Bagaimana Cara Menurunkan Berat Badan setelah Melahirkan?

Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   20 Agustus 2021
Bagaimana Cara Menurunkan Berat Badan setelah Melahirkan?Bagaimana Cara Menurunkan Berat Badan setelah Melahirkan?

“Sebagian ibu berharap bisa menurunkan berat badan setelah melahirkan. Kabar baiknya hal ini sangat mungkin untuk dicapai. Salah satu cara yang aman yaitu dengan memberikan ASI eksklusif pada bayi. Diet dan olahraga juga bisa dilakukan, asal sudah mendapatkan persetujuan dokter. Hindari melakukan diet ketat, mengingat tubuh memerlukan nutrisi untuk pulih pasca melahirkan.”

Halodoc, Jakarta – Beberapa ibu berharap bisa menurunkan berat badan setelah melahirkan. Menurunkan berat badan pasca melahirkan sangat mungkin dicapai, tentunya dengan cara aman. Misalnya dengan menyusui bayi, mengonsumsi makanan yang sehat, dan berolahraga.

Perlu diketahui, perubahan berat badan selama dan setelah kehamilan memiliki efek kesehatan berkelanjutan yang signifikan bagi banyak wanita. Penurunan berat badan pasca melahirkan dapat mengurangi risiko kenaikan berat badan jangka panjang dan obesitas. Namun, untuk menurunkan berat badan setelah melahirkan agar kembali ideal juga harus dilakukan dengan hati-hati. Sebab tubuh membutuhkan waktu untuk pulih setelah melahirkan. 

Baca juga: Memiliki Bobot 350 Kg, Kenali Bahayanya Obesitas Morbid

Cara Aman Menurunkan Berat Badan Setelah Melahirkan

Ibu mungkin harus menunggu beberapa minggu setelah melahirkan sebelum melakukan kiat untuk menurunkan berat badan dengan aman. Ibu juga bisa bertanya pada dokter melalui aplikasi Halodoc tentang kapan waktu yang tepat untuk bisa menurunkan berat badan secara aman. 

Jika dokter sudah memperbolehkan, berikut ini beberapa cara untuk menurunkan berat badan setelah melahirkan:

  1. Menyusui bayi dapat membantu ibu menurunkan berat badan setelah melahirkan. Ibu yang menyusui ASI secara eksklusif setidaknya selama 3 bulan akan kehilangan 1,5 kilogram berat badannya. 
  2. Jangan melewatkan makan, karena untuk menurunkan berat badan secara aman dan efektif, ibu tetap memerlukan makan. 
  3. Hindari makanan yang diproses tinggi, seperti goreng-gorengan. 

Baca juga: Temukan Cara Mudah Turunkan Berat Badan dengan Yoga

  1. Konsumsi makanan kaya protein yang sehat saat lapar, dan kurangi asupan kalori. 
  2. Konsumsi makanan tinggi serat supaya lemak di sekitar perut berkurang. Serat adalah makanan yang mampu menyerap air dan menyehatkan bagi usus. 
  3. Olahraga secara rutin. Boleh dilakukan secara bertahap setelah ibu merasa mampu untuk melakukan olahraga, dan selama ibu tidak mengalami komplikasi medis setelah melahirkan. 
  4. Hindari diet ketat dan diet sangat rendah kalori. Memang cara ini bisa menurunkan berat badan yang sangat banyak dalam waktu singkat. Namun,  ibu perlu ingat, setelah melahirkan tubuh ibu membutuhkan nutrisi yang baik untuk sembuh dan pulih. Selain itu, ibu membutuhkan lebih banyak kalori daripada biasanya selama proses menyusui.

Baca juga: Benarkah Wanita Lebih Sulit Turun Berat Badan Dibanding Pria?

Itulah beberapa cara untuk menurunkan berat badan setelah melahirkan. Selamat mencoba!

Referensi:

Healthline. Diakses pada 2021. 16 Effective Tips to Lose Baby Weight After Pregnancy

Medical News Today. Diakses pada 2021. Postpartum weight loss: Diets and plans

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan