• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Bagaimana Cara Mencegah Penularan Herpes Genital?

Bagaimana Cara Mencegah Penularan Herpes Genital?

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta - Setiap orang harus berhati-hati saat melakukan hubungan intim dengan orang yang baru dikenal, karena dapat terjangkit beberapa penyakit berbahaya. Salah satu penyakit yang dapat terjadi saat melakukan hal tersebut adalah herpes genital. Gangguan ini umumnya tidak menimbulkan gejala saat terjadi, sehingga pengidapnya kemungkinan besar tidak sadar telah terjangkit.

Herpes genital terbilang sangat menular dan dapat dengan mudah menjangkiti orang lain saat melakukan kontak. Semua jenis hubungan seksual, seperti vaginal, anal, atau oral dapat menyebabkan infeksi tersebut. Lalu, bagaimana cara yang ampuh untuk mencegah penularan penyakit herpes tersebut? Ketahui pembahasannya di bawah ini!

Baca juga: Ini Alasan Herpes Genital Gampang Menular

Cara Ampuh Mencegah Penyakit Herpes Genital

Herpes genital adalah infeksi menular seksual yang disebabkan oleh virus herpes simpleks (HSV). Kontak yang dilakukan saat berhubungan seksual adalah cara yang paling utama penyebaran dari penyakit ini terjadi. Setelah infeksi awal terjadi, virus tersebut dapat tertidur di dalam tubuh dan aktif kembali beberapa kali dalam setahun.

Gangguan ini mungkin jarang menimbulkan gejala, tetapi pengidapnya mungkin mengalami perasaan nyeri, gatal, dan luka pada alat kelamin. Jika telah terinfeksi, kamu dapat menularkannya ke orang lain, meskipun tidak ada luka yang terlihat di bagian intim. Selain itu, herpes genital belum dapat diatasi dengan pengobatan tertentu dan obat hanya untuk meredakan gejala. Maka dari itu, kamu harus tahu cara mencegah penyakit ini terjadi. Berikut ini beberapa caranya:

1. Menggunakan Kondom

Salah satu cara yang efektif untuk mencegah herpes genital adalah dengan menggunakan kondom tiap berhubungan intim. Penularan dari penyakit ini tetap dapat menyebar, meski pria tidak mengalami ejakulasi. Maka dari itu, pastikan untuk menggunakan alat pengaman tersebut sebelum Mr.P menyentuh Ms.V, mulut, atau anus. Kamu juga tidak dapat terhindar dari penyakit ini, meski sudah menerapkan metode KB lainnya, seperti konsumsi pil KB, suntikan, hingga implan.

2. Bersikap Terbuka

Kamu dan pasangan seksualmu dapat bertanya satu sama lain terkait pernah atau tidaknya mengidap penyakit herpes genital. Pastikan kamu dan pasangan terbuka akan hal tersebut untuk menghindari infeksi tersebut menular. Seseorang yang pernah mengalami penyakit menular seksual juga cenderung memiliki penyakit tersebut. Memang hal ini terkadang sulit untuk ditanyakan, tetapi untuk kebaikan bersama ada baiknya untuk tetap melakukannya.

Baca juga: Ini Pengobatan Rumahan untuk Atasi Herpes Genital

3. Tidak Berganti-Ganti Pasangan saat Melakukan Hubungan Intim

Hal lainnya yang harus kamu perhatikan untuk mencegah herpes genital adalah dengan menghindari terlalu banyak melakukan hubungan intim dengan orang yang berbeda. Saat memiliki banyak pasangan, risiko untuk terjangkit virus tersebut menjadi lebih tinggi. Alangkah lebih baiknya berhubungan intim dengan satu orang saja, karena risiko terjangkit herpes kemungkinannya sangat kecil.

4. Hindari Berhubungan Intim dengan Seseorang yang Memiliki Luka pada Kelamin

Saat kamu mengetahui pasangan seksualmu memiliki luka di alat kelaminnya, ada baiknya untuk tidak melakukan hubungan badan dengannya hingga diyakini gangguan tersebut sudah sembuh. Kamu juga harus menghindari melakukan hubungan intim saat gejala dari penyakit tersebut muncul. Meski begitu, penyakit ini sangat jarang menimbulkan gejala, maka dari itu menggunakan kondom saat melakukan hubungan intim sangat penting dilakukan.

Itulah beberapa cara yang ampuh untuk mencegah penyebaran dan terkena herpes genital. Maka dari itu, ada baiknya untuk menerapkan semua hal tersebut saat akan melakukan hubungan intim. Dengan begitu, kesehatan kamu dan pasangan lebih terjamin.

Baca juga: Harus Tahu, Inilah 4 Komplikasi Akibat Herpes Genital

Jika kamu ingin memastikan mengidap penyakit kelamin atau tidak, dokter dari Halodoc dapat memberikan kepastian terkait hal tersebut. Caranya mudah sekali, cukup dengan download aplikasi Halodoc dan dapatkan kemudahan terkait akses kesehatan tanpa batas hanya dengan menggunakan smartphone kamu. Nikmati kemudahannya sekarang juga!

Referensi:

Web MD. Diakses pada 2020. 10 Ways to Reduce the Risk for Genital Herpes.
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Genital herpes.
Women's Health. Diakses pada 2020. Genital herpes.