• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Baru Menikah Sudah Sering Bertengkar, Ini Cara Mengatasinya

Baru Menikah Sudah Sering Bertengkar, Ini Cara Mengatasinya

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim

Halodoc, Jakarta – Pertengkaran adalah suatu hal yang tidak luput dari kehidupan pernikahan. Namun, apa jadinya kalau pertengkaran sering terjadi pada pasangan yang baru menikah? Minimnya pertengkaran mungkin menjadi salah satu tolak ukur hubungan yang harmonis. Ada pula yang mengatakan bahwa bertengkar juga merupakan proses untuk mengenali pasangan. 

Meskipun begitu, pertengkaran yang terlalu sering juga tidak boleh dibiarkan dan perlu segera diselesaikan. Pasalnya, masalah yang tidak kunjung diselesaikan bukan tidak mungkin dapat mengancam kehidupan pernikahan. Nah, berikut ini tips yang bisa dicoba untuk menyelesaikan pertengkaran dengan pasangan. 

Baca juga: Sering Cemburuan dengan Pasangan, Ini Cara Mengatasinya

Sering Bertengkar? Atasi Dengan Cara Ini

Melansir dari WebMD, ada sejumlah strategi yang bisa dilakukan untuk mengatasi pertengkaran dengan pasangan, yaitu:

  1. Tidur Saat Marah

Saat kamu merasa marah dengan pasangan, sebaiknya hindari atau minimalisir kontak dengan pasangan terlebih dahulu. Tidur adalah salah satu hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi atau sedikit meredakan rasa amarah. Lewat tidur, kamu dapat menjernihkan pikiranmu sejenak. 

  1. Istirahat

Cobalah istirahat sejenak saat kamu merasa marah. Bahkan istirahat selama 30 detik saja dapat membantu kamu dan pasangan untuk menghentikan perkelahian. Coba berhenti dan keluar dari ruangan sebenar untuk mencari ketenangan. 

  1. Mengalah

Menurut Melody Brooke, terapis pernikahan dan keluarga dari AS mengatakan, mengalah pada pasangan dapat meluluhkan dan memicu rasa empatinya. Meskipun berlawanan dengan intuisi dan sulit dilakukan, mengalah biasanya sukses untuk menghentikan pertengkaran.

Baca juga: 5 Hal yang Terjadi pada Tubuh saat Lama Tidak Berhubungan Intim

  1. Diam dan Sentuh

Brooke juga mengatakan bahwa membahas masalah terus-menerus terkadang tidak membantu menyelesaikan masalah. Jadi, pasangan perlu saling berpegangan ketika tidak ada hal lain yang bisa dilakukan untuk menyelesaikan pertengkaran. 

  1. Jangan Balas Menyerang

Pasangan sering tahu apa yang harus dikatakan satu sama lain dan tidak ingin mengalah dalam pertengkaran. Walaupun terus-menerus menyerang bisa membuat kamu merasa nyaman dan menang, pada akhirnya kamu akan mengatakan hal-hal yang menyakitkan kepada pasangan.

Jika sudah terlontar, bukan tidak mungkin kata-kata yang diutarakan bisa merusak hubungan pernikahan. Kalau kamu tidak ingin hal tersebut terjadi, sebaiknya tahan untuk tidak balas menyerang. 

  1. Tanggapi dengan Hangat

Cobalah untuk mendengarkan perasaan pasangan meskipun rasanya tidak masuk akal saat itu. Kemudian ucapkan sesuatu yang hangat dan pengertian. Tekankan bahwa tidak masalah siapa yang benar. Penelitian di Baylor University baru-baru ini menunjukkan, pertengkaran di antara banyak pasangan berhubungan dengan kekuasaan. Studi ini mengungkapkan dalam perkelahian, umumnya seseorang ingin pasangannya melepaskan kekuasaan. 

Namun, sebagian orang juga ingin pasangannya melakukan sesuatu untuk menghentikan pertengkaran, berkomunikasi lebih banyak, memberi kasih sayang, dan meminta maaf.

Baca juga: Pengaruh Perselingkuhan Orangtua Terhadap Kesehatan Mental Anak

Kalau kamu kamu sering bertengkar dengan pasangan dan sulit untuk menanganinya, kamu bisa bicara dengan psikolog Halodoc tentang permasalahan yang sedang dihadapi. Lewat aplikasi Halodoc, kamu dapat menghubungi dokter kapan saja dan di mana saja.

Referensi:
WebMD. Diakses pada 2020. Fight Fairly and Keep the Peace in Your Relationship.
Psychology Today. Diakses pada 2020. 5 Steps to End Any Fight.