaiknya diletakkan di ruangan bersuhu hangat dan jauhkan dari paparan sinar matahari langsung. 

Ukuran kandang hamster harus diperhatikan, tapi ada hal lain yang tidak kalah pentingnya, yaitu alas kandang. Ukuran untuk alas yang digunakan juga harus diperhatikan. Pasalnya, alas di kandang memiliki fungsi untuk menyerap urine hamster dan menciptakan rasa nyaman di kandang hamster. Jika alasnya tidak baik, tentu saja kenyamanan di dalam kandang hamster akan berkurang. 

Biar lebih aman dan nyaman, pastikan untuk menggunakan alas yang berukuran 2 inci atau 5 cm dari dasar kandang. Pilih bahan terbaik untuk dijadikan alas di kandang hamster. Tidak dianjurkan untuk menggunakan alas dari kayu pinus atau cedar. Sebab, jenis kayu ini bisa melukai hamster dan menyebabkan rasa tidak nyaman. 

Sebagai gantinya, kamu bisa menggunakan alas yang berbahan kertas, serat selulosa, atau serutan aspen. Hindari juga membuat hamster merasa bingung dengan terlalu ramai corak atau benda di dalam kandang. Maka dari itu, pilihlah alas yang memiliki warna netral dan hindari memberi pewarna tambahan pada alas kandang hamster. 

Baca juga: Begini Cara Ajak Anak Menyukai Hewan Sejak Kecil

Kandang yang kurang nyaman bisa memengaruhi hamster, termasuk kondisi kesehatannya. Kalau hamster atau hewan peliharaan lainnya mengalami gejala sakit, sebaiknya segera bawa ke klinik hewan terdekat. Kamu juga bisa menggunakan aplikasi Halodoc untuk menghubungi dokter hewan dan menyampaikan gejalanya. Hubungi dokter hewan melalui Video/Voice Call atau Chat. Download Halodoc di sini!

Referensi 
PetMD. Diakses pada 2021. Hamster Care 101: How to Care For Your Hamster.
RSPCA.gov.uk. Diakses pada 2021. Hamsters.
IDNtimes. Diakses pada 2021. 7 Cara Memelihara Hamster untuk Pemula, Gampang kok!

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan