• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Bahaya Konsumsi Antibiotik Tanpa Resep Dokter

Bahaya Konsumsi Antibiotik Tanpa Resep Dokter

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Bahaya Konsumsi Antibiotik Tanpa Resep Dokter

“Mengonsumsi antibiotik untuk mengatasi berbagai penyakit karena bakteri tentu harus sesuai dengan anjuran dokter. Waspada, ada banyak dampak negatif yang bisa terjadi jika antibiotik dikonsumsi tanpa resep dokter.”

Halodoc, Jakarta – Antibiotik merupakan jenis obat yang sering digunakan untuk mengatasi berbagai penyakit yang disebabkan karena infeksi bakteri. Biasanya, jika infeksi yang terjadi masih dalam kategori ringan, dokter tidak perlu meresepkan obat antibiotik. Sementara untuk kasus infeksi bakteri yang sudah parah, dokter baru akan meresepkan penggunaan obat antibiotik. Kondisi lain yang membutuhkan obat antibiotik, yaitu orang-orang dengan kondisi imun tubuh yang lemah, seperti pengidap HIV atau kanker. 

Supaya obat ini bisa bekerja lebih aman dan efektif, tentu ada pertimbangan dari dokter sebelum meresepkannya. Contohnya, kondisi medis pengidap, jenis antibiotik yang hendak diresepkan, jenis bakteri yang menjadi penyebab infeksi, hingga dosis dan durasi konsumsinya. Inilah mengapa, kamu tidak disarankan untuk mengonsumsi obat antibiotik tanpa resep atau anjuran dari dokter.  

Baca juga: Begini Cara Kerja Antibiotik untuk Atasi Infeksi

Dampak Konsumsi Antibiotik Tanpa Resep Dokter

Kamu perlu tahu bahwa setiap jenis antibiotik akan memicu terjadinya efek samping yang berbeda. Efeknya bisa ringan atau justru lebih parah. Menggunakan resep dokter pun tak akan menghindarkan kamu dari efek samping saat mengonsumsi obat ini, apalagi jika kamu mengonsumsinya tanpa pertimbangan dari pakarnya.

Sebenarnya, apa saja dampak yang mungkin terjadi jika seseorang mengonsumsi antibiotik dengan dosis dan durasi yang tidak berdasarkan anjuran dokter? Berikut ini beberapa yang perlu kamu tahu:

  • Memengaruhi Kerja Otak

Antibiotik menjadi jenis obat yang memiliki efek keras, tetapi tetap efektif untuk menekan sekaligus mematikan bakteri yang menjadi penyebab munculnya penyakit. Meski begitu, kamu tetap perlu tahu bahwa obat satu ini juga memengaruhi kerja otak sebagai organ penting dalam tubuh. Sangat rentan terjadi depresi dan kecemasan berlebihan hanya dengan satu antibiotik. 

  • Risiko Obesitas

Penggunaan obat antibiotik pada anak tak hanya berdampak pada kenaikan berat badan saat obat dikonsumsi, tetapi juga ada efek yang bisa terjadi dalam jangka panjang. Kondisi ini lantas turut dihubungkan dengan masalah diabetes tipe 2. Pasalnya, seseorang dengan kondisi kegemukan atau obesitas memang memiliki risiko lebih tinggi mengalami diabetes tipe 2.

Baca juga: Jika Salah Konsumsi, Tubuh Bisa Kebal Antibiotik

  • Masalah Kesehatan pada Usus

Antibiotik memang efektif untuk membasmi bakteri. Namun, apabila obat ini dikonsumsi dengan dosis berlebihan, bakteri baik yang terdapat dalam tubuh pun akan ikut hilang. Beberapa orang mendapati kondisi perut menjadi lebih baik setelah minum antibiotik. Meski begitu, ada pula yang mengalami gangguan perut setelah mengonsumsinya. 

Sayangnya, tidak banyak yang tahu bahwa konsumsi antibiotik berlebih akan meningkatkan risiko terjadinya masalah pada usus, misalnya penyakit Crohn, iritasi pada pencernaan, dan kolitis ulseratif. 

  • Terjadi Resistensi Antibiotik

Terjadinya resistensi antibiotik atau kebal juga bisa terjadi saat kamu mengonsumsi antibiotik dalam dosis yang tidak sesuai dengan anjuran dokter. Jadi, pastikan kamu tidak mengonsumsi obat ini tanpa resep ya. Dokter tentu lebih mengetahui jenis dan takaran obat sesuai dengan kondisimu.

Baca juga: Cegah Resistensi, Tidak Semua Infeksi Membutuhkan Antibiotik

Lagipula, sekarang bertanya pada dokter atau membeli obat tidak lagi sulit, kok. Kamu bisa pakai aplikasi Halodoc. Setelah mendapatkan resep obat dari dokter, beli saja langsung melalui fitur pharmacy delivery. Tanpa harus keluar rumah, obat akan sampai di rumahmu dalam waktu singkat. Jadi, pastikan kamu sudah download aplikasi Halodoc, ya!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. 5 Frightening Consequences of Overusing Antibiotics.
NHS UK. Diakses pada 2021. Antibiotics – Side effects.
WebMD. Diakses pada 2021. Using Antibiotics Wisely.