• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Baik untuk Pencernaan, Ini Manfaat Jagung bagi Kesehatan
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Baik untuk Pencernaan, Ini Manfaat Jagung bagi Kesehatan

Baik untuk Pencernaan, Ini Manfaat Jagung bagi Kesehatan

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 14 November 2022

“Menjadi salah satu makanan sumber karbohidrat pengganti nasi, manfaat jagung untuk kesehatan sangat beragam. Mulai dari menjaga kesehatan mata, mencegah divertikulitis, dan terhindar dari risiko cacat lahir.”

Baik untuk Pencernaan, Ini Manfaat Jagung bagi KesehatanBaik untuk Pencernaan, Ini Manfaat Jagung bagi Kesehatan

Halodoc, Jakarta – Memiliki nama latin Zea mays, jagung menjadi salah satu makanan sumber karbohidrat yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Makanan sehat satu ini juga sangat mudah didapat dan diolah, mulai dari campuran sayur hingga dikonsumsi dengan tambahan keju dan susu sebagai kudapan.

Tak hanya sebagai sumber karbohidrat, jagung juga kaya akan nutrisi penting lain yang dibutuhkan oleh tubuh. Salah satunya adalah serat. Kandungan ini dikaitkan dengan salah satu manfaat jagung untuk kesehatan, yaitu baik untuk pencernaan. Pasalnya, serat bisa membuat kamu kenyang lebih lama dan mencegah sembelit. 

Manfaat Jagung untuk Kesehatan

Mengonsumsi jagung secara langsung setelah direbus tanpa ditambah garam, gula, santan, atau mentega menjadi cara paling dianjurkan supaya kamu bisa mendapat manfaat jagung secara optimal. Apa saja? 

  1. Mendukung kesehatan mata

Kandungan karotenoid, terutama antioksidan zeaxanthin dan lutein yang terdapat pada jagung memiliki manfaat utama untuk menjaga mata tetap sehat. Disebutkan dalam British Journal of Ophthalmology, senyawa zeaxanthin bisa membantu melindungi mata dari risiko katarak, degenerasi makula, dan berbagai kerusakan mata karena oksidatif lain yang terjadi karena paparan cahaya biru pada ponsel atau perangkat elektronik.

  1. Mencegah divertikulosis

Manfaat jagung berikutnya adalah membantu mencegah terjadinya divertikulosis, gangguan kesehatan yang ditandai dengan munculnya kantung pada dinding usus besar. Ketika mengalami hal ini, tubuh akan menunjukkan gejala seperti perut begah, kram, dan infeksi serta perdarahan. 

  1. Terhindar dari risiko cacat lahir

Ibu hamil sangat dianjurkan untuk mengonsumsi banyak makanan yang tinggi kandungan asam folat. Kandungan tersebut dibutuhkan untuk membantu mencegah berbagai gangguan kesehatan yang tidak dikehendaki pada bayi, misalnya spina bifida dan kondisi cacat saraf lainnya. 

Disebutkan dalam Home & Garden Information Center; Clemson University, jagung adalah salah satu sumber makanan dengan kandungan asam folat tinggi. Dengan tambahan nutrisi lain, manfaat jagung satu ini sangat pas untuk ibu hamil dan menyusui.

  1. Meningkatkan imunitas

Oregon State University menyebutkan, beta-karoten yang terdapat dalam jagung memiliki kandungan vitamin A yang penting untuk mendukung pertumbuhan, imunitas tubuh, dan perkembangan bayi yang optimal. Ini artinya, menghidangkan jagung sebagai camilan memang pilihan tepat. 

Akan tetapi, perhatikan cara mengolahnya supaya kamu bisa merasakan manfaat jagung lebih optimal. Hindari konsumsi popcorn yang telah ditambah garam, gula, atau mentega. Selain itu, hindari pula mengonsumsi jagung kalengan karena potensi risiko BPA.

  1. Memberikan perlindungan pada saluran kemih

Manfaat jagung satu ini tidak berasal dari bijinya, tetapi bagian rambutnya. Rambut jagung memiliki sifat diuretik dan antiseptik. Kedua sifat ini sangat efektif untuk menurunkan risiko peradangan, mencegah iritasi, infeksi, dan membantu menekan pertumbuhan bakteri pada saluran kemih. Kamu bisa mencuci dan merebus rambut jagung hingga mendidih. Kemudian konsumsi airnya.

Itu tadi beberapa manfaat jagung untuk kesehatan. Jangan lupa selalu rutin melakukan pemeriksaan kesehatan, ya! Gunakan Layanan Janji Medis di Halodoc agar lebih mudah. Cek dan download Halodoc di ponselmu sekarang ya!

Banner download aplikasi Halodoc
Referensi:
Oregon State University. Diakses pada 2022. α-Carotene, β-Carotene, β-Cryptoxanthin, Lycopene, Lutein, and Zeaxanthin.
Healthline. Diakses pada 2022. Corn 101: Nutrition Facts and Health Benefits.
Home & Garden Information Center. Diakses pada 2022. FOLATE.
British Journal of Ophthalmology. Diakses pada 2022. Fruits and vegetables that are sources for lutein and zeaxanthin: the macular pigment in human eyes