• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Bagaimana Cara Paling Aman untuk Memotong Kuku Anjing?

Bagaimana Cara Paling Aman untuk Memotong Kuku Anjing?

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
undefined

Halodoc, Jakarta - Memotong kuku anjing adalah salah satu bagian penting dari perawatan anjing, karena berkaitan dengan kesehatan dan kebersihan. Perlu diketahui bahwa memotong kuku bisa menjadi pengalaman yang membuat stres kebanyakan anjing. Untuk itu, tindakan ini perlu dilakukan dengan cara yang aman.

Sebagai pemilik anjing, kamu harus terbiasa untuk memotong kuku anjing saat anjing masih kecil dengan cara memegang kakinya. Hal ini dilakukan agar anjing peliharaanmu juga terbiasa dengan proses pemotongan kuku. Anjing yang sudah terbiasa akan duduk dengan tenang di pangkuan atau di atas meja saat kamu memotong kukunya. Namun, beberapa anjing lainnya mungkin harus dikekang sejenak. 

Baca juga: Terungkap! Alasan Mengapa Ibu Hamil Harus Menghindari Hewan Peliharaan

Cara Aman Memotong Kuku Anjing

Memotong kuku anjing secara teratur harus menjadi kegiatan rutin dari kegiatan anjing. Bagi kebanyakan anjing, pemotongan kuku bisa membuatnya stres. Mungkin akan membantu jika anjing sudah terbiasa secara bertahap dengan kegiatan dan suasana menggunting kuku sebelum kamu mencoba memotong kukunya. 

Cobalah keluarkan gunting kuku dan biarkan anjing mengendus baunya pada waktu yang berbeda (tanpa benar-benar memotong kukunya) agar ia terbiasa.

Berikut cara aman memotong kuku anjing yang bisa dicoba:

  1. Lakukan di tempat yang paling tenang, di mana anjing merasa nyaman dan bebas dari gangguan.
  2. Jika memiliki anjing kecil, pegang anjing di pangkuan atau letakkan di permukaan yang stabil. Jika anjing kamu lebih besar, sebaiknya minta orang lain untuk memegang anjing saat kamu memotong kukunya. 
  3. Pegang salah satu kaki anjing di antara ibu jari dan telunjuk.
  4. Tekan sedikit bantalan kaki untuk memanjangkan kuku ke depan. Pastikan tidak ada yang menghalangi pandangan ke seluruh kuku anjing. 
  5. Saat anjing berpegangan pada posisi diam, jepit tepat di ujung kuku. Jangan jepitkan di belakang lekukan alami kuku. 
  6. Berikan banyak cemilan sebelum, selama, dan sesudah proses pemotongan kuku untuk sebagai hadiah pada anjing kesayangan. 

Baca juga: Bukan Tokso, Pelihara Anjing Waspada Campylobacter

Perlu diketahui, penting untuk tidak memotong di belakang lekukan alami kuku anjing, yang disebut quick. Quick adalah bagian tengah kuku yang berisi pembuluh darah dan saraf. Jika kamu tidak sengaja memotong bagian kuku ini, maka dapat menyebabkan pendarahan dan rasa sakit pada anjing. 

Jika kamu khawatir memotong terlalu dengan dengan quick, biarkan kuku sedikit lebih panjang. Jika suatu saat kamu merasa tidak nyaman dengan proses pemotongan kuku, atau merasa anjing kesayangan kesakitan, sebaiknya hentikan proses pemotongan kuku dan hubungi dokter hewan melalui aplikasi Halodoc untuk mendapatkan instruksi lebih lanjut. 

Baca juga: Pertolongan Pertama Bila Digigit Anjing Rabies

Sementara itu, anjing dengan kuku hitam bisa lebih menantang dapat proses pemotongan kuku. Kuku mereka memiliki pigmentasi alami, sehingga akan sulit untuk melihat keberadaan quick. 

Setelah memotong kuku anjing, kamu mungkin melihat ada lingkaran putih seperti kapur yang mengelilingi bagian awal quick. Jika kamu merasa tidak nyaman untuk memotong kuku hitam anjing sendirian, jadwalkan janji temu untuk memotong kuku di dokter hewan. Kamu juga bisa meminta dokter hewan untuk memperagakan atau mencontohkan cara memotong kuku hitam dengan benar dan aman. 

Perlu diingat juga bahwa kamu perlu memiliki alat yang tepat untuk memotong kuku anjing. Dengan sedikit kesabaran dan banyak cemilan, kamu bisa menghemat waktu dan mencegah anjing dari stres saat proses pemotongan kuku. 

Referensi:
American Kennel Club. Diakses pada 2020. How to Trim Your Dog’s Nails Safely
Pet MD. Diakses pada 2020. How to Cut Your Dog’s Nails Safely
Dogs Naturally. Diakses pada 2020. A Stress-Free Way For Trimming Your Dog’s Toenails