• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Bakar Kalori, Ini 4 Manfaat Hula Hoop bagi Kesehatan Tubuh
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Bakar Kalori, Ini 4 Manfaat Hula Hoop bagi Kesehatan Tubuh

Bakar Kalori, Ini 4 Manfaat Hula Hoop bagi Kesehatan Tubuh

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 08 Desember 2022

“Terdapat beberapa manfaat hula hoop bagi kesehatan tubuh yang perlu diketahui. Selain membantu bakar kalori, hula hoop juga bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan sistem kardiovaskuler, hingga membantu keseimbangan tubuh.”

Bakar Kalori, Ini 4 Manfaat Hula Hoop bagi Kesehatan TubuhBakar Kalori, Ini 4 Manfaat Hula Hoop bagi Kesehatan Tubuh

Halodoc, Jakarta – Ada sejumlah jenis olahraga yang bermanfaat untuk membantu meningkatkan energi, menurunkan berat badan dan memperkuat otot. Namun, siapa sangka kalau permainan hula hoop juga menjadi salah satu benda yang dapat memberikan beberapa manfaat kesehatan tersebut. Nah, perlu diingat bahwa hula hoop merupakan salah satu mainan yang dimainkan dengan cara diputar di bagian pinggul, perut, hingga leher. 

Kini hula hoop tidak hanya diperuntukkan untuk anak-anak semata, karena mereka yang sudah dewasa dan bisa bermain hula hoop dan merasakan manfaatnya. Salah satunya seperti membantu tubuh membakar kalori. Namun, tak hanya itu, masih ada beberapa manfaat lain dari penggunaan hula hoop bagi kesehatan tubuh. Karena itu, ketahuilah apa saja manfaatnya di sini! 

Manfaat Hula Hoop bagi Kesehatan Tubuh

Berikut adalah beberapa manfaat hula hoop bagi kesehatan tubuh yang perlu diketahui: 

1. Membantu membakar kalori

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, salah satu manfaat kesehatan yang dapat diperoleh dari bermain hula hoop adalah membantu membakar kalori. Hal ini tentunya sangat bermanfaat jika saat ini kamu sedang melakukan diet defisit kalori. Sebab, pembakaran kalori dari bermain hula hoop dikabarkan setara dengan aktivitas aerobik lainnya, seperti tari salsa atau tari perut. 

Bahkan, rata-rata wanita dapat membakar sekitar 165 kalori, sedangkan pria dapat membakar 200 kalori, ketika bermain hula hoop selama 30 menit. Meski begitu, perlu digaris bawahi kalau bermain hula hoop dapat membantu menurunkan berat badan jika dikombinasikan dengan latihan kekuatan dan pola diet sehat. 

2. Meningkatkan kesehatan sistem kardiovaskuler

Latihan kardiovaskular (juga dikenal sebagai aerobik) dapat melatih jantung dan paru-paru. Selain itu, latihan ini juga diketahui dapat meningkatkan aliran oksigen ke seluruh tubuh. Nah, hula hoop dianggap sebagai salah satu latihan kardiovaskular, sehingga, pada gilirannya, dapat bermanfaat bagi kesehatan sistem kardiovaskuler. Mulai dari menurunkan risiko penyakit jantung dan diabetes, meningkatkan kadar kolesterol, meningkatkan fungsi otak, dan bahkan mengurangi stres.

Nah, perlu diketahui bahwa ketika tubuh menyesuaikan ritme yang stabil dengan hula hoop, detak jantung akan meningkat. Selain itu, paru-paru akan bekerja lebih keras, dan aliran darah akan meningkat. Tubuh juga akan menghabiskan lebih banyak waktu pada zona aerobik untuk membakar kalori dan meningkatkan kesehatan jantung. 

3. Meningkatkan kekuatan otot inti

Manfaat selanjutnya dari bermain hula hoopadalah meningkatkan kekuatan otot inti tubuh. Sebab, ketika menggunakan benda tersebut, kamu akan terpaksa menggerakan pinggul sebanyak mungkin agar hula hoop tetap berada di pinggang atau pinggul. Nah, ketika melakukannya, kamu menggunakan otot inti dan mobilitas panggul. Karena itu, semakin sering kamu melakukannya, maka kekuatan otot inti dan mobilitas panggul akan semakin meningkat. 

4. Membantu keseimbangan tubuh

Memiliki keseimbangan tubuh yang baik tentunya dapat memberikanmu kendali yang lebih baik atas gerakan yang dilakukan. Nah, menurut  American Council on Exercise, semua jenis aktivitas fisik yang mengharuskan seseorang mempertahankan postur dan stabilitas di atas dasar penyangga, seperti hula hoop, dapat meningkatkan keseimbangan tubuh. Selain itu, permainan ini juga dapat membantu memperbaiki postur tubuh dan memungkinkan tubuh melakukan latihan lain dengan gerakan yang lebih baik. 

Itulah beberapa manfaat hula hoop untuk kesehatan tubuh. Mulai dari membantu membakar kalori, hingga membantu keseimbangan tubuh. Jika kamu masih memiliki pertanyaan seputar olahraga ini, atau memiliki keluhan medis, segeralah hubungi dokter. Nah, melalui aplikasi Halodoc, kamu bisa tanya dokter tepercaya untuk mendapatkan informasi atau saran medis yang dibutuhkan. Tentunya melalui fitur chat/video call secara langsung pada aplikasinya. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, download Halodoc sekarang juga! 

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. Want a Fun Workout? 8 Reasons to Give Hula Hooping a Try. 
American Council on Exercise (AceFitness).org. Diakses pada 2022. Balancing Act: How to Incorporate Balance Work Into Your Training Sessions.